by

Saksikan Penandatanganan Kerjasama Rehab RTLH, Danrem 045 Gaya Wujudkan Sinergitas dan Pengabdian

KOPI, Pangkalpinang – Komandan Korem 045/Garuda Jaya, Brigjen TNI Safta Feryansyah SE SIP MHan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerjasama rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), antara Kodim 0413/Bangka dengan Pemkab Bangka.

Penandatanganan dokumen kerjasama yang dilakukan Pj Bupati Bangka M Haris, dan Dandim 0413/Bangka Letkol Arh Agung, berlangsung di Ruang Kerja Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, di Pangkalpinang, Senin, 3 Juni 2024.

Selain Danrem , penandatanganan MoU turut disaksikan Penjabat Gubernur Babel, Syafrizal Zakaria Ali, dan diikuti secara virtual oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Sumatera Bagian Selatan.

Danrem 045/Gaya Safta Feryansyah mengungkapkan program kerjasama rehab RTLH dilakukan oleh jajaran Korem 045/Gaya bersama-sama unsur terkait, termasuk pemerintah daerah, sebagai wujud sinergitas dan pengabdian TNI membangun wilayah.

“Program ini dilakukan oleh jajaran Korem 045/Garuda Jaya, dalam hal ini Kodim 0413/Bangka, bersama unsur terkait, termasuk pemda di dalamnya. Kita ingin secara bersama membantu menyejahterakan masyarakat dalam pengabdiannya membangun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk lebih maju,” ujar Brigjen Safta Feryansah, di sela kegiatan.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Bangka M Haris menyampaikan bahwa kerja sama merupakan upaya dalam rangka mengentaskan rumah tidak layak huni (RTLH) yang diharapkan berpengaruh terhadap penanganan stunting di wilayahnya.

“Ini sebagai upaya konkret dalam rangka mengentaskan rumah tidak layak huni kepada masyarakat. Pembangunan rumah layak huni ini juga diharapkan akan berdampak besar pada turunnya angka stunting,” kata Haris.

Haris menambahkan pembangunan RTLH menjadi rumah layak huni ini juga akan memberikan sanitasi dengan optimal dalam mendukung program hidup bersih dan sehat. Kerjasama dengan TNI yakni Korem 045/Gaya dan Kodim 0413/Bangka yang akan dilaksanakan tahun depan, menjadi bagian upaya pemerintah agar masyarakat tak mampu mendapatkan rumah layak huni.

“Sehingga target Pemkab Bangka di tahun 2025 merehab rumah warga dari tidak layak huni menjadi layak huni sebanyak 1.064 rumah dapat terealisasi. Pemkab Bangka dengan tujuh dinas terkait juga akan melibatkan rekan-rekan dari forum CSR,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kabupaten Bangka, Heriyadi mengatakan dari total sasaran yang direncanakan penerima manfaat rumah layak huni di Kabupaten Bangka tersebar di Kecamatan Sungailiat, Belinyu, Puding Besar, dan Kecamatan Riau Silip. (Penrem)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA