by

Macam-Macam Elbow Pipa

KOPI, Jakarta – Fitting Elbow Pipa merupakan salah satu jenis komponen yang ada di sistem perpipaan dengan bentuk melengkung di bagian sudut (seperti huruf L) yang dapat dimanfaatkan agar pipa menjadi lebih lurus. Elbow bisa disebut juga sebagai pipa sudut. Fitting elbow terbuat dari berbagai macam jenis bahan seperti stainless steel dan carbon steel.

Tak hanya dari bahannya saja, elbow juga mempunyai bentuk dan jenis yang berbagai macam karena disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna. Biasanya kebutuhan elbow disesuaikan juga dengan fungsi unit pipa pada jenis pipa yang di instalasi.

Elbow merupakan fitting yang sangat penting karena pasti dibutuhkan saat pemasangan pipa, tak hanya lokasi yang lurus, pemasangan pipa bisa saja dekat dengan penghalang atau melalui dinding. Karena sudut atau belokan yang dilalui pipa tak selalu sama, maka dibutuhkanlah elbow dengan berbagai macam jenis ukuran dan lengkungan.

Fungsi dari Elbow

Dalam mengaplikasikannya, elbow digunakan sebagai penghubung dari pipa satu ke pipa lainnya. Biasa juga dipasang agar unit pipa lebih aman. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada unit pipa. Fitting elbow dengan bahan stainless atau carbon steel lebih disarankan untuk mendapatkan hasil yang lebih aman.

Fitting elbow pipa juga dapat dipasang dengan cara welded (las) dengan unit pipa supaya pemasangan jadi kuat dan permanen. Proses yang seperti ini biasanya untuk pemasangan alat berat. Pada kendaraan, fitting elbow digunakan pada sistem pembuangan. Fitting elbow yang dipakai terbuat dari baja atau stainless steel.

Macam-macam Elbow

Fitting elbow yang sambungannya berbentuk L punya berbagai macam ukuran. Ada elbow yang memiliki ulir agar mudah untuk menyambungkan antar pipa. Elbow juga dibedakan berdasarkan tingkat derajat belokan, ukurannya menjadi fitting elbow 90 derajat dan elbow 45 derajat.

Elbow 90 derajat biasanya digunakan untuk membelokkan aliran pipa ke arah kanan atau kiri dengan busur 90 derajat. Sedangkan elbow 45 derajat punya fungsi yang sama tapi berbeda lekukan dengan busur 45 derajat.

Demikian informasi di atas, diharapkan pengetahuan mengenai fitting elbow atau sambungan pipa, semoga bermanfaat bagi Anda yang baru memulai mengetahui dunia perminyakan atau mengenai instalasi pipa di perusahaan industri.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA