by

Lawatan Diplomasi Militer Panglima TNI Ke Pentagon



KOPI, Jakarta – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengawali rangkaian kunjungan kerjanya ke negara Amerika Serikat (AS) dengan mengunjungi kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk bertemu staf Kedutaan dan bersilahturahmi dengan sejumlah Perwira TNI yang tengah menempuh pendidikan kemiliteran di Amerika. Kunjungan kerja Panglima TNI ini dalam rangka memenuhi undangan Chairman of the Joint Chief of Staff (CJCS) atau Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS, Jenderal Mark A. Milley, kepada Panglima TNI, bertempat di Washington DC, Rabu (21/6/2023).

Dalam pertemuannya dengan Jenderal Milley di Pentagon, Amerika Serikat, Panglima TNI membahas berbagai peluang untuk meningkatkan profesionalitas TNI melalui berbagai jenis kerjasama militer baik di bidang latihan, pendidikan, kunjungan antar pejabat dan pertukaran informasi yang selama ini telah terjalin dengan sangat baik antara angkatan bersenjata kedua negara.

Kerjasama antar angkatan bersenjata ini juga bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan kawasan LCS (Laut Cina Selatan) khususnya wilayah regional ASEAN. Panglima TNI juga bertemu dengan Assistant US Secretary of Defense bidang Asia Pasifik dan Asia Timur, Dr. Ely Ratner. Langkah ini merupakan salah satu upaya untuk terus menerus meningkatkan kualitas dan kapabilitas TNI sebagai kekuatan militer Indonesia yang modern, profesional dan tangguh dalam menjalankan tugas pokoknya menjaga keutuhan NKRI.

Di sela-sela kunjungan singkatnya, Panglima TNI juga menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan para pelajar TNI di Amerika dan memberikan wejangan dan arahan serta beberapa perkembangan situasi yang saat ini terjadi di tanah air. Para perwira TNI yang diberikan kesempatan untuk dapat belajar dan menimba pengalaman di luar negeri harus dapat memberikan perubahan dan kebaruan serta perbaikan agar institusi TNI dapat terus tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan zaman menjadi TNI yang KUAT demi bangsa yang bermartabat.

#tnipatriotnkri
#nkrihargamati
#tnikuatrakyatbermartabat

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA