by

Paraguay Mendukung Kedaulatan Maroko Atas Wilayah El Guerguerat

Paraguay Flag

KOPI, Asunción – Komite Urusan Luar Negeri Kantor Deputi Paraguay menyambut baik kedaulatan dan tindakan yang diambil oleh Maroko yang membantu memulihkan gerakan sipil dan komersial bebas di pos-perbatasan El Guerguerat. Paraguay juga menyatakan dukungannya untuk rencana otonomi yang diusulkan oleh Kerajaan Maroko atas wilayahnya di bagian selatan itu.

“Kami mendukung kedaulatan dan tindakan yang diambil oleh Kerajaan Maroko untuk memulihkan lalu lintas bebas orang dan barang, dan kami menganggap penting untuk menjamin pergerakan bebas di perbatasan (El Guerguerat – red) itu,” kata Komite Urusan Luar Negeri dalam sebuah surat yang ditandatangani oleh presidennya, Walter Enrique Harms.

Komite juga menegaskan kembali “dukungan penuh untuk inisiatif otonomi Maroko sebagai satu-satunya solusi politik, di bawah kedaulatan Maroko dan integritas teritorialnya,” untuk konflik artifisial atas Sahara Maroko ini.

Walter Harms menegaskan bahwa Komite mengikuti dengan prihatin peristiwa yang terjadi di zona penyangga El Guerguerat, selatan Maroko, yang dipicu oleh kehadiran milisi kelompok bersenjata Polisario, yang menghalangi lalu-lintas dan melakukan tindakan provokasi serta aksi premanisme/bandit di sana.

“Melalui provokasi berbahaya ini, front Polisario berupaya mengubah status zona penyangga ini, mengancam kegiatan komersial dan mengganggu proses politik yang dilakukan di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang secara total melanggar hukum internasional dan menghina himbauan dari Sekretaris Jenderal PBB,” tambah Komite.

Komite meminta semua pihak dalam konflik ini untuk menahan diri dan berhati-hati, untuk menjaga proses politik yang ditengahi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. (PERSISMA/Red)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA