by

Pemkab Jembrana Raih Penghargaan Smart City Tahun 2022 dari Kementerian Kominfo RI

KOPI, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Jembrana di bawah kepemimpinan Bupati Jembrana I Nengah Tamba meraih penghargaan atas capaian penyelesaian penyusunan dokumen Masterplan Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba dari Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerepan dalam acara Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Smart City 2022, bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Saat ditemui awak media Pewarta Indonesia usai penyerahan penghargaan tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengungkapkan bahwa capaian Kota Cerdas (Smart City) yang diperoleh saat ini adalah kesuksesan bersama Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Jembrana. Terkait hal tersebut bupati mengatakan bahwa dengan pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Jembrana tentu akan mempertinggi efisiensi serta dapat memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan tersusunnya masterplan Jembrana Smart City, ada dua hal yang harus kita lakukan yaitu, pertama penuntasan pembangunan infrastruktur infokom, dan kedua pengembangan SDM, untuk itu agar bisa dicapai oleh seluruh dimensi smart city, antara lain yaitu:

  1. Smart governance
  2. Smart economy
  3. Smart environment
  4. Smart branding
  5. Smart livining

Demikian empat hal yamg harus dicapai oleh seluruh dimensi smart city Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba mengatakan bahwa dalam penyusunan dokumen Masterplan tersebut juga telah disinkronkan dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Jembrana 2021-2026. “Apa yang dituangkan pada masterplan tersebut semuanya sudah sejalan dengan visi-misi pembangunan di Jembrana, untuk itu kepada seluruh perangkat daerah agar dapat melaksanakan seluruh program cerdas yang telah ditetapkan dalam masterplan smart city.”

“Hal tersebut sangat penting, karena kita di Jembrana saat ini mengusung tagline Jembrana emas 2026, maka kesuksesan implementasi smart city ini menjadi salah satu indikator untuk mencapai tujuan Jembrana emas 2026 itu,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga mengungkapkan bahwa keberhasilan tersebut tidak terlepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan di Jembrana, yang dari awal bersama-sama berkomitmen untuk memajukan Kabupaten Jembrana, khususnya bagaimana mewujudkan Jembrana smart city. “Kita di Jembrana bersama jajaran Forkopimda, dan seluruh ASN serta kepala desa/lurah bersama-sama telah menandatangi komitmen pengembangan smart city. Hal ini menunjukkan mulai dari tingkat paling bawah sudah sejalan dan seirama dengan tujuan yang sama yaitu untuk mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia,” ungkap Bupati Tamba.

Di sisi lain, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jembrana I Made Yasa menjelaskan bahwa Kabupaten Jembrana mendapat penghargaan karena telah berhasil menyusun masterplan smart city di tahun 2022. “Kami sudah menyelesaikan pelaksanaan Bimtek pertama hingga Bimtek ke empat dan sudah menyelesaikan penyusunan masterplan, maka dari itu kenapa Jembrana diberikan penghargaan dari Kementerian Kominfo,” jelas Plt Kadis Kominfo I Made Yasa.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo RI Samuel Abrijani Pangerepan dalam sambutannya menjelaskan bahwa untuk mendorong penerapan dan pengembangan smart city melalui gerakan menuju smart city, untuk itu Kementerian Kominfo fokus pada enam pilar, yaitu:

  1. Smart governance
  2. Smart infrastructure
  3. Smart economy
  4. Smart living
  5. Smart people
  6. Smart environtment.

“Gerakan menuju smart city adalah sebuah inisiatif bersama antara Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia. Dalam gerakan ini, Kementerian Kominfo melakukan proses pembimbingan dan pendampingan kepada pemerintah kota dan kabupaten yang terpilih dalam membuat rencana induk atau master plan pembangunan smart city,” jelas Samuel Abrijani Pangerepan.

Selain Kabupaten Jembrana, terdapat
49 kabupaten/kota lain se-Indonesia yang juga memperoleh penghargaan dari Kominfo RI atas capain penyelesaiaan dokumen Masterplan Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022. Selain itu sebanyak tujuh kabupaten/kota juga memperoleh penghargaan atas implementasi program kota cerdas (Smart City) tahun 2021-2022. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA