by

Mengapa Pentingnya Pengamanan Data Digital dengan Sertifikat SSL

Penulis: Erliandy, ST

KOPI, Jakarta – Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) adalah semacam kode khusus di server website yang memberikan keamanan untuk komunikasi online. Saat browser web menghubungi situs website Anda, Sertifikat SSL mengaktifkan koneksi terenkripsi (konversi data dan informasi ke dalam kode tertentu).

Dapat disimpulkan pula bahwa jalan menuju email client dan email Anda dapat terhubung dan tentunya aman dari pihak lain. Ini ibarat menyegel surat di dalam amplop sebelum mengirimkannya melalui pos. SSL adalah teknologi standar untuk mengamankan koneksi internet dengan mengenkripsi data yang dikirim antara situs website dan browser atau antara dua server.

Secara sederhana, Sertifikat SSL menjadi jaminan keamanan bagi website dan pengunjung website. Saat ini Sertifikat SSL menjadi kebutuhan penting setiap website. Website tanpa Sertifikat SSL akan ditandai “tidak aman” bahkan dikategorikan sebagai website penipuan oleh browser ternama seperti Chrome dan Firefox. Kepada para pelanggan website dimanapun, browser akan memberi peringatan bahwa website yang dikunjungi aman yang ditandai dengan penggunaan Sertifikat SSL.

Keunggulan Sertifikat SSL sejak tahun 2018, Chrome mengutamakan website dengan penggunaan Sertifikat SSL dan memberikan peringatan “website yang Anda kunjungi tidak aman” bagi website yang tidak menggunakan Sertifikat SSL. Dengan kata lain bahwa penggunaan sertifikat SSL membantu dalam proses perangkingan SEO (Search Engine Optimalization) sebuah website pada pencarian google, karena lebih diprioritaskan. Kredibilitas website yang tinggi akan menjadikan pemiliknya lebih percaya diri dikalangan pengelola website.

Selain itu, transmisi data yang dilakukan lebih privasi dan aman dari serangan phising (emailprotection), yaitu bertujuan memancing orang untuk memberikan informasi pribadi secara sukarela tanpa disadari. Informasi yang dibagikan tersebut akan digunakan untuk tujuan kejahatan. S/MIME digunakan oleh berbagai pihak, baik lembaga pemerintah dan swasta, organisasi, maupun individu, untuk volume skala besar maupun kecil.

Untuk keperluan pengiriman informasi dan data melalui internet, para pihak menggunakan S/MIME (Secure/Multipurpose internet Mail Extensions) yang diterima secara luas untuk berkirim pesan yang ditandatangani secara digital dan terenkripsi (emailsigning).

Kesimpulan Tentang SSL dan Manfaat Menggunakan SLL

SSL atau Secure Socket Layer merupakan teknologi berbentuk sertifikat yang diinstall pada server dan berfungsi melakukan enkripsi terhadap lalu lintas data antara server dengan web browser.

SSL akan memberikan keamanan sambungan antara server pemilik website dengan pengunjung situs website.

SSL akan menciptakan satu link terenkripsi antara sesi browser dengan web server. Visualisasi penggunaan enkripsi SSL ini ditandai dengan adanya gembok hijau atau https pada alamat url situs.

Awal tahun 2014 SSL menjadi standar keamanan situs website pada beberapa browser ternama dan akan dilakukan pencegahan masuk situs website tanpa SSL. SSL akan melindungi komunikasi website serta informasi pribadi yang melakukan transaksi online pada website.

Manfaat menggunakan sertifikat SSL juga berpengaruh pada kinerja website dan aktivitas perkembangan pencarian situs website. Berikut manfaat menggunakan sertifikat SSL pada website, antara lain yaitu:

  1. Meningkatkan kepercayaan dan keyakinan pengguna website;
  2. Menggunakan sertifikat SSL pada situs website akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam melakukan penelusuran bahkan transaksi pada situs website Anda;
  3. Tanda https:// atau gembok hijau pada url situs website memberikan jaminan keamanan pertukaran informasi data yang diperlukan oleh pengunjung situs website. https : Hyper Text Transfer Protocol Secure;
  4. Selain memberikan tampilan visual https:// atau gembok hijau, penggunaan sertifikat SSL pada situs website juga akan mencegah munculnya peringatan tidak aman pada awal munculnya situs website. Kesimpulan Fungsi dan Cara Kerja Sertifikat S/MIME
    S/MIME berfungsi untuk mengamankan email dan membuat email memiliki badge. Saat Anda menandatangani email secara digital (emailsigning) penerima akan mengetahui bahwa email tersebut berasal dari Anda, bukan penipu atau phisher. Ini melindungi merek Anda dan membantu pengguna mengidentifikasi dan menghindari penipuan phishing email. Enkripsi end-to-end melindungi konten email.

Sebagian besar kotak masuk email penuh dengan data pribadi—catatan pelanggan, rahasia perusahaan, catatan SDM, dan banyak lagi. Jika seorang peretas membobol sistem email Anda, mereka dapat mencuri semua jenis data sensitif, Namun dengan enkripsi end-to-end bahkan jika peretas berhasil mencuri email dari server Anda, mereka tidak akan dapat membaca konten email kecuali mereka memiliki private key. S/MIME bekerja setelah server dikonfigurasi untuk autentikasi sertifikat klien, server hanya akan memberikan akses pengguna jika pengguna menunjukkan sertifikat klien yang benar.

Tanpa sertifikat itu, pengguna yang mencoba mengakses server bahkan tidak dapat melihat homepage. Sertifikat klien email menggunakan pasangan public key dan private key. Private key diberikan kepada pengguna dan digunakan untuk menandatangani komunikasi keluar secara digital dengan identitas unik pengguna tersebut. Public key digunakan untuk memverifikasi tanda tangan dan mengenkripsi pesan masuk.

Disini Penulis akan Membahas Salah Satu Keunggulan Penyedia Sertifikat SSL Terbesar di Indonesia

Dalam Artikel ini penulis akan membahas tentang keunggulan dari Penyedia Sertifikat SSL serta jual Sertifikat SSL, dikutip dari sumber website https://sslindonesia.com. SSL Indonesia adalah penyedia Sertifikat SSL terbesar di Indonesia sebagai penyedia keamanan data digital.

Kenapa harus di SSL Indonesia?, karena SSL Indonesia Penyedia Sertifikat Terbesar di Indonesia dan hanya berfokus pada SSL CERTIFICATE, itu semua karena agar setiap pelanggan SSL Indonesia mengetahui ketika mereka hendak berbisnis, mereka akan berhadapan dengan para Ahli SSL sebenarnya. Dan, tidak ada penyedia SSL Certificates di Indonesia yang memiliki sumber daya seperti, Staff, teknologi dan dedikasi.

Atas keterampilan yang dimiliki, hingga memutuskan tidak ada yang lebih penting selain memastikan pelanggan agar tidak melihat yang lain untuk semua hal yang berhubungan dengan Sertifikat SSL.

SSL Indonesia menawarkan banyak Brand yang sudah terpercaya
Anda akan memiliki sebuah control panel, username, dan password. Tetapi, anda juga dapat melakukan akses ke berbagai Brand SSL terpercaya melalui account tersebut, termasuk seperti : Digisert, Symantec, GeoTrust, Sectigo, RapidSSL, serta thawthe.

SSL Indonesia memiliki Akses langsung ke semua vendor tersebut di atas dan telah mempunyai hubungan kerjasama yang baik dengan mereka dibanding dengan perusahaan penyedia SSL lain yang ada di lndonesia. Jadi, bila terdapat masalah, tentunya akan dapat menemukan solusi yang tepat.

Perlu diketahui, bahwa semua fasilitas yang biasanya anda dapat ketika membeli langsung dari Otoritas Sertifikat (CA) tidak akan berbeda ketika membeli Sertifikat SSL melalui SSL Indonesia. Anda hanya perlu mengetahui Order ID, yang dapat anda pergunakan baik ketika menghubungi kami maupun menghubungi langsung ke pihak Otoritas Sertifikat (CA).

Harga di SSL Indonesia jauh lebih baik. Anda dapat membandingkan harga dan kami akan menyamakan harga apabila anda menemukan harga lebih murah dari yang kami tawarkan. Kami memahami bahwa harga merupakan hal utama terpenting dibenak pelanggan kami. Selain dari semua manfaat yang didapat dengan berbisnis dengan SSL Indonesia, tentu kami juga menawarkan harga yang luar biasa.

Bagaimana bisa? Karena kami telah membeli SSL dalam jumlah yang banyak dengan harga khusus dan kami dapat memberikan langsung dari biaya hemat tersebut kepada anda, Mengamankan website adalah bisnis yang rumit, dan terkadang hal-hal kecil dapat menyebabkan kendala dalam proses penerbitan Sertifikat. SSL Indonesia jaminan 30 hari uang kembali dalam penerbitan pembelian Sertifikat SSL. .

Sekilas Tips atau Saran dalam Memilih Sertifikat SSL

Sebelum melakukan pembelian sertifikat SSL, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Website

Melakukan pembelian SSL ataupun menentukan sertifikat SSL yang akan digunakan harus mempertimbangkan jenis website dan kebutuhan website Anda. Jika pengunjung situs website Anda masih sedikit dan hanya sebagai pusat informasi Anda tidak perlu menggunakan SSL premium.

Namun apabila website Anda merupakan ecommerce atau toko online, menyimpan data sensitive seperti email dan nomor HP, makan Anda harus melakukan pembelian SSL premium. SSL premium yang mana? yang tergolong pada jenis organization Validation (OV) dan extended validation (EV)

  1. Tentukan Jumlah Domain / Sub Domain yang akan diamankan

Jumlah domain ataupun sub domain yang Anda miliki akan mempengaruhi pada jenis SSL yang akan Anda beli. Contoh Anda memiliki banyak domain utama yang ingin diamankan maka harus menggunakan jenis multi domain. Jika Anda hanya melindungi satu domain utama dan seluruh sub domain, Anda hanya butuh membeli sertifikat jenis wildcard

  1. Sesuaikan dengan budget

Untuk membuat website Aman dan terpercaya, Anda disarankan menggunakan sertifikat SSL berbayar. Pastikan Anda menyeimbangkan antara kebutuhan dan budget Anda.

  1. Lakukan Upgrade untuk tingkat kredibiitas

Selain SSL single domain, wildcard dan multi domain ada juga SSL premium dengan tingkat kredibilitas tinggi dan menyediakan fitur green bar. Apa itu greenbar? Nama perusahaan Anda akan tercantum pada alamat url situs website Anda.

Demikianlah sedikit penulis menyampaikan uraian-uraian di Artikel ini tentang mengapa Pentingnya Pengamanan Data Digital dengan menggunakan Sertifikat SSL dan juga sedikit tips atau saran dalam memilih Sertifikat SSL. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan tentang Sertifikat SSL untuk Keamanan Data Digital di Era Digitalisasi.(*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA