by

Turut Gerakkan Ekonomi UMKM dan IKM, Ketua DPD RI Dukung Warung KDI Nusantara

KOPI, Jakarta – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memimpin peresmian Warung KDI Nusantara, Senin (10/5/2021), di Jakarta. LaNyalla pun memberikan dukungan terhadap warung digital yang diinisiasi Koperasi Digital Indonesia.

Menurutnya, Warung KDI Nusantara bisa membantu menggerakkan perekonomian, khususnya UMKM dan IKM (industri kecil menengah). Peresmian Warung KDI Nusantara sendiri dihadiri Ketua Benteng Indonesia Jak TW Tumewan, Ketua Umum KDI Dowira Inkiriwang Maramis, Sekretaris Umum KDI Steven Sahelangi, dan lainnya.

Bagi LaNyalla, menggerakkan kembali perekonomian sektor UMKM sangat penting. “Pandemi Covid-19 telah menghantam hampir semua lapisan sektor ekonomi. Tak terkecuali UMKM. Ini sangat berbeda dengan krisis tahun 1998 silam. Saat itu, UMKM terbukti mampu bertahan. Karena yang terjadi hanya satu krisis, moneter,” katanya.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, salah satu jalan keluar yang bisa ditempuh dalam kondisi sekarang adalah memanfaatkan digitalisasi atau teknologi informasi.

“Dunia saat ini sedang mengalami era disrupsi. Semua negara dipaksa melakukan percepatan penggunakan teknologi. Dan dipaksa untuk melakukan perubahan cara hidup, sekaligus cara berinteraksi. Termasuk cara bertransaksi dalam dunia bisnis. Oleh sebab itu, saya sangat bangga dengan apa yang dicita-citakan dan dirintis oleh Koperasi Digital Indonesia. Applaus untuk KDI Nusantara. Tentu ini usaha yang tidak mudah,” katanya.

LaNyalla menilai Warung Koperasi Digital Indonesia sudah sepantasnya didukung oleh Pemerintah melalui Kementerian atau Lembaga terkait.

“Karena, selain murni digagas oleh anak negeri, juga berorientasi menggerakkan perekonomian di sektor UMKM dan IKM. Pergerakan ekonomi sendiri turut ditandai dengan belanja masyarakat yang akan berdampak kepada berjalannya sektor produksi. Apalagi jika Warung KDI fokus kepada bahan kebutuhan pokok. Maka sektor pertanian juga akan bergerak,” katanya.

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu menjelaskan, ketika sektor produksi bergerak, maka Pendapatan Domestik Regional Bruto akan tumbuh. “Ini identik dengan Pertumbuhan Ekonomi. Dan ekuivalen dengan Pendapatan Pemerintah, baik daerah maupun pusat. Yang ujungnya adalah peningkatan fiskal daerah,” katanya.

Dengan alasan tersebut, LaNyalla memberi apresiasi kepada KDI Nusantara, yang telah memiliki ratusan kepengurusan yang tersebar di beberapa Provinsi di Indonesia. Dengan puluhan ribu anggota koperasi.(*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA