by

Tips Praktis Jadi Pewarta dan Menulis di KOPI

KOPI, Jakarta – Besarnya antusiasme warga masyarakat yang ingin menyalurkan karyanya di media Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) menjadi perhatian serius bagi Redaksi KOPI. Untuk itu, Redaksi berusaha semaksimal mungkin membantu para pewarta, khususnya yang baru akan menggunakan media KOPI dalam kegiatan jurnalisme warga-nya.

Kami menyadari bahwa para pewarta baru sering mengalami kesulitan dalam menggunakan fasilitas publikasi yang disediakan Redaksi KOPI. Hal tersebut terutama terkait masalah kendala teknis dalam mengirimkan dan mempublikasikan artikel atau berita di KOPI melalui situs www.pewarta-indonesia.com yang sedang Anda baca ini.

Oleh karena itu, berikut kami sajikan tips praktis menjadi pewarta dan langkah mudah mengirimkan tulisan ke situs KOPI. Semoga langkah-langkah teknis yang diuraikan secara sederhana dan dilengkapi info grafis tampilan layar KOPI dapat membantu setiap warga masyarakat yang ingin berjurnalisme warga melalui media KOPI. Silahkan mencoba!

Empat Langkah Registrasi

Jika Anda belum memiliki akun di situs KOPI, maka langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mendaftarkan diri sebagai Pewarta KOPI melalui fasilitas Register yang disediakan. Caranya:

  1. Klik banner RUANG PEWARTA (sebelah kanan atas layar komputer, sebelah tengah bawah layar HP Android).
  2. Klik/pilih REGISTER.
  3. Isi kolom-kolom yang tersedia di lembar REGISTRATION.
  4. Klik REGISTER di bagian kiri bawah.
Klik banner RUANG PEWARTA
Klik/pilih REGISTER
Tampilan layar REGISTRASI
Isi semua kolom untuk registrasi Pewarta KOPI
HOREEE… Anda telah berhasil mendaftar sebagai PEWARTA KOPI

Jika Anda mengkuti dengan baik langkah pendaftaran sebagaimana diuraikan di atas, niscaya pasti berhasil. Selamat bergabung menjadi jurnalis warga di media massa nasional Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) yang dikelola langsung oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Nasional.

Delapan Langkah Mudah Menulis di KOPI

Sebagai jurnalis warga, setiap pewarta KOPI semestinya menghasilkan karya, setidaknya berupa tulisan berbentuk berita, artikel deskripsi, opini, hasil analisis, karya ilmiah, essay dan bentuk tulisan lainnya. Jenis karya lainnya dapat berbentuk foto, audio-visual, video, film, karikatur, dan lain-lain. Semakin sering menghasilkan karya semakin baik dan bagus.

Khusus untuk karya tulis berbentuk artikel, berita, dan sejenisnya, di bawah ini diuraikan langkah-langkah praktis dalam mengirimkan hasil karya tulisnya di situs www.pewarta-indonesia ini, sebagai berikut:

  1. Klik banner RUANG PEWARTA (sebelah kanan atas layar komputer, sebelah tengah bawah layar HP Android).
  2. Lakukan proses LOGIN dengan mengisi kolom USERNAME dan PASSWORD Anda.
  3. Klik tanda/ikon tambah (+) yang ada di bagian atas layar DASHBOARD.
  4. Tuliskan judul artikel/berita di kolom ADD TITLE.
  5. Tuliskan (atau kopi-paste) artikel/berita Anda di kolom yang tersedia di bawah ADD TITLE.
  6. Pilih kategori artikel di kolom CATEGORIES.
  7. Masukan gambar/foto/image di kolom FEATURED IMAGE (Gambar Utama).
  8. Klik PUBLISH.
Klik banner RUANG PEWARTA
Tampilan Ruang LOGIN
Isi kolom USERNAME dan PASSWORD
Tampilan layar DASHBOARD
Tampilan layar penulisan artikel/berita
Tuliskan judul dan isi artikel/berita di kolom yang tersedia, pilih kategori, tulis label, topik, dan masukan gambar/foto/image pada kolom di sebelah kanan layar

Setelah semua proses selesai, klik PUBLISH untuk mengirimkan artikelnya ke Redaksi yang akan menayangkan artikel/beritanya.

Lima Langkah Mudah Memasukkan Gambar/Foto

Setiap artikel/berita yang akan dikirimkan ke situs KOPI wajib disertai gambar/foto/image pendukung sesuai dengan topik artikel/beritanya. Untuk itu, siapkan gambar/foto/image yang dibutuhkan dengan formasi landscape (memanjang ke samping) berukuran 1000 x 690 pixel, resolusi 300 pixel/incih (ukuran file 150-200 KB).

Cara memasukkan gambar/foto cukup mudah dan praktis, sebagai berikut:

  1. Siapkan gambar/foto/image sesuai artikel/berita di komputer Anda.
  2. Klik kolom FEATURED IMAGE atau Gambar Utama.
  3. Klik SELECT FILES yang tampak di tengah layar.
  4. Pilih gambar/foto/image dari komputer Anda yang akan disertakan di artikelnya.
  5. Klik SELECT yang tampak di kanan bawah layar.

Jika semua langkah berjalan mulus, gambar pasti berhasil dimasukkan. Anda dapat melihat gambarnya kolom yang tersedia di sebelah kanan layar

Klik kolom FEATURED IMAGE di sebelah kanan layar
Klik SELECT FILES yang tampak di tengah layar
Pilih gambar/foto/image dari komputer Anda yang akan disertakan di artikelnya
Klik SELECT yang tampak di kanan bawah layar
Gambar sudah berhasil dimasukkan, terlihat di sebelah kanan layar

Tips Tambahan Pengguna Android

Khusus pewarta KOPI yang menggunakan HP Android atau I-Phone dalam mengirimkan artikel/beritanya, pemilihan KATEGORI dan kolom memasukan gambar/foto/image dilakukan dengan cara meng-klik tanda/ikon RODA-GIGI yang ada di sebelah kanan atas layar Dashboard.

Klik ikon RODA-GIGI (lingkaran merah) untuk memilih kategori artikel
dan memasukan gambar/foto/image
Tampilan Dashboard RODA-GIGI, pilih menu DOCUMENT
Pilih kategori artikel Anda, masukan gambar/foto/image

Setelah semua proses pemilihan kategori artikel/berita dan memasukan gambar/foto/image-nya berhasil dilakukan, selanjutnya klik tanda KALI (X) yang terlihat di sebelah kanan atas layar Dasboard RODA-GIGI (lihat gambar di atas).

Beberapa Catatan Penting

  1. Kolom TAGS dan TOPICS dapat diabaikan, tidak perlu diisi.
  2. Dalam pemilihan kategori artikel, mohon memilih (mencontreng kotak putih) selain kategori Berita, Belajar Mewarta, Headlines, Inspirasi, Galery, Kolom Pewarta, PPWI, Redaksi, Uncategorized, dan Warta.
  3. Formasi foto/gambar/image harus landscape (memanjang ke samping, tidak panjang ke bawah), dengan ukuran standar 1000 x 690 pixel, resolusi 300 pixel/incih (ukuran file 150-200 KB).
  4. Jangan lupa menuliskan kata KOPI (ditebalkan/bold) diikuti tanda koma (,) dan kemudian nama daerah/kota tempat domisili pewarta/penulis artikel, dan diikuti tanda garis datar (-) di awal kalimat pertama paragraf pertama. Lihat contoh di layar terakhir di atas: KOPI, Jakarta – Artikel adalah … dan seterusnya.
  5. Teruslah meningkatkan kualitas karyanya masing-masing. Baca dan ikuti petunjuk mewarta/menulis yang disedikan di menu BELAJAR MEWARTA di situs KOPI ini. Salah satu indikator kualitas karya pewarta adalah dalam cara penulisan yang wajib sesuai dengan tata bahasa, tata penulisan, dan kaidah berbahasa tulis yang baik. Silahkan simak artikel tentang editing di sini: Ayo Pewarta Warga, Mari Belajar Editing Artikel. Juga untuk penulisan judul artikel, Anda dapat mempelajarinya di sini: Ketentuan Umum Pembuatan Judul Artikel.
  6. Bagi Pewarta KOPI yang cara penulisannya sudah tergolong baik dan tidak memerlukan pengeditan serius/banyak dari editor, maka status kepewartaannya akan dinaikan menjadi PUBLISHER. Publisher dapat langsung menayangkan artikel/berita hasil karyanya di situs KOPI.

Selamat berkarya Indonesia…!!!

Salam sukses dari Redaksi KOPI

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA