by

Wabup Patriana Krisna Hadiri Perayaan HUT Yayasan Seni Jegog Jembrana ke-4

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Yayasan Seni Jegog Kabupaten Jembrana ke-4 yang ditandai dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan piagam penghargaan secara simbolis kepada 18 anggota Yayasan Sekaa Jegog yang menampilkan sebanyak empat kesenian jegog mebarung. Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman Sekretariat Yayasan Seni Jegog dan Seni Joged Bungbung Kabupaten Jembrana Bali, Kamis (25/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut Wabup Patriana Krisna mengucapkan selamat kepada Yayasan Seni Jegog Jembrana atas ulang tahun yang ke-4 tahun dan Wabup merasa bahagia melihat antusias seniman jegog di Jembrana yang menjaga tradisi seni khas Kabupaten Jembrana. “Semoga Jegog Jembrana semakin eksis dan berkembang kedepannya,” ungkap Wabup Patriana Krisna.

Lanjutnya, Wabup Patriana Krisna berharap kegiatan seperti ini dapat mewujudkan rasa harmonis antar seniman dan dapat memupuk silaturrahmi untuk maju bersama. “Kegiatan seni seperti ini merupakan wujud nyata dan peran serta masyarakat khususnya para seniman dalam membangun jati diri sebagai sumber daya manusia yang unggul pada bidangnya khususnya seni jegog,” ujar Wabup Patriana Krisna.

Di sisi lain, I Ketut Suarda selaku Ketua Yayasan Seni Jegog Jembrana menerangkan bahwa jumlah anggota yayasan saat ini sebanyak 90 Sekaa yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Jembrana. “Saat ini ada 90 Sekaa yang tersebar dengan basic instruman gamelan jegog gede dan gamelan jegog tingklik yang berjumlah genap yaitu 14 instrument dan berjumah 9 atau biasa disebut tingklik sie,” ucap Ketua Yayasan Seni Jegog Jembrana I Ketut Suarda.

I Ketut Suarda mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana dan masyarakat yang turut mengambil bagian dalam upaya pelestarian seni khas Kabupaten Jembrana. “Yayasan Seni Jegog Jembrana selalu diberikan kesempatan untuk mengikuti acara bergengsi di Bali yaitu PKB oleh karena itu yayasan kita sudah dua kali diberikan kesempatan untuk menunjukkan dengan bangganya kesenian khas kita di depan panggung besar PKB,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA