by

Bupati Jembrana bersama Bank BPD Bali Lakukan Penanaman Bambu Petung

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama jajaran Bank BPD Bali melakukan penanaman bambu petung sebanyak 250 bibit di kawasan Manistutu Camping Ground (Mantu Cager), Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana Bali, Kamis (18/5/2023). Selain bambu petung juga ditanam 250 bibit manggis bantuan CSR Bank BPD Bali.

Bambu petung merupakan salah satu alat musik yang digunakan kesenian Jegog Jembrana sebagai kesenian di Kabupaten Jembrana, hal tersebut keberadaannya patut untuk dilestarikan. Langkah pelestarian tersebut dilakukan melalui penanaman bambu petung bantuan dari CSR Bank BPD Bali.

Usai melakukan penanaman bibit tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa penanaman pohon bambu petung adalah bentuk pelestarian terhadap seni jegog yang ada di Jembrana. Selain menaman bambu petung juga menanam pohon manggis sebagai upaya pelestarian hutan serta ketersediaan pangan dalam menyambut Jembrana emas 2026.

“Hari ini boleh saja kita beli bambu petung di luar Jembrana, tapi ketika nanti, jika tanaman ini sudah tumbuh besar dan bagus kita tidak perlu keluar lagi untuk membeli bambu, inilah salah satu bentuk kita dalam melestarikan Jegog itu sendiri,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga mengucapkan terima kasih kepada Bank BPD Bali yang senantiasa membantu Kabupaten Jembrana, bupati mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga bersama apa yang sudah ditanam. “Mari kita bersama- sama menjaga serta merawat apa yang sudah kita tanam ini, jika datang ke sini bantu siram dan jaga dengan baik, karena apa yang kita lakukan hari ini akan berdampak besar di masa depan untuk kelestarian hutan dan kelestarian seni budaya,” ucap Bupati Tamba.

Sementara Direktur Operasional dan TI, Ida Bagus Gede Setia Yasa mengatakan bahwa kegiatan tersebut serangkaian peringatan HUT BPD Bali ke-61. “Ini juga bentuk sinergi kita dengan Pemerintah Kabupaten Jembrana sebagai salah satu upaya mengimplementasikan kebijakan testimoni hijau melalui penanaman pohon. “Semoga apa yang ditanam bisa tumbuh besar dan kuat, kedepan kita harapkan tempat ini bisa menjadi destinasi wisata bagi kunjungan wisata kedepannya,” Direktur Operasional dan TI, Ida Bagus Gede Setia Yasa. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA