by

Firewall Dapat Membantu Mencegah Peretas atau Perangkat Lunak yang Berbahaya

Oleh: Pantja Putra Agung Wibowo

KOPI, Jakarta – Informasi data, kepatuhan dalam konteks ini dapat merujuk pada kepatuhan terhadap peraturan, kepatuhan kontrak, atau kepatuhan terhadap persyaratan internal. Fokus ini sering terlihat digabungkan dengan fokus pada penegakan kebijakan, itu juga terlihat dikombinasikan dengan fokus pada kualitas data.

Rekomendasi keamanan jaringan umum berikut adalah panduan keamanan umum untuk semua jaringan baik di rumah maupun di kantor. Untuk membantu menjaga komputer di jaringan lebih aman, aktifkan pembaruan otomatis di setiap komputer. Windows dapat secara otomatis menginstal tanggal penting dan yang direkomendasikan, atau pembaruan penting saja. 

Pembaruan penting memberikan manfaat yang signifikan, seperti peningkatan keamanan dan keandalan. Pembaruan yang disarankan dapat mengatasi masalah yang tidak kritis dan membantu meningkatkan pengalaman komputasi. Pembaruan opsional tidak diunduh atau diinstal secara otomatis.

Firewall dapat membantu mencegah peretas atau perangkat lunak berbahaya (seperti Worm) mendapatkan akses ke komputer melalui jaringan atau Internet. Firewall juga dapat membantu menghentikan komputer mengirim perangkat lunak berbahaya ke komputer lain.

Sehingga bisa jalankan perangkat lunak antivirus di setiap komputer. Firewall membantu mencegah worm dan peretas, tetapi tidak dirancang untuk melindungi dari virus, jadi harus menginstal dan menggunakan perangkat lunak antivirus.

Virus dapat berasal dari lampiran dalam pesan email, file pada CD atau DVD, atau file yang diunduh dari Internet. Pastikan perangkat lunak antivirus mutakhir dan diatur untuk memindai komputer secara teratur.

Banyak program antivirus yang tersedia. Microsoft menawarkan Security Essentials, program antivirus gratis yang dapat di unduh dari situs Web Microsoft Security Essentials.

Sementara untuk merubah SSID Default, Router dan titik akses menggunakan nama jaringan nirkabel yang dikenal sebagai Service Set Identifier (SSID). Sebagian besar produsen menggunakan SSID yang sama, untuk semua router dan titik akses. Sehingga dapat mengubah SSID Default agar jaringan nirkabel tidak tumpang tindih dengan jaringan nirkabel lain yang mungkin menggunakan SSID Default. 

Agar dapat memudahkan untuk mengidentifikasi jaringan nirkabel, maka SSID biasanya ditampilkan dalam daftar jaringan yang tersedia. Periksa informasi yang disertakan dengan perangkat untuk petunjuk tentang cara mengubah SSID Default.

Kemudian posisikan router atau titik akses dengan hati-hati. Sinyal nirkabel dapat mengirimkan beberapa ratus kaki, sehingga sinyal dari jaringan dapat disiarkan di luar rumah.

Windows Firewall diaktifkan secara Default, tetapi dapat memilih untuk mengizinkan program tertentu seperti pesan instan melalui Firewall, atau dapat memblokir semua koneksi masuk ke komputer

Sumber: Sekuritas Siber dan Terorisme Dunia Maya (Fujiama Diapoldo Silalahi S.Kom, M.Kom)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA