by

Polres Sarmi Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-115 Kebangkitan Nasional

KOPI, Sarmi – Polres Sarmi melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-115 Kebangkitan Nasional bertempat di halaman Mapolres Sarmi, Senin, 22 Mei 2023. Upacara dipimipin oleh Wakapolres Sarmi, Kompol Roberth Hitipeuw, S.H., M.H., yang bertindak sebagai inspektur upacara HUT Kebangkitan Nasional.

Upacara HUT Kebangkitan Nasional yang digelar pagi ini dihadiri oleh PJU serta personil Polres dan Polsek jajaran. Upacara berlangsung dengan lancar, baik, dan hikmat.

Dalam Surat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 241/M.KOMINFO/HM.04.01/05/2023, upacara Harkitnas 2023 yang mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit” dilaksanakan secara serentak digelar pada tanggal 22 Mei 2023.

Adapun susunan acara dimulai dari laporan komandan upacara, penghormatan, dan pengibaran bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, dan pembacaan naskah Pembukaan UUD NKRI 1945.

Pada bagian amanat pembina upacara, Inspektur Upacara membacakan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika, diikuti acara menyanyikan lagu nasional, yakni “Bagimu Negeri” dan “Satu Nusa Satu Bangsa”. Upacara diakhiri dengan pembacaan doa, penyampaian laporan, dan penghormatan.

Wakapolres Sarmi dalam amanat Menteri komunikasi dan Informasi Republik Indonesia saat upacara menyampaikan 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional yaitu memerdekakan cita-cita kemanusian, memajukan nusa dan bangsa, dan mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Dikatakan juga dalam amanatnya, tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional. “Kepercayaan dunia yang tinggi kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid-19 sekaligus perjalananan menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Wakapolres Sarmi

Di akhir amanatnya, Wakapolres mengutip perkataan dr. Sutomo: “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya.”

Seusai melaksanakan upacara harkitnas ke-115, Wakapolres Sarmi mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Polres dan jajaran atas semangat dan dedikasinya dalam upacara yang terlaksana dengan baik serta hikmat. (Syarifuddin Humas Polres Sarmi)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA