by

Seabad Chairil Anwar, Komunitas Jagat Sastra Milenia Gelar Lomba Baca Puisi

KOPI, Jakarta – Dalam rangka menyemarakkan momentum Seabad Chairil Anwar, Komunitas Jagat Sastra Milenia (JSM) akan menggelar Lomba Baca Puisi Cinta Chairil Anwar. Lomba akan digelar pada hari Sabtu (23/7/22), pukul 11.00-16.00 WIB, bertempat di PDS HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta pusat.

Tujuan utama diadakan lomba tersebut adalah untuk menghidupkan kembali spirit puisi-puisi Chairil Anwar di zaman sekarang, dari teks ke suara, lalu menggema dalam jiwa kita, terutama perihal cinta sebagai inti kemanusiaan. Lomba tersebut didukung oleh Perpustakaan Jakarta-Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) DKI Jakarta.

Kami mengundang semua kalangan, lintas generasi dan profesi untuk turut serta dalam lomba ini dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Terbuka untuk umum dan tertutup untuk anggota JSM beserta keluarganya.
  2. Tanpa dipungut biaya pendaftaran dalam bentuk apapun.
  3. Datang langsung dan mendaftar di tempat saat acara (on the spot), tidak melayani pendaftaran di luar waktu dan tempat yang ditentukan.
  4. Setiap peserta hanya boleh satu kali mendaftar dan membaca satu puisi karya Chairil Anwar.
  5. Teks puisi yang akan dibacakan disediakan oleh panitia berdasarkan undian.
  6. Waktu pendaftaran dibuka pukul 09.30 s/d 10.30 di lokasi acara (setelah itu tutup)
  7. Lomba digelar pada hari Sabtu, 23 Juli 2022, pukul 11.00 — 16.00
  8. Lokasi acara di PDS HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta pusat.

Total hadiah apresiasi sebesar Rp. 7.500.000,-

Acara ini akan dihadiri oleh Ibu Evawani Alissa, putri tunggal Chairil Anwar yang sekaligus akan menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Sementara itu, yang bertindak sebagai Dewan Juri terdiri dari Sutardji Calzoum Bachri (Presiden Penyair Indonesia), Yahya Andi Saputra (Penyair dan Tokoh Kebudayaan Betawi), Imam Maarif (Penyair dan Penggerak Sastra), serta Emi Suy (Penyair, Pengurus Jagat Satsra Milenia, serta Redaktur SastraMedia).

Pada acara tersebut, Riri Satria, Ketua Komunitas Jagat Sastra Milenia akan menyampaikan orasi budaya singkat bertajuk “Semangat Chairil Anwar di Era Masyarakat 5.0”.

Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan, serta kenang-kenangan dari Komunitas Jagat Sastra Milenia.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Kami menunggu kehadiran semua sahabat penyair dan pencinta puisi. Terima kasih.

Salam puisi untuk semua Dhe Sundayana Perbangsa (Ketua Panitia), dan Rissa Churria (Wakil Ketua Panitia). (NJK)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA