Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



    POLLING WARGA
    Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
     

    ACEH TIMUR

    Hari Disabilitas Internasional 2018

    KOPI-Jakarta, Setiap tahun diperingati hari Disabilitas Internasional. Kegiatan ini diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat.

    Pemerintah kali ini mengangkat tema "Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas," sedangkan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa mengambil tema dengan "Memberdayakan penyandang disabilitas dan memastikan inklusivitas dan kesetaraan." Hari Disabilitas Internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan hari disabilitas lahir dari ”Convention On The Rights of Persons With Disability.

    Berdasarkan estimasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada kurang lebih 15 % warga dunia yang menyandang disabilitas. Dan terdapat sekitar 37,5 juta penyandang disabilitas di Indonesia, sehingga secara internasional isu disabilitas ini menjadi isu yang besar di dalam pembangunan masyarakat dunia.

    Bila kita perhatikan bahwa Difabel, disabilitas, atau keterbatasan diri (bahasa Inggris: disability) dapat bersifat fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional, perkembangan atau beberapa kombinasi dari ini. Istilah difabel dan disabilitas sendiri memiliki makna yang agak berlainan. Difabel (different ability—kemampuan berbeda) didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dalam menjalankan aktivitas berbeda bila dibandingkan dengan orang-orang kebanyakan, serta belum tentu diartikan sebagai "cacat" atau disabled.

    Sementara itu, disabilitas (disability) didefinisikan sebagai seseorang yang belum mampu berakomodasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga menyebabkan disabilitas. Penyandang disabilitas memiliki kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama dengan warga negara lainnya. Maka, seluruh kalangan diajak untuk memberi perhatian pada penyandang disabilitas.

    Isu disabilitas merupakan isu multisektoral, oleh karena itu seluruh kalangan agar memberi perhatian khusus pada penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas, baik sebagai penerima manfaat maupun agen perubahan, dapat mempercepat proses menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan serta mempromosikan masyarakat yang tangguh untuk semua, termasuk dalam konteks pengurangan risiko bencana dan aksi kemanusiaan, serta pembangunan perkotaan.

    Di tingkat kota Banda Aceh sendiri banyak hal yang dilakukan untuk menyambut hari Disabilitas Internasional 2018 seperti: Aneka perlombaan, bazar, donor darah, Car Free Day, penghargaan dan diskusi publik.

    Dalam diskusi publik di kota Banda Aceh, Senin 3 Desember 2018 dengan para narasumber: Nasir Djamil Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Irwan Djohan Wakil DPRA, Erlina Marlinda dari EYDC serta dr Mukhrozal Kepala Rumah Sakit Jiwa. Thema utama yang diusung adalah “Menuju Masyarakat Aceh Yang Inklusi dan Bermartabat” dimana memiliki penekanan akan pentingnya pemastian keterlibatan penyandang disabilitas, sebagai salah satu komponen dalam keberagaman, untuk terlibat aktif dalam setiap kesempatan.

    Pada tahun 2016 jumlah disabilitas di Aceh ada 64 ribu, belum termasuk psikososis. Di Banda Aceh ada 570 jiwa disabilitas, yang baru memperoleh pekerjaan yang layak baru 9 orang saja, rata-rata teman disabilitas baru bekerja dengan usaha sendiri atau modal sendiri. Jika bekerja ditempat yang layak namun hanya sebatas cleaning service serta pekerja di bengkel.

    Di tingkat kota Banda Aceh biasanya dalam sebulan sekali para Penyandang disabilitas diundang ke pendopo Walikota Banda Aceh dan diberi kesempatan untuk Azan Shalat Isya dan membaca Alquran sebelum acara zikir bersama dilaksanakan yang dihadiri langsung oleh walikota Banda Aceh Aminullah Usman dan para pejabat lainnya serta masyarakat umum.

    Untuk pasien psikososial setelah mereka sembuh dan dikembalikan ke masyarakat dapat diberdayakan selayaknya masyarakat biasa, baik itu dari dana desa atau lainnya. Saat ini kebijakan-kebijakan mengenai disabilitas dapat diusulkan dalam qanun namun tidak bisa langsung disahkan. Pengesahan qanun sendiri memiliki proses, untuk DPRA satu qanun perlu biaya sebesar satu Milyar. Di tahun 2019 nanti pemerintah akan membentuk KND (Komisi Nasional Disabilitas) sebagai pemantau untuk memastikan qanun disabilitas dilindungi dan tidak didiskriminasi.

    Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak masyarakat untuk tidak mendiskriminasikan disabilitas. "Mereka sama dengan kita dan mereka juga berhak mendapat kesempatan di dalam pembangunan." Ketua DPD Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Aceh, Ifwan Sahara menyampaikan harapannya agar Pemerintah Aceh bisa lebih peka terhadap issue disabilitas seperti lapangan kerja untuk disabilitas, aksessibilitas yang ramah disabilitas, Pendidikan dan kesehatan serta transportasi dan sarana pedukung seperti Halte yang bisa dipakai untuk kaum Disabilitas.

    Perayaan Hari Disabilitas Internasional 2018 Aceh disponsori LSM Forum Bangun Aceh (FBA) Bekerjasama dengan Organisasi-organisasi Penyandang Disabilitas & organisasi lintas komunitas, bertujuan untuk mengadvokasi kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan yang inklusi di Aceh.

    Hari Disabilitas Internasional 2018. Tak ada manusia yang sempurna, setiap kelebihan pasti ada kekurangan dan setiap kekurangan pasti ada kelebihan, Tetap Semangat Kawan! Rachmad Yuliadi Nasir (WA:0888.7211.300)

     

    Kapolres Aceh Timur Sidak Lapas Kelas II Idi

    KOPI, Aceh Timur - Sidak pemeriksaan yang dilakukan oleh Polres Aceh Timur terhadap penghuni Lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan petugas Lapas kelas II…

    Baca selengkapnya...

     

    PPWI Aceh Prihatin Penanganan Kasus Korban Pelecehan Seksual Anak Mantan GAM

    KOPI, ACEH TIMUR - Aksi pelecehan seksual yang menimpa seorang bocah perempuan yang masih duduk di bangku kelas 4 (empat) sekolah dasar, warga Desa Ke…
     

    FPRM : Keponakan Kadis Pertanian dan Hortikultura Atim Belum Pantas Menjadi Mantri Tani

    KOPI, Aceh Timur - Para kelompok tani (poktan) di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, baru saja lepas dari berbagai perilaku pembodohan yang …

    Baca selengkapnya...

     

    Peringatan HMPI dan BMN Tahun 2015 di Aceh Timur "Berjalan Meriah"

    KOPI, Aceh Timur - Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Timur, Iskandar SH, mengajak seluruh pelajar dan masyarakat agar menanam pohon sebagai w…

    Baca selengkapnya...

     

    Satuan Narkoba Polres Aceh Timur Meringkus Empat Pengedar Sabu

    KOPI, ACEH TIMUR - Andri Saputra (22) warga Desa Gampong Tanjong, Kecamatan Idi Rayuek, Aceh Timur, dibekuk polisi saat melakukan transaksi narkoba j…

    Baca selengkapnya...

     

    Kapolres Aceh Timur Pimpin Apel Satgas Penanggulangan Bencana

    KOPI,ACEH TIMUR - Sekitar 250 personil yang terdiri dari Anggota Polisi, TNI, SAR, PMI, Tagana, RS. dr. Zubir Mahmud dan BPBD Kabupaten Aceh Timur ser…

    Baca selengkapnya...

     

    Polisi Kembali Terlibat Kontak Senjata dengan Kelompok Bersenjata

    KOPI, ACEH TIMUR - Tim Gabungan dari Polres Aceh Timur bersama Polres Aceh Utara terlibat baku tembak dengan kelompok bersenjata Din Minimi, di Gampo…

    Baca selengkapnya...

     

    FPRM : Mantan Kadisperindagkop Harus Berani Bongkar Kasus Mark Up Lahan Asiong

    KOPI, ACEH TIMUR - Munculnya pemberitaan di beberapa media massa terkait adanya dugaan bahwa isteri Bupati Aceh Tamiang "turut" menerima aliran dana d…

    Baca selengkapnya...

     

    Pemkab Aceh Timur Diminta Tertibkan Ekploitasi Minyak Illegal

    KOPI, LANGSA - Pemerintah Aceh Timur diminta untuk segera menertibkan maraknya ekploitasi minyak mentah secara illegal atau tidak mengantongi izin dar…
     

    Eksekutif Serahkan KUA-PPAS 2014 Ke Legislatif

    KOPI, Aceh Timur - Legislatif yang diwakili Sekda Aceh Timur M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP menyerahkan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran - Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA – PPAS) APBK Tahun Anggaran 2014 ke legislatif yang diterima oleh Ketua DPRK Aceh Timur Tgk. Alauddin, SE.

    Dalam laporannya, Sekda Aceh Timur menyampaikan, KUA – PPAS 2014 merupakan implementasi dari rencana kerja pemerintah Kabupaten tahun 2014 dengan sumber penganggaran dari dana APBK Aceh Timur tahun anggaran 2014 yang dipergunakan sebagai dalam penyusunan plafond an prioritas anggaran sementara serta rancangan anggaran pendapatan dan belanja kabupaten Aceh Timur tahun 2014 yang merupakan bagian dari upaya percapaian misi pemerintah Kabupaten Aceh Timur sebagaimana yang tercantum dalam RPJM periode 2012-2017.

    Baca selengkapnya...

     

    PNS Aceh Timur Dilarang Tambah Libur Idhul Adha

    KOPI, Aceh Timur - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS), tenaga kontrak dan tenaga bakti dalam jajaran Pemkab Aceh Timur tidak menambah libur Idul Adha 1434 hijriyah. Apalagi, lebaran ketiga Idul Adha 1434 hijriyah Apel Kesadaran Nasional (AKN).

    Baca selengkapnya...

     

    Wow, Iwan Sang Pelukis Tampil di Anjungan Aceh Timur

    KOPI, Banda Aceh - Sebagai putra Aceh Timur, Iwan terpanggil untuk ikut berpartisipasi memeriahkan anjungan kabupatennya dengan menampilkan keahliaannya sebagai pelukis yang telah membuat dirinya sampai ke luar negeri dan nusantara, melalui bakatnya itu dia mampu menghipnotis pengunjung yang memadati lokasi Pekan Kebudayaan Aceh untuk merapat ke halaman panggung disebelah anjungan Kabupaten Aceh Timur guna menyaksikan penampilannya, Kamis (26/9) malam.

    Baca selengkapnya...

     

    Kesal Jalan Berdebu, Warga Peureulak Blokir Jalan Medan - Banda Aceh

    KOPI, Aceh Timur - Masyarakat tiga desa kemukiman Alue Lhok, Kecamatan Peureulak Timur, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (22/9), melakukan aksi pemblokiran jalan Medan-Banda Aceh tepatnya sepanjang desa Alue Bugeng, Sineubok Punti dan Sineubok Teungoh akibat pembangunan jalan negara yang terbengkalai.

    Baca selengkapnya...

     

    Besok Dirjen Transmigrasi RI, Hadir di Lokasi KTM Kabupaten Aceh Timur

    KOPI, Aceh Timur - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Muhaimin Iskandar diwakili Dirjen Transmigrasi, Jamaluddien Malik rencananya besok, Senin (23/9), akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan 200 unit rumah di lokasi Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Kabupaten Aceh Timur

    Baca selengkapnya...

     

    Sekda Aceh Timur : Pemimpin Itu Yang Peka !

    KOPI, Aceh Timur - Seorang pemimpin atau pimpinan harus peka segala situasi dan mampu memberikan waktunya dalam memanage organisasi serta staf yang…
     

    Wabup Kecewa, Aset Pemkab Aceh Timur Banyak Dimanfaatkan Pemko Langsa

    KOPI, Aceh Timur - Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Syama'un, Senin (25/2) memimpin langsung peninjauan aset-aset milik Pemerintah Kabupaten Aceh Timur…

    Baca selengkapnya...

     

    Sekda Aceh Timur: Keberhasilan Pemerintah Daerah, Ada Peran Pers!

    KOPI, Aceh Timur - Guna meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dan pers, serta dalam rangka temu tamah Sekretaris …

    Baca selengkapnya...

     

    Tenaga Honorer, Kontrak dan Bakti Aceh Timur Akan Ditinjau Ulang

    KOPI, Aceh Timur - Dalam rangka mewujudkan pegawai yang berkualitas, berdaya guna dan berhasil guna, perlu dilakukan peninjauan kembali (verfikasi) terhadap pegawai-pegawai honorer, kontrak dan bakti yang terdapat pada beberapa Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Timur.

    Menindak lanjuti hal dimaksud Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menggelar Rapat Validasi Tenaga Honorer, Kontrak dan Bakti di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah setempat, Kamis (14/2).

    Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur, Drs. Bahrumsyah, MM, bertidak sebagai pimpinan rapat menegaskan, agar data tenaga honorer, kontrak dan bakti ini jangan ada yang di tutup-tutupi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

    "Kami minta kepada seluruh Kepala Satuan Kerja di Pemerintah Kabupaten Aceh Timur agar jangan ada yang memanipulasi data tenaga honor, kontrak dan bakti yang berada di bawah naungan instansi saudara-saudara, apabila tidak bekerja laporkan tidak bekerja jangan disembunyikan, karena nantinya saudara yang akan mempertanggung jawabkan data ini,” tegasnya.

    Tenaga Honorer yang telah masuk dalam Katagori I dan II tidak termasuk dalam pendataan verfikasi dan validasi yang akan dilakukan, dikarenakan telah masuk dalam data Badan Kepegawaian Negara.

    Sekda menambahkan pendataan ini perlu dilakukan guna untuk mengetahui mana yang benar-benar melaksanakan dan menjalankan tugas.

    "Memang pendataan ini terasa kejam, namun sebenarnya merekalah yang kejam kepada kita karena telah diberi gaji namun mereka tidak pernah masuk kerja,” tambah Sekda.

    Sementara itu Sekda menanggapi isu yang beredar bahwa dengan pendataan ini akan dilakukan pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil, menurutnya hal itu tidak benar adanya namun sebaliknya bagi mereka yang tidak masuk kerja dan melaksanakan tugas akan diberhentikan, hal ini mengingat volume tenaga kerja di Pemkab Aceh Timur telah berlebih dari yang  dibutuhkan sehingga menambah pengeluaran APBK Aceh Timur.

    Pada kesempatan tersebut seluruh SKPK dalam Kabupaten Aceh Timur menyerahkan data tenaga honorer, kontrak dan bakti untuk diserahkan pada Tim Verfikasi Pegawai Kontrak yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Bupati Aceh Timur Nomor: 800/55/2013 yang diketuai oleh Sekretaris Daerah. Sekda memberikan tenggang waktu seminggu untuk perbaikan data yang telah diserahkan.

    Hadir dalam kesempatan itu Asisten Pemerintahan, Asisten Administrasi Umum, Kepala BKPP, Inspektur, Kepala Dinas, Badan, Kantor dan para Camat dalam Kabupaten Aceh Timur.

     

     

    SekdaAceh Timur Ajak Masyarakat Sungai RayaTingkatkan Kebersihan Dan Tata Ruang Kecamatan

    KOPI, Aceh Timur - Kebersihan dan kerapian tata ruang Ibu Kota Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur terutama yang berada di lintas jalan Sumatera, Medan–Banda Aceh merupakan cerminan dari Kabupaten Aceh Timur, hal ini pernah dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten setempat pada saat rapat dengan jajaran Instansi dalam Pemerintah tersebut. Untuk menindak lanjuti apa yang pernah disampaikan itu, Sekdakab Aceh Timur, Drs. Bahrumsyah, MM, saat mengunjungi Kecamatan Sungai Raya, Kamis (14/2).

    Kunjungan beliau diawali ke Kantor Camat Sungai Raya guna bertatap muka dengan Muspika, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan jajaran Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Kecamatan tersebut. Dalam kesempatan itu Sekda mengatakan bahwa kita harus bersama-sama membangun Aceh Timur.

    "Untuk membangun Aceh Timur diperlukan kerja keras, mengingat anggaran daerah kita belum memadai untuk memenuhi tuntutan masyarakat maka dari itu diperlukan kerjasama antara Pemerintah Daerah dan masyarakat,” ucapnya.

    Dalam kesempatan tersebut juga diadakan sesi tanya jawab antara Jajaran Pemerintah Daerah dengan masyarakat di Kecamatan itu, menyangkut dengan kebersihan dan tata kota kecamatan yang terkesan semrawut.

    Dimana pihak kecamatan, melalui camatnya Drs. M. Nasir M. Nur, merencanakan pemindahan lokasi peukan yang dgelar setiap hari minggu, dan juga meminta agar tenaga kebersihan diberdayakan dari masyarakat kecamatan itu.

    Sementara salah tokoh masyarakat yang hadir meminta agar peukan tidak dipindah lokasi namun cukup digeser lebih kedalam dari lokasi selama ini, pasar ikan perlu direlokasi, adanya upaya pengaturan tata ruang kota dan ketertiban pedagang, masalah batas kecamatan, pembersihan sungai sepanjang 2 KM, dan pembuatan jalan di TK Putra Labuhan Keude.

    Menyahuti aspirasi masyarakat Kecamatan Sungai Raya, Sekda berupaya memberikan bantuan semaksimal mungkin dengan melibatkan dinas-dinas terkait yang nantinya akan melaksanakan program kerja tersebut, selain itu juga beliau meminta camat untuk mengadakan rapat dengan unsur-unsur terkait dan memberikan waktu seminggu untuk mendapatkan hasil dari rapat tersebut.

    Selanjutnya Sekda beserta rombongan diantaranya, Asisten Pemerintahan, Kepala Badan Kebersihan, Lingkungan Hidup dan Pemadam Kebakaran, Kasat Pol PP dan WH, Kepala KP2T, Kabag Perekonomian, Kabag Hukum dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Timur menuju Kota Kecamatan Sungai Raya dan dilanjutkan menghadiri Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Mesjid Baitul Muttaqin, Gampong Bayeun Kecamatan Rantau Selamat.p

     

    Api Lalap Tiga Ruko Di Idi Cut

    KOPI, Aceh Timur - Diduga korsleting, empat buah ruko berkonstruksi kayu hangus terbakar, Kamis (02/2) dini hari, di kompleks pasar rakyat Kecamatan D…
     

    Sekda Aceh Timur Motivasi Siswa/i SMA Negeri 1 Idi Rayeuk

    KOPI, Aceh Timur - Kegagalan itu pasti akan terjadi dan akan terus berulang, untuk itu diperlukan keseriusan dalam menuntut ilmu serta menjadikan kegagalan sebagai pelajaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur, Drs. Bahrumsyah, MM, pada saat bertindak sebagai Pembina Upacara Bendera yang dilakukan setiap hari Senin di seluruh sekolah termasuk di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 (satu) Idi, Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur, Senin (4/2) pagi.

    Kedatangan Sekda ke SMA tersebut disambut oleh Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Idi, Saiful Basri, M.Pd dan para pengajar. Kunjungan beliau ke sekolah itu juga merupakan napak tilas tiga puluh tiga tahun lalu dimana di tempat tersebut beliau pernah menuntut ilmu dan menggoreskan sesuatu bersama rekan-rekan untuk memberikan yang terbaik bagi sekolah itu.

    Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur dalam kesempatannya memotivasi siswa/i sekolah itu dengan mengatakan, bahwa kesempatan tidak akan datang dua kali dari itu manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan yang datang.

    "Kesempatan tidak akan datang dua kali dari itu kita harus mempunyai persiapan yang matang untuk meraihnya, jangan nanti pada akhirnya menimbulkan penyesalan bagi kita karena tidak mampu meraih kesempatan yang ada dikarenakan minimnya persiapan yang kita lakukan,” ujarnya.

    Beliau juga berpesan kepada siswa/i di SMA tersebut bahwa ilmu lebih penting dari harta, apabila ilmu yang telah diperoleh terus diasah maka akan bertambah dengan sendirinya, sementara harta apabila dipergunakan secara terus menerus maka dengan sendirinya akan habis.

    "Ilmu akan menjaga diri kita, sementara harta kita yang akan menjaganya, dari itu kepada anak-anak kami sekalian asah terus ilmu kalian dengan banyak belajar dan membaca, karena rasulullah kita juga diperintah untuk membaca sebagaimana tercermin saat beliau menerima wahyu pertama,” pesan Drs. Bahrumsyah, MM.

     

     

    Ini, 10 Poin Seruan Bupati Aceh Timur

    KOPI, Aceh Timur - Jajaran Muspida/Muspida Plus Kabupaten Aceh Timur mengeluarkan himbauan/seruan bersama hasil Musyawarah Ulama se-Kabupaten Aceh Timur, tanggal 20 September 2012 lalu yang intinya berisi 10 seruan/himbauan penting untuk masyarakat daerah ini terkait penegakan syariat Islam secara kaffah di daerah ini.

    Seruan/himbauan bersama ini juga telah disebarluaskan dan disosialisasikan kepada seluruh khalayak masyarakat di 24 kecamatan di wilayah ini dalam bentuk selebaran dan juga melalui masing-masing pimpinan kecamatan, gampong dan lainnya.

    Seruan bersama tersebut disampaikan Bupati Aceh Timur Hasballah Bin M. Thaib melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Syamsul Qamal yang turut didampingi Kasubbag Humas ,Eddyanto SST, Kamis (31/01), di pendopo Idi Rayeuk.

    Adapun 10 poin tersebut adalah, pertama setiap orang yang berada diwilayah hukum Aceh Timur yang sudah mukallaf (baligh) wajib menutup aurat yang tidak menampakkan bentuk tubuh, dalam setiap kegiatan publik atau diluar rumah. Kedua, kepada distributor (pedagang) bahan pakaian tidak menyediakan pakaian pakaian yang dapat merusak aurat dan tidak sesuai dengan syariat Islam.

    Ketiga, di dalam wilayah hukum Aceh Timur tidak dibenarkan melakukan praktek pernikahan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Poin ke empat, setiap calon pasangan suami isteri tidak melakukan pernikahan diluar qadhi nikah yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kelima, wisata yang dibolehkan di Aceh Timur adalah mengunjungi tempat tempat situs bersejarah seperti mengunjungi makam Sultan Alaidinsyah dll.

    Poin ke enam, wisata alam belum dapat dibolehkan karena belum ada yang sanggup menjamin tidak terjadinya kemaksiatan ditempat tersebut. Poin ketujuh ,kesenian dan permainan yang dibolehkan yang tidak bertentangan dengan syariat islam,poin ke delapan setiap anak usia sekolah tidak dibenarkan berkeliaran pada saat jam belajar siang maupun malam hari.

    Poin ke sembilan, setiap siswa SMP/SMU sederajat wajib melaksanakan shalat Jum'at di masjid-masjid terdekat dan poin kesepuluh yaitu setiap adzan berkumandang dari mesjid-mesjid dan meunasah-meunasah diwajibkan kepada masyarakat untuk menghentikan segala kegiatan dan menghadiri shalat berjamaah.

    Seruan bersama ini ditandatangani Muspida/Muspida Plus Aceh Timur masing-masing Bupati Aceh Timur Hasballah Bin M. Thaib, Ketua DPRK Tgk. Alauddin, Ketua MPU Tgk. H. Bukhari Hasan, Dandim 0104/AT Letkol Inf. Mohammad Hasan, Kapolres Aceh Timur AKBP Muhajir SIK, MH, Kajari Hasanuddin Us, SH, Ketua PN Idi Dahlan, SH, MH, tokoh ulama Tgk. H. Ibrahim Bardan dan Tgk. H. M. Ali Abdul Muthalib Pimpinan Dayah Bustanul Huda Julok.

     

     

    Pemkab Dan Dinas Pendidikan Aceh Timur Komitmen Tingkatkan Mutu PAUD

    KOPI, Aceh Timur - Pemkab Aceh Timur dan Dinas Pendidikan serta elemen terkait lainnya terus berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan PAUD, baik dari…
     

    DPRK Sahkan APBK 2013 Aceh Timur

    KOPI, Aceh Timur - DPRK Kabupaten Aceh Timur akhirnya menyetujui R-APBK Aceh Timur TA 2013 menjadi APBK Kabupaten Aceh Timur Tahun 2013 senilai Rp 881.194.929.597,90- dalam Rapat Paripurna Dewan, Senin (21/1) di Ruang Sidang A DPRK Aceh Timur di Idi. Rapat Paripurna ini dipimpin Ketua DPRK, Tgk. Alauddin serta dua pimpinan DPRK lainnya dan pihak eksekutif, Bupati Aceh Timur diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bahrumsyah, MM.

    Baca selengkapnya...

     

    Bupati Rocky Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

    KOPI, Aceh Timur - Ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Aceh Timur dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dan instansi, Kamis (17/1) pagi mengikuti upacara/apel Peringatan Hari Kesadaran Nasional Kabupaten Aceh Timur yang dipusatkan di halaman Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur Titi Baro, Idi.

    Dalam kesempatan tersebut bertindak sebagai pembina upacara adalah Bupati Aceh Timur Hasballah M. Thaib.

    Dalam amanatnya, bupati mengharapkan agar momentum peringatan Hari Kesadaran Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 dalam setiap bulannya diharapkan menjadi tonggak sejarah bagi penegakan disiplin aparatur pemerintahan di lingkungan Pemkab Aceh Timur.

    "Aceh Timur saat ini butuh pemikiran dan dharma bakti serta kerja keras kita semua terutama aparatur pemerintahannya dalam membangun daerah ini serta mengejar berbagai ketertinggalan kita selama hijrah dari Kota Langsa," tegas Bupati Hasballah M. Thaib.

    Jadi dengan momentum apel hari Kesadaran Nasional ini diharapkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat juga akan semakin baik dan cepat. Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pejabat dan PNS daerah ini yang telah menunjukkan komitmen kuatnya untuk bersama-sama membangun Aceh Timur tercinta ini.

    "Kita berharap dengan kerja keras dan kekompakan kita semua, Kabupaten Aceh Timur akan menjadi kabupaten terbaik dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Aceh," ujarnya.

    Hadir dalam apel Hari Kesadaran Nasional ini diantaranya Sekda Aceh Timur Bahrumsyah, MM, Para Asisten, Kepala SKPK, Kabag, Camat dan seluruh PNS dearah ini.

     

     
    Artikel Lainnya...

    PK Diajukan Tiga Kali Di Kasus Yang Sama, MA Tabrak Aturan?
    Rabu, 23 Januari 2019

      Foto: (ki-ka) Danny Siagian, Manahan Sihombing, Mangalaban Silaban, Sugiono KOPI, JAKARTA - Menurut pasal 66 ayat 1 UU No. 14 Tahun 1985 menyebutkan, permohonan Peninjauan Kembali (PK), diajukan hanya satu kali. Namun kenapa dalam kasus tanah Grant Sultan Deli, Medan milik ahli waris Datuk Muhamad Cheer (Dt. M. Cheer) di Mahkamah Agung (MA) bisa hingga 3 (tiga) kali? “Kenapa PK bisa sampai 3 (tiga) kali untuk kasus yang sama di... Baca selengkapnya...

    Luhut ke Riau : Kesibukan Presiden Jokowi, Saya Mewakili Membagikan Sertifikat Prona ke Masyarakat
    Kamis, 17 Januari 2019

    KOPI, Jakarta- Kunjungan kerja (Kunker) Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan ke Propinsi Riau, (Rabu 16 Januari 2019) dalam rangka tugas negara. Agendanya yaitu Kunjunga kerja ke Kawasan Industri Tenayan (KIT) kota Pekanbaru serta mewakili Presiden Joko Widodo membagikan 1500 sertifikat tanah Prona Gratis kepada masyarakat . Ribuan orang masyarakat Riau memadati Gelanggang Olahraga Remaja... Baca selengkapnya...

    IKUTILAH..!! Kappija-21 Selenggarakan Essay Contess 2018-2019
    Kamis, 10 Januari 2019

    KOPI, Jakarta – Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia-Jepang Abad 21 (Kappija-21) sedang menyelenggarakan lomba menulis atau Essay Contess 2018-2019. Kegiatan ini ditaja dalam rangka memeriahkan 60 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang tahun 2018 yang baru saja berlalu.   Tujuan utama lomba menulis terkait Indonesia dan Jepang tersebut adalah untuk menumbuhkan minat baca, minat mengetahui, dan minat menambah... Baca selengkapnya...

    LL Dikti Wilayah III Sebut PDPT Universitas Mpu Tantular Bagus di Acara Wisuda
    Senin, 31 Desember 2018

    Foto: Senat Universitas Mpu Tantular dalam acara pelantikan wisudawan-wisudawati KOPI, JAKARTA Di acara Wisuda Universitas Mpu Tantular (UMT) Tahun Akademik (TA) 2018/2019, yang dilangsungkan di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, pejabat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah III (dulu Kopertis-red) sebut laporan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) UMT, sudah beres dan bagus. “Yang kami ketahui, bahwa laporan PDPT... Baca selengkapnya...

    Adakah Kejahatan Hukum Ketua MA di Kasus Tanah Grant Sultan?
    Senin, 24 Desember 2018

    Foto: Saat persidangan pihak Ahli Waris menuntut PT Taman Malibu Indah di PN Medan KOPI,JAKARTA Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah Pengadilan Negara Tertinggi dalam tingkat kasasi, dari seluruh putusan pengadilan sebelumnya, yang secara otomatis menjadi pamungkas dari segala putusan hukum di Negara ini. Sementara hukum yang katanya menjadi panglima untuk menyelesaikan permasalahan hukum, menjadi koridor yang digunakan untuk... Baca selengkapnya...

    Pengamat : Usai Prabowo Pidato Sibuk Timsesnya Klarifikasi, Tentang Indonesia akan Punah
    Jumat, 21 Desember 2018

    KOPI, Jakarta - Ditempat kerjanya, Kangmas Sutisyoso mengatakan “ Salut saya kepada ketua umum (Ketum) Partai Gerindra juga Calon Presiden (Capres) tersebut. Berpidato tanpa teks, saking bersemangatnya berpidato Pancasila sila ke empat tak hapal . Isi pidato selalu merendahkan martabat anak negeri. Seperti Ojol (Ojek Online), Wajah Boyolali. Kelamaan Prabowo berpidato ini akibatnya isi pidatonya yang menghebohkan, Capres ini mengatakan... Baca selengkapnya...

    Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Tips Aman Menggunakan PayLater Traveloka
    Rabu, 19 Desember 2018

    KOPI, Jakarta - Apakah kamu salah satu pengguna PayLater? Fasilitas Traveloka PayLater tengah populer dan disukai banyak orang. PayLater sangat membantu ketika kamu hendak melakukan perjalanan mendadak namun tabungan belum mencukupi untuk membiayai perjalanan tersebut. Dengan aplikasi kredit tanpa kartu kredit Traveloka PayLater, kamu bisa mencicil biaya perjalanan mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan dengan bunga cicilan yang cukup ringan. Namun... Baca selengkapnya...

    INTERNASIONALDi Perkantoran Negara Yordania, Bendera .....
    21/01/2019 | Didi Rinaldo

    KOPI, Yordania – Dilansir dari Koran Haaretz, Sabtu (5 Januari 2019) Perkantoran di negara Yordania jadikan Bendera Israel sebagai keset dan ditemp [ ... ]



    NASIONALLembaga Pendidikan Sukarno Pressindo Tel.....
    25/12/2018 | Sukarno

    KOPI - LPSP resmi menyandang nama panjang Perkumpulan Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP) setelah mendapatkan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi M [ ... ]



    DAERAHPenanganan Pemerintah Terhadap Longsor d.....
    18/01/2019 | Feri Ndraha

    KOPI, Parapat - Setelah 1 bulan kejadian berulang tertimbunnya jembatan si22 Parapat dari material longsor di perbukitan Desa Sualan Bangun Dolok samp [ ... ]



    PENDIDIKANDua Siswa PPWI-Gambatte Septian serta .....
    27/01/2019 | Didi Rinaldo

    KOPI, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker) bekerjasama dengan International Manpower Development of Japan (IM Japan) s [ ... ]



    EKONOMIRefleksi Awal tahun 2019 Bea Cukai Aceh.....
    16/01/2019 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta, Memasuki awal tahun 2019 maka Bea Cukai Aceh memandang perlu memaparkan hal-hal yang terjadi belakangan ini. Dalam acara Bincang San [ ... ]



    HANKAMMenjelang Pemilu Serentak April 2019 , P.....
    27/01/2019 | Didi Rinaldo

    KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono mengatakan “ Hiruk pikuk Pemilu serentak pada 17 April 2019 memilih Anggota DPR Pusat/RI, DPR [ ... ]



    OLAHRAGAIPSI Banda Aceh Target 4 Mendali Emas.....
    09/11/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta,Banyak olahraga yang digemari oleh setiap orang. Salah satunya adalah cabang olahraga pencak silat. Wadah yang menaunggi pencak silat [ ... ]



    PARIWISATALake Toba Chinese new year 2019 di Parap.....
    02/02/2019 | Feri Ndraha

    *Press Release* *Lake Toba Chinese New Year Splendor 2019* Parapat, 6-9 Februari 2019 Tahun baru Imlek merupakan perayaan penting untuk orang [ ... ]



    HUKUM & KRIMINALRefleksi Akhir Tahun 2018 Ombudsman Aceh.....
    24/01/2019 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta, Memasuki bulan Januari 2019 maka Ombudsman Aceh memandang perlu menyampaikan kinerjanya selama tahun 2018. Refleksi Akhir Tahun 2018 [ ... ]



    POLITIKCaleg DPR RI Idris Laena : Taja Nonton B.....
    19/01/2019 | Didi Rinaldo

    KOPI, Pekanbaru - Idris Laena Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Propinsi Riau untuk Pasangan Calon Presiden (Capres)  dan calon wakil Presiden  (Cawap [ ... ]



    OPINIRamalan Satria Pinitil : Pilpres Indones.....
    08/01/2019 | Didi Rinaldo

    KOPI, Jakarta – Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia hampir sama/mirip dengan Pilpres negara Amerika Serikat. Orang menjawarakan mengembor-gembo [ ... ]



    PROFILKompol Arvin Haryadi Jabat Kapolsek Si.....
    25/10/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Siak Hulu - Pisah sambut Kapolsek Siak Hulu dari Kompol Dedi Suryadi kepada Kompol Arvin Haryadi, S.ik, SH bertempat di Mapolsek Siak Hulu, keca [ ... ]



    SOSIAL & BUDAYAPlt Bupati Kampar Catur Sugeng Hadiri Pe.....
    21/01/2019 | Didi Rinaldo

    KOPI, Sei Kijang Tapung Hilir - Rasa senang dan bahagia berada di tengah orang tua kami, Ninik mamak dan para pemangku adat yang ada di Kenagarian Tap [ ... ]



    ROHANITerlantarkan Jemaah, Kemenag Cabut Izin.....
    05/01/2019 | Didi Rinaldo

    KOPI, Arabsaudi - Pemerintah melalui Kementerian Agama, langsung merespons cepat keluhan dua puluh lima orang jamaah umroh yang ditelantarkan Penyel [ ... ]



    RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
    05/01/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



    CERPEN & CERBUNGSuami Genjot Becak, Istri Malah Kena Gen.....
    08/10/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI - Memang tak ada undang-undang yang melarang tukang becak beristri cantik, karena semua itu tergantung rejeki dan kelihaian lobi masing-masing. M [ ... ]



    PUISIMenatap Rasa.....
    07/06/2017 | Mas Ade

    Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



    CURAHAN HATIWaspada !.. Modus Penipuan Wajah Palsu, .....
    28/11/2018 | Didi Rinaldo

      KOPI, Pekanbaru - Beraneka macam modus penipuan muncul era digitalisasi ini. Sasaran utama adalah oknum orang yang  melek/tak bisa memakai inter [ ... ]



    SERBA-SERBIRenungan 14 Tahun Tsunami Aceh.....
    16/01/2019 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta, Tidak terasa sekarang telah memasuki waktu 14 tahun terjadinya gempa bumi dan tsunami Aceh. Peristiwa hebat itu terjadi pada 26 Desember [ ... ]



    Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.