by

Dukung Program Atasi Kemiskinan dan Stunting, Danrem 045/Gaya: TNI Siap Jadi Garda Terdepan

KOPI, Belitung – Danrem 045/Garuda Jaya, Brigjen TNI Safta Feryansyah SE SIP MHan, menegaskan TNI siap menjadi garda terdepan dalam mendukung program pemerintah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Penegasan itu disampaikan Brigjen Safta Feryansyah di sela-sela menghadiri pencanganan program Gerakan Serempak Guna Eliminasi Kemiskinan dan Stunting Bangka Belitung (Rampak Gemintang) yang digagas Penjabat Gubernur Babel, Safrizal ZA, di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Belitung, Jum’at, 31 Mei 2024.

“TNI akan selalu siap menjadi garda terdepan, mendukung program pemerintah daerah dalam mengatasi kemiskinan dan stunting di wilayah Bangka Belitung,” tegasnya kepada awak media.

Sementara itu, Pj Gubernur Babel Syafrizal mengungkapkan Rampak Gemintang merupakan gerakan serempak, baik vertikal maupun horizontal, dalam mengatasi persoalan kemiskinan dan stunting di Bangka Belitung.

Menurutnya, kemiskinan dan stunting merupakan dua hal yang saling mempengaruhi.

“Kemiskinan membuat potensi anak-anak stunting menjadi besar. Oleh karena itu, gerakan percepatan pengentasan kemiskinan dan penurunan stunting harus dilakukan secara serempak,” ujarnya.

Safrizal berharap program tersebut dapat menurunkan angka kemiskinan ekstrem dan stunting di Bangka Belitung. Pihaknya menargetkan angka kemiskinan menjadi nihil atau nol di tahun 2024, karena saat ini masih terdata ada sekitar 8 ribu rumah tangga miskin ekstrem di Babel. Sedangkan angka prevalansi stunting di Babel saat ini berada di kisaran 18-20 persen.

“Ini menjadi harapan dan kerja kami, kalau hasilnya nanti kita lihat di akhir tahun,” tambahnya.

Menurutnya, hasil tersebut tidak bisa diketahui secara bersamaan karena penanganan stunting dilakukan pada seribu hari pertama kehidupan dan harus dimulai dari hulu. (Penrem)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA