by

Inspeksi Pembangunan di Bandara Kediri Seluruhnya Dibantu Drone

-Berita-501 views

Salah hal paling utama dalam pembangunan adalah inspeksi dan laporan ke pihak manajerial agar bisa di evalusi dan direncanakan kembali metode pembangunan dan pengerjaan selanjutnya, tak terkecuali pembangunan Internasional Dhoho Kediri ini.

Dalam pengerjaanya hampir seluruh inspeksi pembangunan dibantu oleh kamera udara yang ada di teknologi drone, salah satu vendor yang ditunjuk oleh kontraktor pembangunan bandara Kediri ini adalah PT. Digital Global Eksplorasi Indonesia untuk membantu inspeksi beberapa area di bandara Internasional Dhoho kediri.

Kesulitan Dalam Inspeksi Drone di Area Pembangunan

Dilihat dari tingkat kesulitan inspeksi, pilot drone memaparkan “di sini (bandara kediri) memiliki tingkat kesulitan yang lebih dikarenakan faktor alam, cuaca yang tidak menentu dan angin lembah dari gunung wilis membuat tekanan diatas bandara sering berubah – ubah sehingga pilot harus cepat menyesuaikan kecepatan dan arah gerakan”.

Inspeksi menggunakan nir awak ini makin hari juga makin banyak digunakan untuk segala jenis kebutuhan, bersumber dari PT. Digital Global Eksplorasi memaparkan selain pembangunan bandara banyak pula digunakan untuk mengetahui kondisi lahan perkebunan semacam sawit baik itu menggunakan metode perekaman video ataupun mapping. Inspeksi bendungan untuk mengetahui eksisting lokasi serta paling banyak untuk rencanan tanggap darurat.

Masyarakat luaspun yang ingin memanfaatkan drone pula diharapkan untuk tetap waspada dan berhati – hati karena ruang udara yang tidak terbatas menjadi sangat berisiko apabila melanggar hak dan privasi orang lain. Melalui stakeholder terkait yaitu dinas perhubungan sudah melakukan regulasi tentang penggunaan drone dan ruang udara.

Merupakan Bandara Percontohan

Bandara Internasional Dhoho Kediri ini merupakan salah satu proyek bandara percontohan dimana adanya keterlibatan pihak Swasta dalam inisiasi pembangunan, Gudang Garam sendiri sudah menyutikkan dana sekitar kurang lebih 13 Triliun rupiah dalam pembangunan hingga saat ini.

Harapan Perekonomian Masyarakat Sekitar

Bandara Internasional Dhoho Kediri ini juga diharapkan bisa menaikkan tingkat perekonomian khususnya masyarakat Kediri dan sekitarnya, dengan naiknya jumlah lalu lintas manusia, berpotensi juga menaikkan segala kebutuhan yang bernilai ekonomis kepada masyarakat.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA