by

Bupati Jembrana Terima Penghargaan Paritrana Award 2022 Tingkat Provinsi Bali

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerima penghargaan Paritrana Awards 2022 Tingkat Provinsi Bali. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Bali Cokorda Oka Ardhana Sukawati, bertempat di Ruang Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Selasa (9/5/2023).

Terkait hal tersebut Pemerintah Kabupaten Jembrana meraih peringkat dua dalam kategori pemerintah daerah, yang pertama kalinya digelar di tingkat Provinsi Bali. Selain pemerintah daerah, penganugerahan tersebut juga diberikan kepada pelaku dan badan usaha yang memiliki kepedulian terhadap perlindungan pekerja.

Dari data Badan Pusat Statedtik (BPS), Sakernas, saat ini di Jembrana tercatat jumlah angkatan kerja sebanyak 179 ribu orang, dari data tersebut yang sudah bekerja sebanyak 172 ribu orang. Sedangkan kepesertaan jaminan sosial ketenegakerjaan sampai 31 Desember 2022 tercatat 30.938 orang, diantara pekerja formal maupun informal yaitu sebagai berikut:

1. Sebanyak 11.973 pekerja
penerima upah/formal
2. Sebanyak 12.355 pekerja bukan penerima upah
3. Sebanyak 6.610 pekerja di sektor jasa konstruksi.

Demikian tiga uraian singkat terkait pekerja formal maupun informal.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan bahwa capaian yang diraih tersebut hendaknya dijadikan semangat bagi semua pihak di Kabupaten Jembrana untuk meningkatkan perlindungan kepada pekerja. “Kita patut berbangga atas apa yang kita raih, ini hendaknya menjadi acuan lebih baik untuk kedepannya, tugas kita masih belum selesai, harapan semua pekerja di Kabupaten Jembrana dapat tercover, sehingga terlindungi dengan jaminan sosial ketenagakerjaan,” ujar Bupati Tamba.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Bali Cokorda Oka Ardhana Sukawati mengungkapkan bahwa perlunya dukungan dari berbagai pihak, baik pekerja, pemberi kerja maupun pengusaha, masyarakat, dan pemerintah. Hal tersebut untuk mewujudkan penyelenggaraan jaminan sosial melalui pelayanan yang berprioritas, sehingga dapat menjadi modal dasar pembangunan keberlanjutan.

“Harapan saya bagi para pemenang terbaik dalam penganugerahan Paritrana Award kita ini, kami ucapkan selamat dan terus berusaha untuk meningkatkan optimalisasi pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan, baik itu dalam maupun luar perusahaan, sedangkan bagi pelaku usaha atau pemerintahan yang belum menang, agar tetap semangat dalam bekerja dan membangun Bali, masih terbuka kesempatan untuk berprestasi pada banyak sektor pada kesempatan kedepan,” harap Wagub Bali Cokorda Oka Ardhana Sukawati.

Sementara, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Bali, Nusa Tenggara, Papua Barat dan Papua, (Banuspa), Kuncoro Budi Winarno menyampaikan bahwa Paritrana Award tingkat Provinsi Bali diharapkan dapat mendorong peningkatan satuan perlindungan masyarakat. Dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan serta mendorong perusahaan pada semua sektor yang berada di wilayah Provinsi Bali.

“Peran pemerintah daerah baik, tingkat provinsi atau kabupaten/kota dapat meningkatkan dan dapat berperan aktif dalam melindungi pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, sehingga perlindungan tenaga kerja di Provinsi Bali terus meningkat sehingga tercapai keseluruhan universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan,” tutup Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banuspa Kuncoro Budi Winarno. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA