by

Hammouchi Bertemu Pejabat Keamanan Perancis Membahas Kerjasama Keamanan Bilateral

KOPI, Rabat – Atas undangan resmi pejabat dinas keamanan Prancis, Direktur Jenderal Keamanan Nasional dan Pengawasan Teritorial Kerajaan Maroko, Mr. Abdellatif Hammouchi, melakukan kunjungan kerja ke Perancis, Rabu, 26 Juni 2024 lalu. Agenda utama Hammouchi ke Perancis itu adalah mengadakan pembicaraan dengan rekan-rekannya di Kepolisian Nasional, Keamanan Dalam Negeri dan Keamanan Eksternal di Perancis.

“Dalam pembicaraan tersebut, mereka membahas mekanisme untuk memperkuat kerja sama bilateral di berbagai bidang keamanan yang menjadi kepentingan bersama.” Demikian dikatakan dalam sebuah pernyataan resmi pejabat di Direktorat Jenderal Keamanan Nasional dan Pengawasan Teritorial Maroko.

Sebagai bagian dari kunjungan ini, Direktur Jenderal Hammouchi mengadakan serangkaian pertemuan dan pembicaraan dengan Direktur Jenderal Keamanan Dalam Negeri, Céline BERTHON, dan Direktur Jenderal Keamanan Eksternal Perancis, Nicolas LERNER.

Pembicaraan tersebut membahas strategi memperkuat kerja sama bilateral dalam memerangi terorisme dan kejahatan terorganisir. Juga, dibicarakan tentang peningkatkan koordinasi dan pertukaran data intelijen dan operasional mengenai berbagai ancaman yang ditimbulkan oleh organisasi ekstremis dan jaringan kejahatan transnasional.

Dalam pembicaraan tersebut, Direktur Jenderal Keamanan Nasional dan Pengawasan Teritorial didampingi oleh delegasi keamanan penting yang mewakili Direktorat Jenderal Pengawasan Teritorial Maroko.

Selain dengan kedua pejabat Perancis di bidang keamanan tersebut, Hammouchi juga bertemu Direktur Jenderal Kepolisian Nasional Prancis, Fréderic VEAUX, dan berdiskusi intensif dengannya.

Pertemuan yang dihadiri oleh delegasi penting dari Direktorat Jenderal Keamanan Nasional ini mengkaji mekanisme kerja sama dan koordinasi tingkat lanjut antara kedua belah pihak di berbagai bidang keamanan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan mekanisme proaktif untuk penilaian risiko dan pertukaran data. di sela-sela aksi bersama dalam mengamankan Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris, kata pernyataan itu.

Sebagai penghormatan atas kerja sama Maroko-Prancis yang patut dicontoh di berbagai bidang keamanan, Direktur Jenderal Keamanan Nasional dan Pengawasan Teritorial dianugerahi Medali Emas Kehormatan oleh Kepolisian Nasional Perancis, sebagai pengakuan atas upayanya dalam mengkonsolidasikan dan mengembangkan kerja sama keamanan bersama.

Kunjungan tersebut memberikan kesempatan bagi pihak Perancis dan Maroko untuk membahas cara-cara untuk lebih memperkuat kerja sama bilateral di berbagai bidang untuk memerangi kejahatan transnasional, khususnya penyelundupan obat-obatan narkotika dan psikotropika, jaringan migrasi ilegal dan perdagangan manusia, serta mekanisme praktis untuk mengatasi hal tersebut. kerja sama dalam penerapan langkah-langkah dan operasi keamanan bersama.

Kunjungan tersebut membuktikan pentingnya meningkatkan kerja sama keamanan bilateral antara Maroko dan Prancis, yang memiliki banyak program aksi dan koordinasi bilateral dan menghadapi tantangan keamanan yang sama, sumber yang sama menambahkan.

Hal ini juga merupakan bagian dari keterlibatan Direktorat Jenderal Keamanan Nasional dan Direktorat Jenderal Pengawasan Wilayah Nasional dalam kerja sama keamanan internasional untuk memastikan kontribusi yang efektif dalam memerangi ancaman teroris dan kriminal di tingkat regional dan internasional. (PERSISMA/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA