by

Terkait El Guergarat, Republik Sao Tome dan Principe Dukung Kebijakan Pemerintah Maroko

KOPI, Rabat – Menteri Luar Negeri, Kerja Sama dan Komunitas Republik Demokratik Sao Tome dan Principe (Santomean), Edite Ten Jua, menyatakan dukungannya atas tindakan damai yang dilakukan oleh otoritas Maroko dalam rangka memulihkan pergerakan bebas barang dan orang di El Guergarat antara Maroko dan Mauritania, Jumat (20/11/2020).

Selama pertemuan dengan Menteri Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Maroko di Luar Negeri, Nasser Bourita, menteri Santomean mengutuk blokade yang dilakukan oleh “Polisario” di El Guergarat sejak 21 Oktober, yang tidak menghormati resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa maupun peran publik Afrika. Serikat pekerja yang mendukung proses politik di Maroko juga menyerukan solusi damai.

Dia juga menegaskan kembali posisi teguh negaranya dalam mendukung Maroko di Sahara dan dalam mempertahankan keutuhan wilayah Kerajaan.

Dalam pembicaraan tersebut, kedua menteri menyambut baik dibukanya Konsulat Jenderal Santomean di Laâyoune pada Januari 2020. Pada kesempatan kali ini diumumkan pula tentang pembukaan Resident Embassy di Rabat tahun ini.

Dalam pernyataan persnya, Menteri Santomean juga menyatakan tekad negaranya untuk memperkuat hubungan persahabatan dan kerja sama dengan Maroko, sehingga dapat berkontribusi pada promosi kerja sama Selatan-Selatan.

Dia menyatakan juga bahwa kerja sama dengan Kerajaan Maroko mencakup beberapa bidang terutama pendidikan dan pelatihan di sektor-sektor utama seperti pertanian, perikanan, pariwisata, dan energi terbarukan. Menteri juga menekankan bahwa peta jalan kerja sama bilateral yang ditandatangani setelah pembicaraannya dengan Bourita akan memungkinkan sektor swasta Maroko untuk berpartisipasi dalam pembangunan infra struktur dan proyek lainnya di Sao Tome dan Principe.

Pertemuan ini juga menyinggung isu-isu yang menjadi kepentingan bersama dan menegaskan keinginan untuk memberikan dorongan baru bagi hubungan kedua negara.

Maroko dan Republik Sao Tome dan Principe pada hari Jumat menandatangani roadmap kerjasama untuk periode 2021-2022 meliputi beberapa sektor termasuk pendidikan dan pelatihan, kerjasama teknis, promosi ekonomi dan investasi, selain pertukaran kunjungan resmi. (PERSISMA/Red)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA