by

Bupati Jembrana Launching Perpustakaan Digital

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana melaunching Perpustakaan Digital sebagai bentuk dukungan literasi digital dalam era digitalisasi bertepatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Launching tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Bunda Literasi, Kadis Dikpora Jembrana serta Kepala Sekolah SMPN 3 Negara, bertempat di SMP Negeri 3 Negara, Jembrana Bali, Selasa (2/4/2023).

Kepala Dinas Dikpora Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra menjelaskan bahwa launching Perpustakaan Digital merupakan dukungan terhadap pelaksanaan smart city di Kabupaten Jembrana, termasuk konsep dalam kurikulum merdeka belajar, merdeka berarti belajar dari mana saja dan kapan saja. “Saat ini 18 SMP Negeri di Kabupaten Jembrana sudah memiliki Perpustakaan Digital, termasuk satu SMP Swasta yang anggarannya diambil dari dana BOS masing-masing sekolah,” jelas Kepala Disdikpora Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra.

Terkait hal tersebut Bupati Tamba menuturkan bahwa Perpustakaan Digital pada prinsipnya merupakan perpustakaan berbasis digital dimana siswa dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun. “Perpustakaan Digital ini terdiri dari banyak buku-buku pelajaran, kemudian ada pendukung pembelajaran dan ada juga buku-buku fiksi, siswa dapat mengaksesnya melalui smartphone atau laptop, sehingga tidak harus ke perpustakaan jika ingin membaca buku,” tutur Bupati Tamba.

Sementara Bupati I Nengah Tamba juga mendukung penuh adanya Perpustakaan Digital di sekolah. Hal tersebut menurut bupati penting dalam mendorong upaya belajar siswa. “Kita dukung adanya Perpustakaan Digital ini, dengan ini mereka para siswa bisa belajar kapanpun dan dimanapun mereka berada, sehingga akan memudahkan proses belajar mengajar,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba berharap dengan adanya Perpustakaan Digital dapat menciptakan generasi-generasi muda Jembrana yang hebat dan kompeten. “Tentu kita harapkan ini akan mampu melahirkan banyak generasi-generasi muda Jembrana yang hebat serta memiliki daya saing dengan anak-anak daerah lainnya, apalagi kita di Jembrana memiliki tagline Jembrana Emas 2026, tentu ini menjadi bagian dalam mempersiapkan SDM untuk itu,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA