by

Bupati Tamba Ikuti Rangkaian Piodalan Pura Kanjeng Ratu dan Mulang Pakelem Kebo Suci

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengikuti seluruh rangkaian upacara karya piodalan dan pemelaspas pelinggih kanjeng ratu kidul di Pura Kanjeng Ratu Kidul, kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Bali, Kamis (17/3/2022). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memohon keselamatan.

Karya piodalan dan Pamelaspas pelinggih Kanjeng Ratu Kidul tersebut bertepatan dengan rahina werespati paing wuku dukut purnama kedasa. Rangkaian piodalan dan pemelaspasan di mulai sejak Minggu (13/3/2022). Adapun puncaknya, Kamis (17/3/2022) bertepatan dengan Purnama Kedasa.

Untuk rangkaian puncak karya yang berlangsung dari pagi hari, di awali dengan pecaruan manca sanak, makuh, melaspas, nyuang ajengan jawa, ngebeji ngubeng, mendak kanca. Prosesi karya dipuput oleh Ida Nak Lingsir dari Griya Carik Desa Pergung.

Rentetan upakara juga dilanjutkan dengan matur pakelem kebo suci (yus merana) ke tengah laut, dengan banten ancak bingin dan ngaturang piodalan menggunakan banten bebangkit. Prosesi mulang pekelem sebagai persembahan atau pengorbanan umat hindu atas rasa terima kasih kepada sang pencipta serta manivestasinya dengan tujuan memohon dan menjaga keharmonisan alam semesta.

Usai ngaturang piodalan Bupati beserta pejabat beserta krama Desa Adat Gilimanuk serta pemedek yang hadir mengikuti persembahyangan bersama. Upacara di akhiri dengan topeng sidakarya dan upacara mekincang kincung.

Prosesi piodalan dan melaspas, turut dipentaskan berbagai kesenian berupa tari-tarian/balih-balihan seperti tari penyambutan/tari pendet, tari rejang dewa, tari baris gede, tari topeng dari sanggar putri Bali Gilimanuk, serta wayang lemah sebagai rangkaian dari piodalan.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengucapkan terimakasih atas dukungan dari seluruh pejabat termasuk seluruh krama desa adat yang ikut terlibat dalam melakukan upacara pemelaspasan dan pecaruan catur rebah serta matur pakelem kebo suci. “Maknanya adalah untuk memohon keselamatan agar masyarakat Jembrana terhindar dari segala marabahaya, terhindar dari mrana, dengan demikian sehingga semua masyarakat sehat dan bahagia,” ucap Bupati Tamba.

Usai piodalan, Bupati Tamba juga meresmikan Istana Ibu Ratu Pantai Selatan anyar (baru) di dalam areal Pura Kanjeng Ratu yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA