by

Tingkatkan Pelayanan Inovatif, Bupati Karawang Resmikan Ruang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Klari

KOPI, Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh, S.E., meresmikan Ruang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Kantor Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Selasa (11/6/24). Di hadapan awak media, Bupati menyampaikan hal ini merupakan pelayanan inovatif pertama dan akan diterapkan di seluruh kecamatan di Kabupaten Karawang.

“Alhamdulillah, hari ini Kecamatan Klari memiliki terobosan yang luar biasa inovatif dalam memberikan pelayanan terpadu berbasis elektronik, yang akan mempermudah masyarakat Klari dalam pembuatan Akte, KTP, dan KK, melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan,” ujar Bupati.

Ditambahkannya, Kecamatan Klari merupakan salah satu kecamatan yang memiliki jumlah penduduk yang padat, sebanyak 200 ribu jiwa. Dengan penduduk yang padat pelayanan terpadu tersebut akan sangat membantu masyarakat dalam mengurus administrasi.

“Saya rasa, untuk wilayah Kecamatan Klari sarana dan prasarananya sudah cukup memadai dan sangat baik untuk menjalankan pelayanan berbasis elektronik. Sementara untuk pelaksanaannya menurut Sekdis dukcapil akan menempatkan dua personilnya di pelayanan terpadu Kecamatan Klari,” jelasnya.

Lanjutnya, masyarakat Klari tidak perlu jauh-jauh datang ke Disdukcapil, tapi datang saja ke pelayanan terpadu di Kecamatan Klari. “Untuk membuat KTP atau KK tidak perlu jauh-jauh datang ke Disdukcapil, datang saja ke sini toh sama saja. Hal inilah yang diharapkan Pemda Karawang yaitu peningkatan kinerja di tingkat kecamatan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Karawang meraih peringkat di Provinsi Jabar dan di Indonesia. “Alhamdulillah, SPBE Kabupaten Karawang menduduki tingkat kesatu di Provinsi Jabar dan tingkat kedua se-Indonesia,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Pemda Karawang menjadikan SPBE sebagai skala prioritas dimana saat ini Karawang mengalami kemajuan yang sangat pesat. “Karawang bukan kota berkembang tapi kota yang maju, maka saya sering menyampaikan bahwa kita harus memiliki lompatan-lompatan yang luar biasa,” tambahnya.

Ia menambahkan, seperti yang telah disampaikan dalam Musrenbang bahwa Karawang harus punya ciri khas. “Karawang itu punya apa? Jangan Karawang Juara karena jargon Juara milik Bandung. Akan tetapi, Karawang Maju, karena Karawang memang maju dan saya yakin Karawang akan lebih maju ke depannya,” ungkapnya.

Bisa di lihat, tambahnya, hari ini di Karawang pembangunan harus dilakukan secara merata. “Komunikasi kami sebagai Pemda Karawang tidak terlepas dari dunia industri, walau memang PR-nya berat, tapi alhamdulilah akan bisa diselesaikan asal ada kemauan,” paparnya.

Bupati melanjutkan, hari ini ia menguji 3 Kepala Dinas yang memang mereka harus memberikan ide inovatif dan memiliki langkah-langkah yang luar biasa sebagai Kepala Dinas. Salah satunya permasalahan sampah, insyaallah Karawang akan mampu menyelesaikan permasalah tersebut.

“Karena kita sudah beberapa kali datang ke Banyumas, kita melihat cara dan kinerjanya di sana. Kita pikir tidak ada yang susah, tinggal bagaimana kita mengelolanya. Ke depannya, masyarakat tidak perlu dikenakan biaya untuk sampah, biar dikelola kecamatan dan masyarakat bisa menjadikan sumber penghasilan dari sampah,” tandas Bupati.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadisdukcapil Karawang diwakili Sekdis dukcapil dan jajarannya; Muspika Kecamatan Klari dan Jajarannya; Plh Kapolsek Klari AKP Rigel, Sekcam, para Kepala Desa, BPBD, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA