by

Representative PPWI Luar Negeri Siap Menghadiri Kongres Nasional III PPWI 2022

KOPI, Jakarta – Sejumlah Represetatives (perwakilan) Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN-PPWI) Luar Negeri akan menghadiri Kongres Nasional III PPWI yang akan berlangsung pada tanggal 10-12 November 2022 mendatang di Jakarta. Sedikitnya 4 delegasi PPWI Luar Negeri yang sudah dipastikan hadir adalah Dr. Abdoul Rahman Salem Dabbousi dari Lebanon, Mr. Talib bin Saif Al-Dabbari dari Kesultanan Oman bersama 2 rekannya, Dr. Mohamed bin Mubarak Al-Araimi dan Mr. Salim bin Hamad Al-Jahuri.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, kepada media ini setelah pihaknya menerima surat keikutsertaan dalam Kongres Nasional III PPWI dari para perwakilannya di negara-negara tersebut. “Berdasarkan surat yang kita terima dari rekan-rekan para Representatives kita, yakni dari Lebanon dan Kesultanan Oman, maka kita dapat memastikan bahwa Kongres Nasional III PPWI akan dihadiri oleh 4 orang delegasi dari dua negara tersebut,” tutur alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu, Minggu, 30 Oktober 2022.

Rekan-rekan dari Lebanon dan Oman ini, lanjut Wilson Lalengke, direncanakan tiba di Jakarta pada tanggal 8 November 2022. “Mereka akan tiba lebih awal dalam rangka berdiskusi dan mengenal lebih dekat tentang organisasi PPWI serta perkembangan jurnalis warga atau citizen journalists di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Panitia Kongres sedang mempersiapkan segala sesuatunya agar acara dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan menghasilkan berbagai keputusan yang diharapkan para delegasi. Panitia mengundang tidak kurang 200 delegasi dari seluruh Indonesia, baik dari kepengurusan DPD maupun DPC serta Simpul Informasi PPWI yang ada. Selain peserta Kongres, Panitia juga mengundang sejumlah peninjau, baik dari internal organisasi maupun dari elemen masyarakat lainnya.

“Kita mengundang rekan-rekan pengurus DPD, DPC dan Simpul dari seluruh Indonesia dengan target 200 delegasi, ditambah sejumlah peninjau,” ungkap Ketua Panitia, Fachrul Razi, Minggu, 30 Oktober 2022.

Sebagaimana diketahui, PPWI merupakan satu-satunya organisasi pers di Indonesia yang mewadahi sekaligus para wartawan dan pewarta warga atau citizen journalist. Organisasi yang didirikan pada 11 November 2007 ini akan memasuki usianya yang ke-15 tahun pada 11 November 2022 mendatang. Sehubungan dengan itu, Kongres Nasional III kali ini dirangkaikan juga dengan peringatan 15 tahun PPWI.

Seluruh kegiatan Kongres dan peringatan HUT PPWI akan dipusatkan di Hotel Sunlake, Danau Sunter, Jakarta Utara. Selain acara Kongres, PPWI juga akan menggelar Konferensi Internasional dengan tema “Peran Citizen Journalists dalam Mewujudkan Dunia yang Aman, Damai, dan Harmonis”. Sejumlah narasumber dalam negeri dan luar negeri dihadirkan dalam konferensi yang akan disiarkan secara live di berbagai platform media sosial, seperti channel youtube, zoom meeting, dan facebook itu.

PPWI juga akan memanfaatkan momentum Kongres Nasional kali ini untuk meluncurkan dua program inovatif anggotanya. Pertama adalah aplikasi PPWI Integrated-media Network. Aplikasi ini akan mengintegrasikan seluruh media-media yang dikelola anggotanya secara independen ke dalam sebuah sistem. Sistem itu memungkinkan untuk menyebarluaskan informasi secara otomatis ke semua media yang terintegrasi dalam aplikasi PPWI Integrated-media Network ini.

Kedua adalah aplikasi Pundi-TV. Pundi-TV merupakan aplikasi cerdas yang memberikan benefit kepada para penonton video di berbagai platform, seperti youtube. Singkatnya setiap penonton youtube akan mendapatkan income atau penghasilan. Motonya: menonton dibayar.

Tidak hanya itu, seperti pada Kongres Nasional II tahun 2017 lalu, PPWI juga mengagendakan penobatan Putri Pewarta Indonesia PPWI Nasional dalam Kongres ke-3 tahun 2022 ini. Putri Pewarta Indonesia PPWI merupakan hasil seleksi internal oleh team Putri Pewarta Indonesia dan Pengurus DPN PPWI. Saat berita ini naik tayang, proses penjaringan calon Putri Pewarta Indonesia masih berlangsung,” jelas Putri Pewarta Indonesia 2015, Kalisa Faikaputri, Minggu, 30 Oktober 2022. (APL/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA