by

Peserta Program Sakura Science Ikuti Pre-departure Orientation

Presiden Kappija-21 Mulyono Lodji bersama Koordinator Triesnaini menyematkan Pin Kappija-21 kepada peserta kegiatan

Loading…

KOPI, Jakarta – Sejumlah siswa Indonesia akan diberangkatkan ke Jepang untuk mengikuti Program Sakura Science selama 8 hari, dari tanggal 24 hingga 31 Oktober 2019 mendatang. Dalam rangka persiapan pemberangkatan tersebut, para peserta yang terdiri atas 2 orang siswa SMK, 10 orang siswa SMA, dan 3 orang mahasiswa itu, mengikuti kegiatan Pre-departure Orientation Program atau pembekalan menjelang pemberangkatan. Kegiatan pembekalan ini berlangsung sehari bertempat di SMKN 24 Jakarta Timur, Sabtu, 7 September 2019. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 wib itu diprakarsai dan dilaksanakan oleh Pengurus Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia Jepang Abad 21 (Kapiija-21).

Pada acara pembukaan kegiatan yang turut dihadiri para orang tua dari masing-masing peserta, koordinator program menyampaikan berbagai hal yang perlu diketahui para siswa. “Pre-departure Orientation Program ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengetahuan awal tentang Program Sakura Science dan budaya masyarakat Jepang, sponsorship program yakni Development Association of Youtleaders (DAY) Japan, serta Kappija-21,” jelas Yusron Fuadi, salah satu koordinator program Sakura tersebut.

Madu Baduy

Sementara itu, Presiden Kappija-21, Mulyono Lodji, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang terpilih mengikut Program Sakura Science ini. “Atas nama Kappija-21, saya mengucapkan selamat kepada para siswa yang terpilih sebagai peserta Program Sakura yang disponsori oleh Jepang ini. Kesepampat yang sangat langka tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menimba ilmu, pengetahuan, dan wawasan, serta mengembangkan jejaring pertemanan di tataran global, khususnya dengan generasi muda Jepang,” jelas Mulyono sambil memberikan gambaran tentang kehidupan orang Jepang yang sangat disiplin, ramah, hormat, dan peduli dengan lingkungan.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Dinas Pendidikan, Sugiarto, yang kebetulan anaknya juga menjadi salah satu peserta program Sakura tahun 2019 ini, menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas pelaksanaan acara pembekalan dimaksud. “Acara Pre-departure Orientation ini penting sekali dalam rangka mempersiapkan para peserta sebelum berangkat ke Jepang. Kami dari Dinas Pendidikan Jakarta Timur menyampaikan terima kasih kepada Kappija-21 yang telah mengadakan acara ini, semoga para peserta program dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum berangkat,” kata Sugiarto.

Bawang Tunggal Madu

Adapun materi pembekalan yang diberikan kepada para peserta antara lain terkait pengenalan diri masing-masing peserta, team building, pengenalan percakapan sederhana Bahasa Jepang, pelatihan pembuatan laporan kegiatan, dan latihan seni-budaya dalam bentuk Tarian Maumere dan lagu Jepang, Mira’e. Seluruh peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan itu, bahkan hingga kegiatan dinyatakan selesai sekira pukul 16.00 wib, para peserta masih berlama-lama di tempat kegiatan.

Sekali lagi, Kappija-21 menyampaikan selamat kepada semua peserta Program Sakura Science tahun 2019, atas nama:

  1. Achmad Ichsan Rahadian
  2. Kaylilla Kireinahana
  3. Rizqa Karima
  4. Muhammad Jihad Arsy Gani
  5. Adjeng Faricka Khamidah
  6. Muhammad Rizky Utomo
  7. Vicky Narita Mucha
  8. Dhabita Zahraa Puteri Gathmir
  9. Dhiva Althaf Pratama
  10. Farrel A Izza
  11. Tegar Dwikusuma Sugiato
  12. Inas Zharifah
  13. Anisa Fathonah
  14. Raden Irham Nurfi Satrio
  15. Angga Desmawan Putra Lalengke. (APL/Red)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Loading…

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA