by

Jepang Bentuk Kementerian Urusan Kesepian

Oleh: Denny JA

Judul asli: Diangkatnya Menteri Urusan Kesepian dan Tiga Data

KOPI, Jakarta – Inilah ironi peradaban modern. Di tengah kelimpahan ekonomi. Sambil mengendalikan teknologi sangat canggih. Hati manusia di era itu banyak yang kesepian. Lalu bunuh diri.

Jepang pun merasa perlu mengangkat seorang menteri dengan tugas tak biasa. Mencari solusi penduduknya yang kesepian. Mencari jalan keluar mengurangi tingginya angka bunuh diri.

Diberitakan, Perdana Menteri Yoshihide Suga baru saja menunjuk Tetsushi Sakamoto. Isolasi sosial era pandemik menambah jumlah bunuh diri di Jepang, yang sebelumnya sudah tinggi. (1)

Ujar Perdana Menteri, “Wanita lebih menderita akibat isolasi sosial. Jumlah yang bunuh diri menaik signifikan. Saya harap anda mengidentifikasi apa yang sebenarnya terjadi. Lalu mencari kebijakan terukur dan komprehensif untuk mengatasinya.”

Sakamoto menerima tugas tak biasa ini. Kepada pers Ia menyatakan sedang mencari cara dan program untuk mengurangi kesepian dan perasaan terisolasi. Lalu kembali membuat individu di masyarakat saling terhubung dan berbahagia.

-000-

Membaca berita itu, saya teringat tiga data. Cuplikan data itu disajikan kembali, yang diambil dari buku saya terbit tahun lalu: The Spirituality of Happiness, Spiritualitas Baru Abad 21 Narasi Ilmu Pengetahuan. (2)

DATA PERTAMA soal kemakmuran. Global Burden of Diase Study 2010 melaporkan. Mereka yang meninggal karena kelebihan kalori, karena penyakit yang berhubungan dengan obesitas, kini tiga kali lebih banyak ketimbang mereka yang meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan kelaparan. (3)

Untuk pertama kalinya dalam peradaban, jumlah yang mati karena kelebihan makan lebih banyak tiga kali lipat dibandingkan karena kurang makanan.

Sejak munculnya homo sapiens dua ratus ribu tahun lalu, sejarah bergerak karena perebutan sumber daya makanan. Kini secara umum peradaban sudah kelebihan makanan. Mati kareja EAT MORE jauh lebih banyak dibanding mati karena EAT LESS.

Kita memasuki apa yang disebut Inglehart sebagai zaman post-materialism. Ini zaman yang tak lagi disibukkan dengan kebutuhan pokok. Tapi ia sudah melampaui itu. Kebutuhan utama kita lebih pada aktualisasi diri, dan hidup yang lebih berkualitas. (4)

Tentu tetap ada dan tetap banyak penduduk dunia yang masih berjuang untuk memenuhi basic need seperti makanan, rumah dan rasa aman. Tapi peradaban sudah bergerak melahirkan lebih banyak dan lebih banyak lagu manusia yang kebutuhannya melampaui dunia materi.

-000-

DATA KEDUA yang saya pelajari adalah soal kesepian. Ini data dari WHO. Jumlah yang meninggal karena bunuh diri kini lebih banyak dibandingkan jumlah yang meninggal karena konflik, perang dan bencana alam digabung menjadi satu (5)

Setiap tahun sekitar 800 ribu hingga 1 juta manusia di seluruh dunia mati bunuh diri. Setiap empat detik ada yang bunuh diri di salah satu wilayah bumi.

Ini ironi peradaban post-materialism. Ketika kemakmuran materi melimpah semakin banyak yang bunuh diri. Apapun penyebab, pastilah yang bunuh diri merasa hidup yang tak lagi berharga untuk dijalani. Pastilah ia lama tenggelam dalam rasa putus asa dan depresi.

Data itu semakin menguatkan persepsi kita tentang manusia. Kelimpahan materi belaka tidak membuat peradaban itu nyaman bagi manusia di dalamnya.

-000-

DATA KETIGA, yang saya baca dari Pew Research Center dan Adherent. Com. Peradaban ini tidak kekurangan agama. Jumlah agama yang kini hadir sebanyak 4300. Masing masing agama itu mempunyai konsep Tuhannya sendiri, konsep moralnya sendiri. (6)

Sudah pasti masing masing penganut agama yang fanatik merasa hanya agamanya yang benar, dan ribuan agama lain salah. Ini psikologi penganut agama yang berlaku universal.

Persepsi benar sendiri tumbuh tak hanya di agama Kristen, Islam, Budha, Hindu, bahkan juga di kalangan penganut kepercayaan yang jauh lebih kecil.

Empat agama terbesar: Kristen, Islam, Hindu dan Budha dipeluk oleh 75 persen populasi dunia. Penganut Kristen dan Islam jika ditotal sudah melampaui 50 persen penduduk bumi.

Agama ketiga terbesar ternyata, hasil Pew Research Center, bukan Hindu atau Budha. Ketiga terbesar adalah “Non-Affiliated.” Ini kumpulan individu yang tak lagi merasa perlu mengidentifikasikan diri dengan agama tertentu.

Di zaman ini, ketika segala hal bisa dilacak di Google, publik dapat pula melacak kisah sejarah yang tersimpan dalam kitab suci.

Arkeolog menemukan, misalnya, betapa sebagian nabi itu bukan tokoh historis, tak pernah hadir dalam sejarah. Atau kisahnya dilebih-lebihkan dibandingkan kisah sebenarnya, seperti yang ditemukan oleh arkeolog. (7)

Ini dapat membuat mereka kehilangan makna dengan agamanya yang dulu. Ada yang percaya Tuhan tapi tak lagi lewat agama. Ada yang hanya percaya pada humanisme. Dan sebagainya.

Peradaban juga terus saja memproduksi agama baru. Agama Baha’i misalnya lahir di tahun 1850, kini menyebar di dua puluh negara, dengan total penganut sekitar 6 juta. Penganut terbesarnya berada di India dan Amerika Serikat (8)

Agama yang paling baru adalah Kopimism. Pemerintah Swedia mengakuinya sebagai agama di tahun 2012. Ini agama yang sangat unik yang lahir di era informasi. Mereka meyakini informasi itu adalah suci. Tindakan mengkopi informasi itu (asal dari nama Kopimism) adalah suci pula. (9)

-000-

Peradaban baru ini sudah terlalu banyak agama. Membuat agama baru bukanlah solusi.

Yang diperlukan semata spiritualitas baru. Ini bukan agama, tapi gaya hidup yang bisa dijalankan oleh semua penganut agama , bahkan oleh mereka yang tak lagi percaya agama. Ia tidak berniat dan tak perlu menggantikan agama yang sudah ada.

Sebaliknya, spiritualitas baru itu membuat penganut agama lebih mendalam dan menghayati agama asalnya.

Zaman baru membutuhkan spiritualitas baru. *

Catatan Kaki

(1). Perdana Menteri Jepang menunjuk Menteri urusan kesepian, Ministry of Loneliness news.yahoo.com Japan Appoints ‘Loneliness Minister’ Due to Rising Pandemic Suicides, Especially …

(2) Buku Denny JA: Spirituality of Happiness, Spiritualitas Baru Abad 21, Narasi Ilmu Pengetahuan (2020), dapat dilihat dengan klik

https://www.facebook.com/groups/970024043185698/permalink/1446574215530676/

(3) Yang mati karena kelebihan makan tiga kali lebih banyak dibanding kurang makan :

https://www.thelancet.com/gbd/2010

(4) Hidup di zaman Post-Materialism
—— (1977). The Silent Revolution: Changing Values and Political Styles Among Western Publics. Princeton, New Jersey: Princeton University Press. ISBN 978-0-691-10038-8.

(5) Jumlah yang mati karena bunuh diri lebih banyak dibanding mati karena perang dan bencana alam digabung menjadi satu

https://www.voanews.com/science-health/more-people-die-suicide-wars-natural-disasters-combined?amp

(6) Jumlah total agama kini sebanyak 4300

https://www.theregister.co.uk/2006/10/06/the_odd_body_religion/

(7) Para arkeolog mencari jejak Nabi Musa, namun menyimpulkan tak ada jejak kisah Nabi Musa itu memang terjadi dalam sejarah https://www.nytimes.com/2007/04/03/world/africa/03exodus.html

(8) Baha’i Faith sebagai agama baru lahir di sekitar tahun 1850, dengan penganut yang sudah menyebar di 20 negara https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bah%C3%A1%CA%BC%C3%AD_Faith

(9) Kopimism adalah agama paling baru yang diakui pemerintah Swedia tahun 2012: https://www.newscientist.com/article/dn21334-kopimism-the-worlds-newest-religion-explained/

Sumber tulisan Facebook DennyJA_World https://www.facebook.com/322283467867809/posts/3650143641748425/?d=n

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA