by

Pemkab Jembrana bersama Pemkot Batam Bahas Pengembangan Investasi dan Optimalisasi PAD

KOPI, Jembrana – Rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana dipimpin oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba diterima Walikota Batam, Kepulauan Riau, Muhammad Rudi serta anggota Forkopimda Batam, pada Senin (29/5/2023). Kunjungan kerja tersebut Pemerintah Kabupaten Jembrana dan Kota Batam dalam penjajagan kerjasama yang bertujuan untuk mewujudkan peningkatan investasi dan optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kedua daerah tersebut.

Dalam kunjungan tersebut turut mendampingi Bupati Jembrana Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi, Kajari Jembrana Salomina Meyke Saliama, Sekda Jembrana I Made Budiasa beserta jajaran.

Jika dilihat dari kondisi geografis maupun kemajemukan penduduk yang dimiliki, kedua daerah tersebut memiliki kemiripan, sehingga sangat memungkinkan saling bertukar informasi dan pengalaman. Koordinasi kedua daerah tersebut juga untuk pengembangan sektor ekonomi dan UMKM, penanganan konflik sosial dan pencanangan wilayah bebas korupsi.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengungkapkan kekagumannya terhadap Kota Batam yang telah berhasil mencapai kemajuan pesat dalam berbagai sektor. Kondisi tersebut dijadikan dorongan untuk pembangunan Jembrana lebih besar serta optimalisasi peningkatan PAD dari sebelumnya.

“Mengacu pada perkembangan Kota Batam, Kabupaten Jembrana saat ini sedang berinovasi dan bekerja keras melalui cara berpikir dan cara bekerja yang berbeda, kami berharap dapat mewujudkan impian kami untuk mewujudkan Jembrana Emas 2026 melalui peningkatan investasi, kunjungan wisatawan, serta peningkatan pendapatan daerah,” ungkap Bupati Tamba.

Bupati Tamba optimis Jembrana Emas pada tahun 2026 akan terwujud dengan dibangunnya Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, sehingga Jalan Tol nanti adalah kata kuncinya, saat ini Bupati Tamba mengatakan bahwa Jembrana masih belum kelimpahan wisatawan, berbeda dengan daerah lainnya di Bali, hal tersebut disebabkan karena infrastruktur yang belum menghubungkan. “Satu-satunya yang menghubungkan itu adalah terealisasinya Jalan Tol, oleh sebab itu Jalan Tol adalah kuncinya, karena kami tidak bisa membangun sendiri, kita ingin 2026 bisa rampung,” ucap Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba berharap bahwa kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Jembrana dan Kota Batam diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua daerah tersebut. “Kabupaten Jembrana berharap dapat mengadopsi beberapa langkah sukses yang telah diterapkan di Kota Batam, seperti peningkatan infrastruktur, pengembangan pariwisata, dan pengembangan sektor industri,” harap Bupati Tamba.

Sementara itu, Walikota Batam, Muhammad Rudi, menyambut baik inisiatif kerjasama dari Pemerintah Kabupaten Jembrana, ia menekankan pentingnya kerjasama antar daerah dalam mewujudkan tujuan bersama, terutama dalam hal peningkatan investasi dan pengembangan ekonomi daerah. Serupa dengan Jembrana, ia menyebutnya Batam saat ini sedang giat-giatnya membangun, diantaranya lewat pembangunan infrastruktur hingga Bandara sedang dikerjakan, semuanya untuk peningkatan PAD sehingga bisa lebih besar mensejahterakan warganya.

“Kami sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan Kabupaten Jembrana. Kota Batam dan Jembrana memiliki potensi yang besar untuk saling mendukung dan menguntungkan, melalui kerjasama ini, kita dapat saling bertukar pengalaman dan berbagi pengetahuan demi kemajuan kedua daerah,” ucap Walikota Batam Muhammad Rudi.

Muhammad Rudi berharap bahwa kerjasama tersebut dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam mencapai target peningkatan investasi dan optimalisasi PAD di Kabupaten Jembrana serta mendukung perkembangan ekonomi di Kota Batam. “Dengan semangat kerjasama yang kuat antara Pemerintah Kabupaten Jembrana dan Kota Batam, diharapkan visi bersama untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat segera terwujud,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA