by

Tasyakuran Sedekah Bumi, Warga Antusias Banjiri 2 Sendang Desa Perantaan Bogorejo

KOPI, Blora – Acara tahunan Sedekah Bumi disambut antusias oleh warga masyarakat yang ikut menyaksikan syukuran “Bancaan” di 2 Sendang Gempol dan Tengah, Desa Perantaan, Kecamatan Bogorejo, Blora, Jawa Tengah, Jum’at Pon (12/5/2023). Seni Tradisional Tayub juga mengiringi Tasyakuran sedekah bumi yang menambah keseruan acara yang menjadi peninggalan nenek moyang jaman dulu.

Kepala Desa Perantaan, Nyono, mengungkapkan Seni Tayub diharuskan ada dalam setiap sedekah bumi Desa Perantaan. Hal itu penting agar tidak terjadi peristiwa atau kejadian buruk yang menimpa atau, istilahnya, sebagai tolak bala.

“Iku pesen jaman peninggal wong tuwo biyen mas, nek gak ono tayub biasane ono bebendhu mas, dadi opo wae keadaan dan situasine kudu ono tayub e mas,, meski cuma digebyakke atau disarati, termasuk waktu pandemi covid wingi mass,, jadi semenjak saya jadi lurah dua periode, jaman lurah-lurah ndisek yo kudu ngono mas,, gak iso diganti opo meneh ditinggal,” ungkap Nyono menggunakan bahasa Jawa Ngoko.

“Juga ada desa yang simple tidak harus tayub, tetapi amati khususnya di daerah Blora banyak desa yang harus nanggap seni langen besan tayub. Khususnya di wilayah Kecamatan Bogorejo, yang menggelar gasdeso desa saya sendiri. Gandu pak Lurah Iwan, Karanganyar pak Lurah Tompo itu kalau gasdeso ya harus tayub mas,” cerita kepala Desa Perantaan.

Untuk pelaksanaan bancaan ambengan pakai godong jati dari warga Perantaan itu sendiri dua tempat titik sendang, cara yang unik lagi dari warga kalau jupuk atau ambil ambeng kroyokan ambil berkat yang telah dibungkus godong jati.

Gasdeso atau Sedekah Bumi sangat unik. Warga dari berbagai daerah diluar Bogorejo banyak yang hadir ikut menonton. Tua, muda. bapak, ibu, anak-anak berbondong-bondong menyaksikan cara bancaan yang unik diiringi alunan gamelan khas Jawa-timuran.

“Acara akan dilanjutkan dengan seni langen malam harinya bertempat di depan rumah saya, monggo sederek sedoyo rawuh menyaksikan langen besan tayun dari Jatirogo Tuban Jawa Timur,” tambah Nyono.

Pada acara siang harinya Camat Bogorejo, Mulyowati, ikut hadir nyengkuyung bersama jajaran kecamatan dan Bhabinkhamtibmas, Bripka Sutikno. Hadir juga mantan Humas Polres Blora, Aipda Arif Nirwanto, yang sekarang menjabat di Unit SPKT Polsek Bogorejo, dan Bhabinsa Koramil 02 Japon. (ardy/yan)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA