by

Bupati Jembrana Buka Lomba Qosidah Rebana Bupati Cup II 2023

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba membuka Lomba Qasidah Rebana Bupati Cup II 2023, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali, Minggu (25/6/2023). Lomba qasidah rebana tersebut bertujuan untuk membangkitkan dan melestarikan seni budaya warisan leluhur, dengan mengusung tema: ‘Mari Lestarikan Kesenian Tradisional Menyambut Jembrana Emas 2026’.

Lomba qosidah rebana tersebut diikuti oleh 20 peserta dari berbagai desa/kota di Jembrana, perlombaan tersebut akan memperebutkan piala bergilir Bupati Cup 2023. Pembukaan lomba tersebut ditandai dengan pemukulan rebana oleh Bupati I Nengah Tamba bersama Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Usai buka lomba qosidah, Bupati Tamba mengatakan bahwa sejatinya Kabupaten Jembrana banyak memiliki jenis seni budaya tradisional yang ada di masyarakat, akan tetapi seni kebudayaan tradisional di masyarakat itu masih dipendam. “Ini merupakan yang ke dua kalinya, kedepan kita lanjut yang ketiga dengan hadiah yang lebih besar lagi, bupati menyambut baik acara ini, terima kasih kepada panitia, karena sejatinya Jembrana ini banyak sekali memendam jenis kebudayaan seni tradisional yang ada di masyarakat Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba menjelaskan bahwa sebelumnya kegiatan seni budaya tradisional juga sudah laksanakan di Loloan, bupati minta agar daerah-daerah lain tidak kalah saing dengan Loloan. “Kemarin di Loloan sudah dilaksanakan seni budaya ada kotekannya ada juga musik sahur dan yang akan datang lagi ini Loloan jaman lame, jadi jangan hanya Loloan saja, coba daerah lain yang punya, seperti Cupel, Pengambengan dan Air Kuning itu harus hidup semuanya ya,” jelas Bupati Tamba.

Pihaknya juga mengucapkan selamat berlomba untuk seluruh peserta, menurutnya kegiatan tersebut selain untuk menampilkan seni juga sebagai ajang bersilaturrahmi. “Selamat berlomba untuk seluruh peserta, semoga yang menang tidak terlalu berbangga akan tetapi berbangga juga, yang belum beruntung harus tetap semangat, karena ini merupakan acara ibu-ibu bisa tampil dan bisa bersilaturrahmi dengan teman-teman semua di sini,” ucap Bupati Tamba.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Husnul Khotimah mengatakan bahwa lomba qosidah rebana tradisional Piala Bupati tahun 2023 diikuti 20 peserta. “Untuk tahun ini ada dua kategori yaitu juara lomba qosidah rebana tradisional dan juara lomba yelyel Jembrana Emas 2026.

  1. Juara lomba qosidah rebana tradisional yaitu, juara 1, 2, 3
  2. Juara favorit 1, 2 dan 3.

Kategori juara yelyel Jembrana Emas 2026 yaitu:

  1. Juara favorit 1,2,3
  2. Juara harapan 1, 2 dan 3.

Demikian dua kategori juara pada perlombaan tersebut,” terang Ketua Lomba Husnul Khotimah.

Husnul Khotimah menjelaskan bahwa pada perlombaan qosidah rebana tradisional Piala Bupati 2023 kali ini untuk lomba yel-yel Jembrana Emas 2026 itu dari panitia tidak menekankan peserta dengan kata-kata, tetapi panitia membebaskan peserta untuk berkreasi sendiri. “Kami tidak mengarahkan kata-kata seperti ini, itu tidak ada sama sekali, jadi kami bikin aturan bebas berkreasi tidak ada tekanan apapun,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA