by

Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Paramadina Bersama Patriot Desa Laksanakan Workshop UMKM Setu Bersinar

KOPI, Bekasi – Mahasiswa pasca sarjana Universitas Paramadina berkolaborasi dengan Patriot Desa Kabupaten Bekasi melaksanakan workshop UMKM Setu Bersinar dengan tema “Bangkitkan Ekonomi Berbasis Inovasi Pasar Menuju Desa Mandiri dan Percaya Diri”, Rabu (12/6/24), bertempat di Aula Kantor Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Workshop ini berlangsung mulai pukul 08.30 sampai dengan 13.00 Wib.

Workshop tersebut dihadiri 62 peserta yang terdiri dari Pemerintah Desa, TP PKK dan Pelaku UMKM dari Desa Kertarahayu dan Desa Tamansari Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Diskop UKM Bekasi, TP PKK Kab.Bekasi, Pemerintah Desa Kertarahayu, Pemerintah Desa Tamansari, TP-PKK Desa Tamansari, Forum UMKM Setu dan Tim Kampus UMKM Shopee.

Dalam sambutannya, Sekretaris TP PKK Kabupaten Bekasi Tri Handayani, S.IP., M.Si., sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar kegiatan seperti ini tidak cukup hanya dilaksanakan di Kecamatan Setu saja. “Terima kasih telah bersedia mengadakan kegiatan baik, saya apresiasi kegiatan baik ini, saya harap kegiatan ini tidak berhenti di Kecamatan Setu saja, tapi juga di Kecamatan lainnya, demi pemerataan pembinaan UMKM desa yang ada di Kabupaten Bekasi,” ucap Tri Handayani.

Selanjutnya, workshop ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM yang sedang konsen dengan upaya pemasaran digital. Hal tersebut disampaikan Fatma salah satu peserta workshop. “Pelatihannya cocok banget sama kami-kami yang lagi belajar digital marketing, karena kebetulan produk kita kebanyakan snack dan kerajinan tangan, jadi bisa awet jika dipasarkan online dikirim-kirim jauh ke luar kota, jadi sadar ternyata banyak peluang buat kami,” ujarnya.

Sependapat dengan Fatma, Mukhlis Abdillah Patriot Desa Kabupaten Bekasi menyampaikan hal serupa. Menurutnya, pelatihan seperti ini selain untuk menambah wawasan pelaku UMKM, juga ditujukan untuk memotivasi pelaku UMKM agar mampu naik kelas.

“Saya berharap setelah mengikuti workshop ini, peserta makin termotivasi untuk menaikkan level usahanya, dari yang cuma jualan di sekitar desa bisa jadi pengekspor produk desa ke mancanegara. Bukan utopis, sudah ada banyak marketplace yang menawarkan kemitraan jenis eksport untuk UMKM lokal,” tutupnya. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA