by

Sara Institute Apresiasi 100 Hari Kerja Kapolri

KOPI, Bandung– Direktur Eksekutif Sara Institute Muhammad Wildan sangat mengapresiasi 100 hari program kerja Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo dengan slogan Polri Presisi saat ini, banyak modernisasi di tubuh Polri.

‘Dibawah kepemimpinan beliau, Polri menghadirkan aplikasi-aplikasi pengaduan, pelayanan serta pengawasan. Ini adalah bukti konkret Kapolri terhadap janji saat fit and proper test di DPR,” katanya.

Program pembuatan aplikasi antara lain Pengaduan Masyarakat (Dumas) Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi) dan aplikasi ‘Propam Presisi’ untuk melayani pengaduan masyarakat terkait kinerja anggota Polri.

“Dengan hadirnya aplikasi ini kinerja polisi dapat diawasi tidak hanya secara internal, tetapi juga secara eksternal. Sebab saat ini merupakan era keterbukaan sehingga tidak perlu ada ditutup-tutupi. Dari situ akan diketahui bagaimana potret polisi sehingga apa yang menjadi kekurangan bisa diperbaiki,” lanjutnya.

Kapolri juga menggunakan aplikasi SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) dan e-PPNS (Penyidik Pengawal Negeri Sipil) berbasis online.

‘Tak hanya itu, Polri juga meluncurkan pelayanan aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar). Peluncuran aplikasi untuk ponsel pintar tersebut bertujuan meningkatkan pelayanan masyarakat, mengenai pembuatan hingga perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Peluncuran electronic traffic law enforcement atau e-TLE yaitu sistem pelayanan penegakan hukum dengan elektronik atau menggunakan mesin, dan masih ada lagi beberapa aplikasi lain,” lanjutnya.

‘”Sekarang tugas kita mengawal program-program Bapak Kapolri dan saya sangat menunggu aksi  pemberantasan mafia tanah karena beliau memberikan atensi lebih dengan dibuatnya satgas anti mafia tanah, saya sangat yakin dan percaya, dibawah kepemimpinannya Insya Allah mafia tanah akan habis. Kita lihat akhir tahun kemarin, buron kelas kakap saja dijemput langsung sama beliau (Tjokro Chandra), ketika beliau masih menjabat Kabareskrim.

Semoga Kapolri tetap konsisten dengan janji Polri Presisinya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA