by

Panduan Mutu Laboratorium ISO 17025

KOPI, Jakarta – ISO 17025 adalah standar internasional untuk laboratorium pengujian dan kalibrasi. ISO 17025  adalah seperangkat persyaratan yang digunakan laboratorium untuk menunjukkan bahwa laboratorium mengoperasikan sistem manajemen mutu secara teknis dengan kompetensi yang sesuai untuk melakukan pekerjaan yang mereka lakukan. Panduan mutu 17025 menetapkan standar.

Standar ini diatur dalam lima klausa yakni cakupan, acuan normatif,  ketentuan dan definisi, persyaratan manajemen dan persyaratan teknis. Lalu apa sih sebenarnya fungsi dari ISO 17025 ini? Dan mengapa sebuah lab harus mengikuti standar ISO?

Fungsi ISO untuk Laboratorium

Standar Akreditasi Laboratorium ISO / IEC 17025 digunakan untuk meningkatkan kualitas Laboratorium secara keseluruhan. ISO 17025 memenuhi persyaratan kompetensi teknis dan sistem manajemen yang tinggi sehingga memastikan hasil pengujian dan kalibrasi lab Anda akurat secara konsisten.

Ya, ISO 17025 adalah Akreditasi Laboratorium meningkatkan kualitas dan kinerja laboratorium. Standar ISO khusus ini memastikan bahwa Hasil Uji Anda dikalibrasi dengan benar dan akurat setiap kali dengan menerapkan semua persyaratan teknis dan manajerial.

ISO 17025 adalah standar internasional utama untuk persyaratan umum untuk kompetensi pengujian dan kalibrasi. ISO / IEC 17025: 2017 adalah versi terbaru dari ISO 17025, diperbarui dari tahun 2005.

Di negara-negara besar, ISO / IEC 17025 adalah standar yang harus dimiliki sebagian besar laboratorium untuk akreditasi agar dianggap kompeten secara teknis.

Standar internasional ISO 17025 ini berlaku untuk semua atau laboratorium apa pun tanpa memandang ukuran atau luasnya ruang lingkup praktik pengujian dan kalibrasi. Secara keseluruhan, laboratorium menggunakan ISO / IEC 17025 untuk menerapkan sistem manajemen mutu (SMM), dengan tujuan meningkatkan kemampuan mereka agar konsisten dengan menghasilkan proses yang valid. ISO 17025 juga merupakan dasar untuk akreditasi dari sebuah badan akreditasi.

Nah, karena standar adalah tentang kompetensi, akreditasi hanyalah pengakuan formal dari demonstrasi kompetensi itu. Prasyarat agar lab terakreditasi adalah memiliki SMM yang terdokumentasi. Isi umum dari manual mutu mengikuti garis besar standar ISO / IEC 17025.

Akreditasi Laboratorium digunakan secara global untuk menentukan kompetensi teknis karena ISO 17025 menggunakan kriteria dan prosedur yang secara khusus dikembangkan untuk menentukan kompetensi teknis atau disebut panduan mutu laboratorium ISO 17025.

Staf yang terampil secara profesional (penilai teknis) mengevaluasi secara menyeluruh semua faktor di laboratorium yang dapat memengaruhi hasil tes atau data kalibrasi. Standar ISO ini digunakan oleh badan Akreditasi Laboratorium untuk menilai berbagai faktor yang berkaitan dengan kemampuan laboratorium tertentu untuk menghasilkan data pengujian dan kalibrasi yang akurat.

ISO / IEC 17025 juga mencakup elemen dasar Standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001. Pemeriksaan rutin laboratorium terakreditasi memastikan bahwa lab tetap konsisten. Untuk mengevaluasi kompetensi laboratorium, program mengasah skill juga diadakan.

Perubahan besar dalam ISO / IEC 17025: 2017 meliputi:

  1. Bab tambahan tentang pemikiran berbasis risiko dengan mengurangi pedoman preskriptif standar dan menghasilkan pedoman berbasis kinerja tambahan.
  2. Lebih banyak fleksibilitas mengenai proses, prosedur, informasi yang terdokumentasi, dan tanggung jawab organisasi.
  3. Terminologi diperbarui.
  4. Pembaruan teknologi. Misalnya, standar sekarang mengakui dan menggabungkan penggunaan komputer, catatan elektronik, dan produksi catatan dan laporan elektronik. Pembaruan ini secara signifikan memodernisasi standar.
  5. Ruang lingkup telah diperluas dan sekarang mencakup semua kegiatan laboratorium

Panduan Mutu Laboratorium ISO 17025

Untuk menentukan mutu teknis lab, ISO 17025 digunakan sebagai standar secara global. Semua faktor di laboratorium dievaluasi oleh penilai teknis profesional untuk memastikan bahwa produk, tes atau data kalibrasi sudah sesuai dengan standar. ISO 17025  juga memeriksa faktor-faktor berikut sebagai panduan mutu laboratorium ISO 17025 :

  1. Kompetensi teknis dan kemampuan staf
  2. Validitas metode pengujian dan implementasinya yang tepat
  3. Memenuhi standar nasional untuk kalibrasi dan pengukuran kemampuan penelusuran
  4. Kesesuaian dan kompatibilitas peralatan uji
  5. Lingkungan pengujian yang diterima secara internasional
  6. Pengambilan sampel, penanganan, dan pengangkutan benda uji (produk, alat, dll)
  7. Memastikan kualitas pengujian dan data yang dikalibrasi

Untuk memastikan konsistensi dalam hasil dan kualitas laboratorium ISO 9001. Sistem Manajemen Mutu mulai berlaku untuk membantu ISO / IEC 17025. Jadi, untuk memeriksa apakah laboratorium mengikuti pedoman yang diberikan oleh ISO 17025, pemeriksaan berkala secara teratur akan dilakukan.

 Laboratorium harus berpartisipasi dalam program pengujian kecakapan untuk mengevaluasi dan menunjukkan kompetensi dan konsistensi dalam hasil pengujian. Ruang lingkupnya berarti pernyataan yang jelas tentang segala hal yang dilakukan lab yang ingin diakreditasi.

Laboratorium pengujian akan menetapkan metode spesifik untuk melakukan pengujiannya. Lab kalibrasi akan mencantumkan pengukuran spesifik dan ketidakpastian terkait yang digunakannya dalam pekerjaan kalibrasi. Menentukan ruang lingkup berarti lab dapat mengidentifikasi staf yang terampil dan memberikan kepercayaan diri klien dalam pengujian dan pengukurannya.

Manfaat Laboratorium yang Terakreditasi

Manfaat laboratorium dengan sistem mutu / akreditasi adalah :

  1. Memfasilitasi pelaksanaan dan pemeliharaan suatu sistem kualitas yang efektif
  2. Memberikan kepercayaan kepada pengguna dalam memanfaatkan layanan
  3. Adanya kepercayaan kepada laboratorium untuk hasil yang dikeluarkan
  4. Memberikan pengakuan teknis nasional / internasional kompetensi
  5. Membantu mempertahankan laboratorium sambil menangani masalah hukum
  6. perselisihan yang berkaitan dengan hasil laboratorium
  7. Mengurangi biaya operasi laboratorium dengan mendapatkan hasil yang valid setiap kali melakukan pengujian
  8. Membantu laboratorium sektor swasta untuk menarik lebih banyak bisnis
  9. Memenuhi spesifikasi pembelian atau peraturan
  10. Meningkatkan daya saing dan pangsa pasar.

Jadi bisa disimpulkan secara garis besarnya, bahwa laboratorium yang bagus dan memenuhi kualifikasi adalah laboratorium yang sudah memiliki standar ISO / IEC 17025. Untuk itulah, panduan mutu laboratorium ISO 17025 sangat diperlukan agar bisa menghasilkan  laboratorium yang memenuhi standar.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA