by

Tugas Relationship Officer di Bank yang Mungkin Belum Anda Ketahui

KOPI, Kediri – Di dunia perbankan pengkreditan hingga koperasi sekalipun seringkali terdapat lowongan pekerjaan untuk posisi relationship officer. Relationship officer sendiri merupakan posisi di perusahaan keuangan atau perbankan yang terlibat langsung dalam dunia marketing. Seperti relationship officer BCA.

Selain relationship officer terdapat istilah lain yang sering digunakan oleh perusahaan lain seperti business relationship officer dan credit analyst officer. Walaupun memiliki istilah yang berbeda akan tetapi untuk pengaplikasian sendiri sama dengan relationship officer pada umumnya. Relationship officer pun termasuk ke dalam kategori marketing officer dan salesman officer tergantung dari bisnis perusahaannya serta aktivitas penjualan produknya.

Tugas Relationship Officer

Relationship officer atau RO merupakan perwujudan dari enhance relationship dari nasabah. Relationship officer memiliki peran yang sangat penting sebagai sales dan marketing yang bertugas untuk memberikan solusi perbankan dengan menjaga hubungan baik antara BCA dan nasabah serta menggali potensi yang lebih menguntungkan untuk kedua belah pihak. 

Tugas Utama Relationship Officer

Adapun tugas lain relationship officer yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Melakukan analisa terhadap pasar

Salah satu tugas relationship officer yang tidak kalah penting yakni mencari potensi pasar yang bisa dieksplorasi. Di mana berdasarkan demografis seperti analisis usia, pekerjaan serta pendidikan terhadap segmentasi pasar yang bisa dipasarkan. Hal ini sangat penting agar bank bisa berinovasi dengan membuat produk yang tepat untuk tiap calon nasabahnya.

2. Membantu marketing

Relationship officer dibutuhkan oleh marketing untuk membantu pemasaran. Lebih tepatnya mendukung marketing secara persuasif dan mengutamakan kepentingan konsumen mendapatkan kebutuhannya dari perusahaan.

3. Mengenalkan produk

Bagian relationship officer memperkenalkan publik khususnya target pasarnya terhadap produk layaknya bagian marketing officer.

4. Menguasai risiko analisis bisnis

Kemampuan satu ini sangat dibutuhkan untuk mengurangi risiko complain serta keluhan atas produk perbankan yang dipasarkan.

5. Memenuhi target

Pada dasarnya relationship officer mempunyai target yang harus dicapai seperti perusahaan pada umumnya yang mempunyai program evaluasi pegawai sebagai ujung tombak. Target tersebut tentunya harus dicapai bersama divisi sales dan marketing.

6. Menjaga hubungan baik

Di lain sisi relationship officer mempunyai jabatan sales dan marketing. Meskipun terdapat perusahaan lain yang memisahkan antara kedua posisi atau jabatan tersebut.

Menjadi relationship officer memang sangat diminati oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena relationship officer mempunya peluang karir yang bagus serta lingkungan kerja di perbankan. Terlebih sejatinya relationship officer ini merupakan posisi pekerjaan di perusahaan keuangan yang terlibat secara langsung di dunia marketing. Seperti Relationship officer BCA sendiri mempunyai program relationship officer BCA. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA