by

Memastikan Keamanan Digital dan Kesejahteraan Pemilu Indonesia

Penulis: Muhammad Taufan

KOPI, Jakarta – Indonesia memiliki kelebihan sangat banyak salah satunya dari geografis. Secara spesifik lokasi yang ditinjau terhadap geografis tersebut membuat Indonesia sangat strategis dalam jalur perdagangan internasional. Hal tersebut karena letaknya yang dihapit oleh dua samudra dan benua. Samudra yang menghamit Indonesia berupa Samudra Pasifik di sebelah utara dan Samudra Hindia di sebelah selatan. Sedangkan untuk benua yang menghampit Indonesia berupa Asia dan Australia.

Selain kelebihan dalam geografisnya Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan Sumber Daya Manusia (SDM) terbanyak di dunia. Banyaknya jumlah penduduk tersebut menciptakan potensi yang besar dalam bentuk tenaga kerja yang produktif untuk mendukung perkembangan sektor ekonomi sampai industri. Banyaknya jumlah penduduk tersebut selaras dengan data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Didalam data tersebut memaparkan bahwa Indonesia telah memiliki penduduk 278,69 juta jiwa pada pertengahan 2023. Angka tersebut mengalami kenaikan 1,05% dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Sedangkan saat pertengahan 2022 jumlah penduduk berada di angka 275,77 juta jiwa.

Agar terhindar dari kekacauan dan memastikan kelancaran di berbagai macam kegiatan dengan kondisi banyaknya jumlah penduduk di Indonesia membutuhkan sistem organisasi yang efektif. Sistem organisasi tersebut diperlukan sebagai sebuah kejelasan terkait pemimpin dalam menentukan arah sampai pengambil keputusan dalam masyarakat. Penetapan kepala atau ketua dalam suatu kelompok menjadi krusial dalam menjaga keteraturan dan memberikan arahan bagi masyarakat.

Sistem yang dilakukan tersebut harus dapat melibatkan pemilihan demokratis, hierarki yang jelas, atau mekanisme partisipatif lainnya. Adanya hal tersebut akan membuat setiap anggota akan dapat merasa terlibat dalam proses pengambil keputusan. Dengan demikian sistem kepemimpinan yang terstruktur membantu mengelola kompleksitas jumlah penduduk, mendorong kolaborasi, dan memastikan adanya arah yang jelas dalam upaya mencapai tujuan bersama.

Di Indonesia berbicara mengenai pemilihan pemimpin sampai kepala daerah dilakukan menggunakan demokratis. Penggunaan demokratis tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat Indonesia dikenal dengan nama Pancasila khususnya pada Sila keempat “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”. Pada sila tersebut memiliki arti bahwa kekuasaan berasal dari rakyat dan dijalankan melalui proses musyawarah atau perwakilan.

Dalam konteks demokrasi yang merupakan warga negara memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum secara langsung melalui perwakilan. Selain itu sistem demokrasi di Indonesia juga mendorong untuk terjadi keterlibatan aktif warga negara dalam proses pengambilan keputusan dan menegaskan pentingnya musyawarah serta hikmat kebijaksanaan sebagai landasan penyelenggaraan roda pemerintahan. Sehingga dengan demikian dalam pemilihan yang demokratis merupakan implementasi nilai-nilai Pancasila yang mengedepankan partisipasi aktif dan hak setiap warga negara dalam menentukan nasib dan arah bangsa.

Bukti secara dilakukan sistem demokrasi di Indonesia terwujud melalui pelaksanaan Pemilihan Umum (pemilu). Meskipun saat di awal-awal kemerdekaan Indonesia belum melaksanakan pemilu dikarenakan kondisi politik sampai ekonomi yang belum stabil. Setelah beberapa tahun kemudian barulah semangat demokrasi mulai merasuk ke dalam sistem pemerintahan Indonesia. Hasilnya dilaksanakan pemilu pertama di Indonesia pada tahun 1955 setelah masa pemerintahan darurat dan konflik bersenjata berakhir. Sejak saat itu maka dilakukan pemilu secara berkala telah menjadi bagian integral dari sistem demokrasi di Indonesia.

Berdasarkan aturan yang terdapat pada Pasal 22 E UUD 45 menyatakan bahwa pemilu dilaksanakan dalam jangka waktu lima tahun sekali. Jangka waktu lima tahun tersebut mencerminkan komitmen untuk menjaga ketidakberlanjutan kepemimpinan yang abadi berkuasa di permerintah. Hal tersebut menandakan akan kesadaran dari pentingnya dilakukan pergantian kepemimpinan secara teratur guna memberikan ruang bagi peremajaan dan penyegaran ide-ide baru dalam tatanan roda pemerintahan. Melakukan pemilu secara berkala bukan hanya bentuk implementasi nilai demokrasi saja tetapi juga langkah konkret untuk mencegah konsolidasi kekuasan terlalu lama di roda pemerintahan.

Selain itu dilakukan pemilu di Indonesia memberikan kesempatan yang sangat luas bagi calon-calon terbaik bangsa yang berasal dari Sabang-Merauke untuk menjadi bagian dari roda pemerintahan. Melalui proses pemilu yang transparan sampai inklusif membuat setiap individu yang memenuhi syarat akan memiliki peluang yang setara dalam bersaing dalam arena politik. Dimana para calon tersebut akan dipilih berdasarkan kualifikasi sampai visi kepemimpinan terbaik dari yang terbaik. Sehingga calon tersebut akan bertanggung jawab dalam memperjuangkan dan mewakili aspirasi rakyat setelah memegang roda kekuasaan di pemerintah.

Dilakukannya pemilu akan dapat mendorong terbentuknya kepemimpinan yang representatif dan mencerminkan yang representaatif sambil mencerminkan keberagaman untuk kepentingan masyarakat terpenuhi di berbagai pelosok Indonesia. Dengan demikian melakukan pemilu menjadi instrumen penting dalam menentukan arah perubahan bagi Indonesia. Hal tersebut karena akan dapat memastikan bahwa pemimpin terpilih memiliki legitimasi yang kuat untuk mewujudkan perubahan positif sesuai dengan harapan dan kebutuhan rakyat.

Kini dengan penuh antusias masyarakat Indonesia akan memasuki tahap penting dalam demokrasi berupa pemilu yang dijadwalkan 14 Februari 2024. Tanggal tersebut menjadi kesempatan emas bagi rakyat Indonesia dalam memilih calon terbaik yang mampu memimpin negara sebagai wakil rakyat di pemerintahaan. Untuk dapat dipilih sebagai wakil rakyat di pemerintahaan maka para calon tersebut harus dapat memaparkan ide, visi, sampai program kepada masyarakat agar dapat memilihnya.

Pada sebelum era teknologi informasi pemaparan yang dilakukan lebih cenderung mengandalkan saluran komunikasi tradisional yang ada di kehidupan sehari-hari masyarakat. Bukti secara nyata saluran komunikasi tradisional dapat terlihat dalam bentuk penggunaan spanduk dan baliho pada berbagai lokasi strategis dilakukan secara maksimal. Tidak jarang juga dilakukan pertemuan secara langsung melalui pidato di acara-acara publik. Penggunaan saluran komunikasi tradisional dalam pemilu terdapat batasan berupa jarak dan waktu dalam menyampaikan beberapa hal kepada masyarakat.

Tetapi untuk saat ini setelah masuknya era teknologi batasan-batasan yang muncul dapat diatasi melalui penggunaan aset digital seperti website. Kelebihan yang ditawarkan dalam penggunaan website di pemilu berupa akses informasi terhadap visi, misi, sampai ide dari para calon wakil rakyat tersebut. Dimana masyarakat dapat mengakses informasi dari para calon wakil rakyat secara bebas tanpa hambatan berupa jarak dan waktu seolah-olah terjadi interaksi secara langsung dengan masyarakat secara real-time.

Sedangkan adanya penggunaan website juga tidak hanya memberikan manfaat kepada masyarakat tetapi juga kepada para calon wakil rakyat. Penggunaan website tersebut akan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih efektif selama kegiatan pemilu berlangsung. Hanya mengeluarkan biaya sekali para calon wakil rakyat yang bertarung dalam pemilu dapat memaparkan secara jelas sampai ke akar-akarnya terkait visi, misi, dan kinerja yang akan dilakukan saat menjadi bagian dari pemerintah.

Walaupun penggunaan website dalam kegiatan kampanye politik memiliki kelebihan seperti yang telah dipaparkan. Tetapi didalam operasionalnya terhadap bayangan hitam yang selalu mengikuti dibelakangnya. Salah satu contoh nyata bayangan hitam tersebut berupa hacker yang berpotensi mengambil alih atau merusak integritas website. Serangan hacker pada situs website politik dapat mencakup pencurian data sensitif, penyebaran informasi palsu, sampai bahkan penonaktifan sementara atau permanen dari website. Hal ini dapat menimbulkan dampak serius terhadap kampanye politik dan reputasi kandidat.

Salah satu contoh kasus penyerangan hacker yang mengguncang kegiatan pemilu terjadi beberapa waktu yang lalu pada website resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penyerangan yang dilakukan membuat data Daftar Pemilih Tetap (DPT) mengalami kebocoran data sebanyak 204 juta. Peretasan tersebut diduga pelaku para hacker tersebut yang menamai dirinya bernama CISSREC.

Data yang dicuri tersebut kini dibagikan oleh akun anonim bernama Jimbo. Kini Jimbo mulai melakukan penjualan terhadap lebih dari 200 juta data dengan harga US$74 ribu atau sekitar Rp 1,2 miliar. Selain itu Jimbo juga membagikan 500 data sebagai contoh yang dapat diakses melalui situs darkweb Breachforums. Tidak hanya itu saja Jimbo juga mengunggah beberapa tangkapan layar dari website Cek DPT Online milik KPU untuk memverifikasi data tersebut.

Bayangan hitam dari penggunaan website tidak hanya berasal dari serangan hacker saja tetapi dari dalam sistem berupa pengelola juga dapat terjadi. Sebagai contoh pihak pengelola website memanfaatkan website sebagai alat dalam menyebarkan informasi palsu atau hoax terkait para calon rakyat yang sedang bertarung dalam kompetisi pemilu. Adanya informasi hoax tersebut akan dapat merusak citra sampai reputasi para calon wakil rakyat yang sedang bertarung di pemilu. Tujuan oknum jahat tersebut berupa mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap para calon yang akhirnya akan merubah pilihan masyarakat.

Salah satu kasus hoax terkait pemilu tahun 2019 berupa lembaga survei telah memihak salah satu pasangan calon. Hal tersebut selaras dengan postingan photo yang mmenarasikan melalui kata-kata “Mereka bukan lembaga survei tapi timses Jokowi, Pendukung Prabowo di harap tenang”. Tentunya adanya haox tersebut akan mempengaruhi pandangan yang ada di masyarakat terkait pemilu yang sedang berlangsung.

Dengan adanya contoh kasus hoax menggunakan website dapat menjadi saran yang rentang untuk menyebarkan informasi hoaks oleh oknum tidak bertanggung jawab. Apalagi dengan setiap orang kini bisa membuat website dengan sangat mudah dan gratis. Sehingga saat hoax itu disebarkan menggunakan website akan sangat sulit memverifikasi informasi secara cepat dan akurat. Hal tersebut akan merugikan para calon wakil rakyat yang sedang bertarung dalam pemilu karena akan dapat menurunkan tingkat ketidakpercayaan masyarakat terhadap informasi yang disajikan secara online melalui website.

Berdasarkan data dari Kemenkominfo memaparkan bahwa ada sekitar 800.000 situs di Indonesia terindikasi sebagai situs penyebar hoaks. Dari angka tersebut memberikan gambaran mengenai tantangan besar yang dihadapi pada ranah digital. Hoaks yang tersebar melalui website tersebut akan menjadi senjata mematikan untuk memenangkan calon presiden dan wakil yang didukung.

Belum lagi target berupa masyarakat yang mengakses layanan internet sangatlah besar. Menurut laporan yang dimiliki oleh We Are Social memaparkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia berada di angka 213 juta orang per Januari 2023. Dari angka tersebut jika harus dihitung proporsinya setara 77% dari total populasi Indonesia sebanyak 276,4 juta orang. Jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan 5,44% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Sehingga satu hoax melalui website yang diakses dengan mudah oleh masyarakat akan memberikan dampak terhadap pandangan masyarakat terhadap para calon wakil rakyat.

Sudah pasti banyaknya target masyarakat terhadap penyebaran hoaks melalui website berupa terjadinya polarisasi masyarakat saat pemilu yang lalu dengan istilah “cebong” dan “kampret”. Hoaks yang diproduksi sampai disebarluasan mampu menciptakan ketidakharmonisan sampai konfilk di tengah kehidupan masyarakat. Adanya dua istilah tersebut menjadi sebuah stigma yang digunakan dalam membagi masyarakat kedalam perbedaan pilihan politiknya sehingga menciptakan kedua kubu yang saling bertentangan. Bahkan dibeberapa keluarga besar ada yang sampai bermusuhan karena adanya label tersebut dari pilihan politik berbeda.

Padahal ketika sedang menjalankan demokrasi seharusnya dilakukan secara aman dan tentram. Tetapi dengan adanya penggunaan situs penyebar hoaks menjadi sulit tercapai karena masyarakat sudah terpecah belah. Dengan adanya perpecahan akibat pemilu akan memberikan dampak ketegangan saat pemilu berlangsung. Saking tegangnya dan beratnya menyelenggarakan pemilu membuat petugas menjadi korban. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 894 Petugas Pemungutan Suara (PPS) mengindal dunia dan 5.175 orang sakit untuk Pemilu 2019.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan pada pemilu 2024 yang akan dilaksanakan akibat penggunaan website terhadap hoaks dapat melalui penggunaan Secure Sockets Layer (SSL) dan Secure/Multipurpose internet Mail Extensions (S/MIME). Maka timbul pertanyaan yang ada didalam para pembaca berupa:

Apa itu SSL dan S/MIME???

Harus diakui bahwa istilah SSL dan S/MIME pasti ada banyak masyarakat yang tidak mengetahui pengertiannya. Tentunya sangat wajar jika banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya hal tersebut karena SSL dan S/MIME merupakan istilah baru di era teknologi saat ini. Untuk mengetahui akan seluk beluk mengenai SSL dan S/MIME para pembaca dapat membaca tulisan ini sampai beres.

SSL merupakan teknologi kunci dalam keamanan pada website. Fungsi SSl terletak pada penyediaan data yang dikirim antara server dengan pengguna. Hal tersebut memastikan bahwa setiap informasi yang ditransmisikan tetap aman dan terjaga keutuhannya.

Penggunaan SSL pada sebuah website dapat terlihat dari URL yang dimulai dengan “https://” dan ikon gembok yang muncul di bilah alamat browser. Keberadaan SSL pada website akan memberikan rasa aman kepada pengguna tetapi juga membangun kepercayaan. Selain itu adanya SSL pada website akan meningkatkan peringkat keamanan di mata mesin pencari karena telah dipastikan bahwa situs tersebut mematuhi standar keamanan dan privasi secara global.

Cara kerja dari SSL dalam melindungi website dari oknum jahat melibatkan proses enkripsi data yang ditransmisikan antara pengguna dan server. Maka ketika masyarakat sebagai pengguna mengakses sebuah website yang telah ada SSLnya akan membuat koneksi menjadi aman dengan mengenkripsi data yang dikirim. Sehingga informasi tersebut tidak hanya dapat diakses dengan mudah atau dimanupulasi oleh oknum jahat.

Enkripsi yang terjadi tersebut melalui pembentukan saluran aman yang disebut dengan “tunnel” yang menggunakan algoritma kriptografi dalam menyediakan data. Dengan demikian maka ketika data dikirim dari pengguna ke server atau sebaliknya. Hal tersebut membuat informasi tersebut menjadi terlindungi dan tidak rentan terhadap serangan pihak yang tidak berwenang.
Sedangkan untuk S/MIME merupakan standar kriptografi yang digunakan dalam mengamankan komunikasi email. S/MIME akan menyediakan lapisan keamanan tambahan melalui mengenkripsi konten email sehingga akan melindungi informasi sensitif dari akses yang tidak sah atau penyadap. Adanya teknik enkripsi dengan S/MIME akan dapat memastikan bahwa pesan email hanya akan dibaca oleh penerima yang sah saja. Hal tersebut akan meningkatkan keamanan dan privasi komunikasi yang dilakukan.

Penggunaan S/MIME juga dapat diidentifikasi dengan adanya tanda tangan digital pada email yang dikirimkan. Adanya hal tersebut akan menunjukan bahwa pesan yang dikirim merupakan sah dan tidak mengalami perubahan selama proses pengiriman dilakukan. Dengan meningkatkan keamanan email menggunakan S/MIME menjadi solusi efektif untuk melindungi informasi rahasia dan memastikan integritas pesan dalam lingkungan komunikasi digital yang dilakukan.

S/MIME akan berperan penting dalam melindungi komunikasi email dari oknum jahat melalui penerapan teknologi kriptografi. Cara kerja dari S/MIME melibatkan dua aspek utama beruapa penandatanganan digital dan enkripsi. Pertama dengan adanya tanda tangan digital pada email pada S/MIME akan memverifikasi keabsahan pengirim sambil memastikan pesan tersebut tidak mengalami perubahan selama proses pengiriman.

Kedua adanya S/MIME akan dapat mengamankan konten email dengan mengenkripsi data yang dikirim membuat tidak akan dapat terbaca oleh pihak luar yang tidak memiliki kunci enkripsi yang sesuai. Diakhirnya adanya S/MIME akan dapat melindungi informasi sensitif dari potensi ancaman oknum jahat yang berusaha melakukan penyadapan atau perubahan data selama proses komunikasi menggunakan email. Dengan hal tersebut adanya penggunaan SSL dan S.MIME dapat meningkatkan keamanan saat komunikasi online dan melindungi informasi sensitif dari potensi ancaman keamanan.

SSL memiliki peran dalam mencegah penyebaran hoaks di website jelang pemilu berlangsung. Adanya SSL akan memberikan keamanan kriptografis dalam lalu lintas data antara server dan browser. Hal tersebut akan menciptakan saluran komunikasi yang aman serta mencegah oknum jahat untuk mengakses, mengubah, sampai menyebarkan informasi palsu di website. Adanya enkripsi SSL pada konten yang disajikan pada website juga terlindungi dan dapat dipercaya sehingga akan mengurangi potensi penyebaran hoaks yang merusak keberlangsungan proses pemilu.

Sedangkan S/MIME berfokus kepada melindungi integritas dan keamanan email yang digunakan sebagai sarana kampanye dan komunikasi antar pemilih dan calon. Melalui mengenkripsi konten email dengan S/MIME akan dapat mencegah manupulasi atau penyebaran informasi palsu melalui email. Apalagi isi email tersebut berkaitan dengan tulisan yang akan dimuat didalam sebuah website tentang para calon wakil rakyat yang sedang bertarung dalam pemilu untuk di upload. Langkah tersebut dapat membuktikan keabsahan pesan dan memastikan bahwa masyarakat sebagai pemilih akan menerima informasi yang akurat.

Adanya dua teknologi yang saling bersinergi tersebut membentuk lapisan keamanan yang kokoh dalam pengelolaan aset digital di website selama periode pemilu berlangsung. Dengan meningkatkan kepercayaan masyarakat sebagai pemilih dalam informasi yang disajikan oleh website karena terlindungi atas integritas komunikasi elektonik. SSL dan S/MIME memiliki peran sebagai alat utama dalam mencegah hoaks jelang pemilu yang akan berdampak pada perpecahan masyarakat.

Secara keseluruhan integrasi pada SSL dan S/MIME akan membentuk pondasi keamanan yang kokoh dalam mengelola aset digital selama periode pemilu pada 14 Februari 2024 di Indonesia. Kombinasi teknologi tidak hanya melindungi integritas komunikasi elektronik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap informasi yang disajikan di website. Selain itu adanya teknologi tersebut juga berperan sebagai alat utama dalam mencegah penyebaran hoaks dalam mencegah perpecahan di masyarakat saat pemilu berlangsung.

Keberhasilan SSL dalam mengamankan lalu lintas data dan S/MIME dalam melindungi integritas pesan email menjadi pilar penting dalam memastikan pemilu tanpa adanya korban seperti di tahun 2019. Dengan demikian maka penggunaan teknologi keamanan ini tidak hanya menjadi penjaga keaslian informasi selama pemilu. Tetapi juga menjadi sarana untuk memupuk persatuan dalam masyarakat Indonesia. Sehingga pemilu yang akan dilaksankan 14 Februari 2024 akan dapat diselenggarakan secara aman yang diakhirnya membawa perubahan ke arah yang lebih baik karena terpilihnya para calon wakil rakyat yang terbaik di roda pemerintahaan. Kini timbul kembali pertanyaan berupa:

Dimana pihak yang menyediakan layanan SSL dan S/MIME terbaik di Indonesia???
Setelah berselancar dengan sangat lama pada media internet akhirnya penulis menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut bernama SSL Indonesia. Hasil dari berselancar juga penulis menemukan bahwa produk yang disediakan oleh SSL Indonesia sangat banyak. Salah satu contoh produk yang ditawarkan seperti produk sertifikat SSL Premium, Email signing seperti S/MIME dan Verified Mark Certificate
(VMC), serta SOC for Small-Medium Bussiness. Selain itu pihak SSL Indonesia merupakan Global Platinum Partners dari Otoritas Sertifikasi (CA) terkemuka di dunia termasuk Digicert, Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL, Globalsign dan Sectigo Formely Comodo CA.

Pada pengelolaan operasional yang dilakukan oleh SSL Indonesia juga dilengkapi oleh sumber daya berkualitas. Hal tersebut dapat terlihat dari beberapa hal seperti staff, teknologi, sampai dedikasi yang memiliki kualitas tinggi atau maksimum. Bahkan ada sebuah pemikiran didalam sumber daya yang dimiliki berupa tidak ada yang lebih penting selain memastikan kepuasan pelanggan dari layanan yang diberikan. Maka sebelum kepuasan pelanggan tercapai pihak SSL Indonesia akan selalu mengupayahkan yang terbaik walaupun rintangan sampai tantangan yang dilewati sangatlah sulit.

Harga yang ditawarkan terhadap berbagai layanan yang diberikan oleh SSL Indonesia sangatlah nyaman bagi dompet masyarakat dengan berbagai latar belakang. Apalagi pihak SSL Indonesia mengetahui bahwa harga merupakan hal utama terpenting dalam masyarakat sebagai pengguna. Maka dari itu setiap layanan yang diberikan sudah direncanakan agar sesuai dengan tidak menguras dompet masyarakat lebih dalam lagi ditengah kebutuhan sehari-hari yang kian melambung. Walaupun harga yang nyaman bagi dompet tetapi layanan yang diberikan akan sangatlah maksimal demi kepuasan pelanggan sebagai pengguna.

Pihak pengelola dari SSL Indonesia mengetahui bahwa didalam menggunakan layanan pasti terdapat masyarakat yang mengalami kesulitan. Untuk itu didalam websitenya sudah dipaparkan sebuah bagian khusus bernama “Bantuan”. Didalam bagian tersebut terdapat beberapa hal seperti Cara Pembelian, Cara Pembayaran, Validasi SSL, Generate CSR, sampai Instalasi SSL. Jika masyarakat masih mengalami kesulitan dalam menggunakan layanan dari SSL Indonesia dapat melakukan komunikasi secara langsung melalui berbagai hal seperti yang dipaparkan pada gambar bawah:

Di zaman yang sudah berkembang seperti saat ini testimoni terhadap sebuah layanan sangatlah penting. Saking pentingnya testimoni tersebut sampai mempengaruhi masyarakat sebagai pengguna baru untuk mencoba atau tidaknya layanan yang diberikan. Sedangkan testimoni untuk SSL Indonesia dapat terlihat video dibawah sebagai pandangan bagi para pembaca yang mau mencoba layanan dari pihak yang telah mencoba terlebih dahulu layanan dari SSL Indonesia:

Hal menarik didalam SSL Indonesia adanya sebuah program yang bertajuk “SSL Reseller Program”. Program tersebut dibuat untuk dapat mencakup yang lebih besar terhadap berbagai permintaan akan keamanan digital pada pemilik website yang ada dimasyarakat. Selain itu program tersebut juga membuat sebuah individu dapat menjadi mitra reseller yang membantu menyediakan layanan sertifikat SSL kepada klien yang ada di masyarakat. Hasil dari bantuan tersebut maka individu tersebut akan mendapatkan pendapatan.

Tidak hanya itu saja ada beberapa hal menarik lainnya yang disediakan oleh SSL Indonesia. Supaya lebih mudah dipahami maka pemaparan dilakukan menggunakan gambar dibawah.

Dengan menggunakan layanan keamanan digital seperti sertifikat SSL dan S/MIME yang disediakan oleh SSL Indonesia merupakan langkah bijak. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa keberlansungan pemilu di Indonesia yang sedang terjadi lebih aman dan bebas dari gangguan oknum jahat. Belum lagi pada layanan di SSL Indonesia juga disediakan lainnya seperti DigiCert, Symantec, dan GeoTrust. Semua layanan pada SSL Indonesia akan dapat memastikan bahwa website yang digunakan dalam kegiatan pemilu terlindungi secara optimal.

Penggunaan sertifikat SLL akan menciptakan saluran komunikasi yang aman antara server dengan browser. Selain itu melalui layanan email signing, email protection, sampai S/MIME yang disediakan oleh SSL Indonesia akan memberikan perlindungan menyeluruh terhadap komunikasi email saat pemilu berlangsung. Kondisi tersebut akan menghindari potensi terjadinya penyebaran berita hoax yang dapat merusak proses demokrasi puncaknya terjadi tanggal 14 Februari 2024.

Dengan mempercayakan keamanan digital kepada SSL Indonesia yang memberikan layanan jual sertifikat SSL diharapkan pemilu dapat berlangsung dengan nyaman dan terbebas dari ancaman yang dapat memecah belah bangsa seperti yang terjadi di masa lampau tidak terjadi kembali. Kini diakhir tulisan dapat dikatakan bahwa SSL Indonesia adalah penyedia sertifikat SSL terbesar di Indonesia.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih. Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://sis.binus.ac.id/2019/06/04/pengertian-dan-fungsi-secure-socket-layer-ssl/.
  2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoaks-di-
    indonesia/0/sorotan_media.
  3. https://www.detik.com/sumut/berita/d-7126642/pemilu-2024-kapan-dilaksanakan-ini-jadwal-
    hingga-tahapannya.
  4. https://www.voaindonesia.com/a/mencari-penyebab-meninggalnya-petugas-
    pemilu/5294717.html.
  5. https://www.globalsign.com/en/blog/what-is-s-mime.
  6. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5738640/apa-wujud-nilai-praksis-pasal-22e-uud-nri-
    tahun-1945.
  7. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/13/penduduk-indonesia-tembus-278-juta-
    jiwa-hingga-pertengahan-2023
  8. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231129062825-37-492819/kpu-dibobol-hacker-data-
    204-juta-warga-ri-dijual-di-internet
  9. https://www.liputan6.com/tekno/read/3946007/10-hoaks-terkait-pemilu-2019?page=3
  10. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-
    213-juta-orang-hingga-awal-2023
  11. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230724161612-128-456848/luka-dalam-ibu- pertiwi-akibat-cebong-kampret-2019-belum-pulih
  12. https://sslindonesia.com/
  13. https://www.youtube.com/watch?v=tnYF1jK6Q-Y
  14. https://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila
  15. https://www.youtube.com/watch?v=0Ploq29wlCI
  16. https://www.youtube.com/watch?v=soSQfeqAoD0
  17. https://www.youtube.com/watch?v=gn4ZXnDLOZw
  18. https://www.youtube.com/watch?v=M1gxbErSFvw
  19. https://www.youtube.com/watch?v=rYRSN0o_pCk
  20. https://pixabay.com/id/vectors/situs-web-halaman-templat-internet-1624028/
  21. https://www.youtube.com/watch?v=V-Hv-MgQ7_c
  22. https://pixabay.com/id/illustrations/tipuan-berita-palsu-konsep-2097359/
  23. https://pixabay.com/id/illustrations/pilihan-pemilihan-3296667/
  24. https://www.youtube.com/watch?v=pi2P3Wp8wEQ
  25. https://sslindonesia.com/
______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA