by

Pemkab Jembrana Gelar Festival Qosidah Rebana Tradisional Piala Bupati 2022

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba membuka festival wasidah rebana Piala Bupati 2022, bertempat di Angkringan Negaroa Bahagia, tepatnya di Terminal Negara, Jembrana, Bali, Sabtu (25/6/2022). Lomba qasidah rebana tersebut bertujuan untuk membangkitkan dan melestarikan seni budaya warisan leluhur.

Lomba qosidah rebana tersebut diikuti oleh lima belas peserta dari berbagai desa/kota di Jembrana. Perlombaan tersebut akan memperebutkan piala bergilir Bupati 2022. Pembukaan lomba tersebut ditandai dengan pemukulan rebana oleh Bupati I Nengah Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan lomba qasidah rebana tersebut melibatkan UMKM Jembrana untuk memasarkan dagangannya di Areal Parkir Angkringan Negaroa Bahagia, “Saya atas nama Pemkab Jembrana mengapresiasi kegiatan seperti ini, menjaga suatu tradisi seni maupun warisan leluhur,” ucap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menjelaskan
bahwa kegiatan tradisi budaya dalam hal seni di Kabupaten Jembrana masih banyak yang belum tersentuh. Ke depan dengan dibuatnya Arena Sirkuit All In One yang mana arena tersebut nantinya akan digunakan sebagai wadah atraksi seni budaya dan kegiatan lainnya yang ada di kabupaten Jembrana.

“Saya menemukan banyak sekali yang masih perlu kita gali tentang atraksi budaya di kabupaten Jembrana ini. Kemarin di Loloan ada acara Kotekan, berpantun, dan masih banyak yang lainnya, oleh karena itu, saya akan membuat Arena Sirkuit All In One di Desa Pengambengan. Sehingga di tempat tersebut nanti bisa untuk atraksi budaya apapun yang ada di Kabupaten Jembrana, tahun ini akan segera di mulai pengerjaannya,” jelas Bupati Tamba.

Di akhir sambutannya Bupati Tamba mengucapkan selamat berlomba untuk seluruh peserta dan berharap ke depan lomba qosidah rebana tersebut dapat berkembang baik dengan menambah jumlah peserta di setiap tahunnya. “Selamat berlomba untuk seluruh peserta, dengan ini lomba qosidah rebana tradisional Piala Bupati 2022 resmi saya buka,” ucap Bupati Tamba.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Husnul Khotimah mengatakan bahwa lomba qosidah rebana tradisional Piala Bupati tahun 2022 diikuti lima belas peserta. “Kami berharap, mudah-mudahan di tahun berikutnya untuk lomba rebana qosidah jumlah peserta lomba lebih banyak lagi,” harap ketua panitia, Husnul Khotimah.

Ketua Panitia Lomba Husnul Khotimah menjelaskan bahwa pada perlombaan qosidah rebana tradisional Piala Bupati 2022 kali ini mengambil tema ‘Mari Kita Tingkatkan Kekuatan Islamiyah Menuju Jembrana Emas 2026’. Kegiatan ini akan memperebutkan piala bergilir Bupati 2026. “Selain perlombaan qosidah rebana, acara pada hari ini, juga diramaikan oleh UMKM dari Jembrana,” tutupnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA