by

SDN Adiarsa Barat IV Gelar Pelepasan Kelas VI dan Gebyar P5

KOPI, Karawang – Dalam rangka kegiatan akhir tahun, SDN Adiarsa Barat IV menggelar kegiatan “Pelepasan Kelas VI dan Gebyar P5”, Senin (24/6/24) bertempat di lapangan SDN Adiarsa Barat IV. Acara tersebut, digelar dua hari berturut-turut yaitu tanggal 24-25 Juni 2024.

Kepada awak media ini, Sutisna selaku Panitia Pelaksana menyampaikan kegiatan hari pertama adalah Gebyar P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Sesuai dengan kurikulum merdeka belajar P5 dapat diimplementasikan dalam 6 bulan sekali atau satu tahun sekali.

“Itu secara umum, pelaksanaan P5 dalam 6 bulan atau 1 tahun sekali. Akan tetapi, pelaksanaan per kelas dapat dilakukan sesuai materi pembelajaran. Berkaitan dengan kegiatan kali ini, acaranya dilakukan selama 2 hari. Di hari pertama menampilkan berbagai macam seni budaya dan memasang stan-stan kuliner tradisional,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini dapat terwujud berkat kolaborasi antara siswa, orang tua, dan guru. Sementara untuk pelepasan Kelas VI akan digelar di hari kedua, besok Selasa (25/6/24).

“Acaranya akan diisi dengan upacara adat yang menampilkan 3 pasang pengantin pria dan wanita dari Kelas VI. Selanjutnya, dilakukan sungkem kepada guru-guru, komite, dan kepsek. Artinya anak-anak diberikan selamat atau wilujeng angkat keluar dari SD ini dengan baik-baik, semoga menjadi anak yang terbaik dan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Pelepasan Kelas VI dan Gebyar P5

Setelah itu, tambahnya, akan digelar pelepasan dengan penampilan tarian dari jenjang kelas 1-5, dan yang menjadi acara pokok adalah kelas 6. Sementara itu, salah satu orang tua murid menyampaikan sangat senang dengan acara ini.

“Saya senang sekali dengan digelar acara ini, selain menambah silaturahmi yang tidak saling kenal menjadi kenal antara satu sama lain. Acaranya berlangsung seru sekali, ke depannya dagangan lebih diramaikan lagi dan lebih bervariasi makanannya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Adiarsa Barat IV Nining Ratnaningsih, S.Pd., menyampaikan sangat bangga atas digelarnya acara ini. “Kegiatan ini bisa berjalan lancar berkat dukungan orang tua murid melalui komite sekolah. Anggaran dan acaranya dari anak-anak, kami dewan guru hanya memfasilitasi lokasi dan acaranya saja,” jelasnya.

Nining menambahkan, tahun ini adalah tahun terakhir sebagai Kepsek yang akan memasuki purna bakti tepatnya di bulan September mendatang. “Ini adalah hari terakhir saya bertugas di SDN Adiarsa Barat IV, banyak kenang-kenangan yang tak terhingga saya rasakan selama bertugas di sini sejak tahun 2019-2024,” tuturnya.

Nining berharap kegiatan ini terus berlangsung dan berlanjut siapapun kepala sekolahnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua murid, kepada anak-anak, terutama komite sekolah yang selalu mendukung kegiatan ini tiada hentinya.

“Kami bangga di sini punya komite seperti Pak Rusdi, dewan guru, dan orang tua murid karena ini aspirasi dari mereka. Kami hanya menyalurkan bakat-bakat dari anak-anak kami mulai dari kelas 1-6. Selama saya bertugas di sini, kegiatan ini sudah yang ketiga kalinya, di SD lain belum ada P5 kami sudah melaksanakan, dan outing class juga sudah kami gelar sesuai dalam kurikulum merdeka belajar, itu semua berkat dari kebersamaan orang tua murid dan komite. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA