by

Wilson Lalengke Terpilih Kembali Sebagai Ketua Umum PPWI Periode 2022-2027

KOPI, Jakarta – Ketua umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, terpilih kembali sebagai Ketua Umum organisasi jurnalis warga untuk periode 2022-2027, kongres Nasional yang ke-III, bertempat di Hotel Sunlake Bintang Lima Sunter, Jakarta Utara, Jumat (11/112022). Alumni PPRA-48 Lemhannas RI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., MA., tersebut terpilih untuk menahkodai organisasi PPWI.

Kongres nasional tersebut sekaligus peringatan HUT PPWI yang ke-15, yang dilaksanakan selama dua hari yaitu mulai (11-12/2022). Kongres tersebut dihadiri 150 delegasi dari berbagai daerah di Nusantara dan pada perhelatan lima tahunan PPWI kali ini dihadiri oleh dua orang Representative PPWI dari Kesultanan Oman, yaitu keduanya adalah Dr. Salim Hamed Ali Al-Jahwari dan Dr. Talib bin Saif Al-Dhabbari.

Kongres tingkat Nasional tersebut mengagendakan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban DPN periode 2017-2022, penyusunan program kerja dan pemilihan Ketua Umum periode 2022-2027. Para peserta berasal dari delapan DPD dan empat puluh tiga DPC seluruh Indonesia dan Delegasi PPWI Luar Negeri.

Acara pembukaan Kongres yang disiarkan secara live-streaming tersebut hadir sejumlah pejabat, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri hadir Wakil Dubes Maroko, Dr. Faouzi Touiger, dan Konsuler Kedubes Kesultanan Oman, Dr. Ayman Saeid. Sementara pejabat Indonesia, hadir Direktur Informasi dan Media, Hartyo Harkomoyo, Senator DPD RI, Fachrul Razi, dan Staf Ahli Kepala BNN Pusat, Brigjenpol Dr. Victor Pudjiadi.

Selain itu, hadir juga beberapa mitra kerja PPWI, antara lain Ketua Presidium Forum Pers Independent Indonesia (FPII), Kasihati, Ketua DPD Persadi DKI Jakarta, Irjenpol Dr. Abdul Gofur, S.H., M.H., Ketua SKPP, Brigjenpol Drs. Hilman Thaib Mandagi, dan Mubalig Muda Subang, Ustadz Muryanto Herutomo, S.Pd.I. Sejumlah PH PPWI juga hadir, yaitu Advokat Ujang Kosasih, S.H., Advokat Dolfie Rompas, S.Sos., S.H., M.H., dan Advokat Tondi Situmeang.

Sebelum proses pemilihan Ketua Umum yang baru, sejumlah pernyataan-pernyataan sikap, dalam bentuk video singkat dukungan terhadap Wilson Lalengke, sudah banyak beredar di kalangan peserta Kongres. Dukungan tersebut datang dari kalangan pengurus DPD dan DPC, juga dari delegasi luar negeri.

Sesi pemilihan Ketua Umum yang sangat ditunggu-tunggu sekitar pukul 15.00 WIB tersebut peserta calon ketua umum hanya satu orang. Para peserta dari Aceh hingga Papua itu hanya mencalonkan satu nama saja, yaitu Wilson Lalengke, sehingga dengan demikian, pemilihan berlangsung tanpa melalui proses pemilihan suara voting, hasilnya, Wilson Lalengke terpilih secara aklamasi, tokoh pers nasional lulusan dari tiga universitas terkemuka di Europa ini akan memimpin PPWI untuk periode 2022-2027 atau lima tahun ke depan.

Delegasi dalam negeri dan juga selaku Ketua DPC PPWI Kabupaten Jembrana, Bali, Ahmad Muhtarom mengucapkan selamat terpilihnya kembali Bapak Wilson Lalengke S.Pd., M. Sc., MA., sebagai Ketua Umum PPWI periode 2022-2027. “Selamat dan sukses kepada Ketua Umum PPWI atas terpilihnya Bapak Wilson Lalengke yang mendapat kepercayaan dari seluruh pengurus DPD dan DPC PPWI untuk periode (2022-2027),” ucap Ahmad Muhtarom.

Ketua DPC PPWI Kabupaten Jembrana Ahmad Muhtarom mengatakan bahwa tujuan utama PPWI adalah mewujudkan komunitas warga masyarakat Indonesia yang cakap media, yaitu yang cerdas, kreatif, dan bertanggung jawab dalam berbagi informasi melalui media massa serta mampu mersepon dengan benar setiap informasi yang diperoleh dari media massa. “Saya berpandangan bahwa PPWI adalah jurnalisme warga, ini kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh warga masyarakat dari kalangan manapun tanpa pengecualian,” ucap Ketua DPC Jembrana Ahmad Muhtarom.

Ahmad Muhtarom juga berharap dengan kembali terpilihnya Wilson Lalengke sebagai Ketua Umum PPWI, semoga dapat mempererat hubungan organisasi yang berbasis dunia jurnalistik di Indonesia. “Saya berharap PPWI semakin fokus dalam pengembangan dunia jurnalistik dan juga dapat mencetak ribuan jurnalis warga sesuai dengan visi Ketua Umum PPWI yaitu 1 juta Citizen Journalist atau jurnalis warga di Indonesia, dan saat ini PPWI sudah masuk dan merambah ke 19 negara dan menjadi tingkat Internasional,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA