by

Antisipasi Penyakit Menular dan Tidak Menular, Rutan Kelas I Jakarta Pusat Lakukan Skrining

KOPI, Jakarta – Rutan Kelas I Jakarta Pusat menjalin kerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih dalam mendeteksi dini penyakit menular dan tidak menular pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (22/05/23). Deteksi dini penyakit menular dan tidak menular dilakukan dengan cara skrining yang ditujukan kepada WBP Rutan Kelas I Jakarta Pusat.

Proses skrining berlangsung di Selasar Gedung III Rutan dibantu oleh 7 dokter dan 5 perawat dari Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih. Skrining penyakit menular dan tidak menular untuk para WBP berlangsung selama 2 hari dari tanggal 22-23 Mei 2023.

Dokter Yusman selaku Perwakilan Tim Medis Rutan Kelas I Jakarta Pusat mengatakan bahwa skrining yang dilakukan meliputi penyakit diabetes, hipertensi, HIV dan TBC. “Apabila WBP yang kita skrining ini hasilnya mengidap salah satu penyakit diabetes, hipertensi, HIV atau TBC maka akan kami observasi dan diberikan pengobatan lebih lanjut bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih,” terang Dokter Yusman.

Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat, Fauzi Harahap menegaskan bahwa skrining penyakit menular dan tidak menular ini adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan dan perawatan yang diberikan untuk WBP dari Rutan Kelas I Jakarta Pusat. “Kami terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan dan perawatan untuk para WBP semaksimal mungkin, supaya WBP yang ada di Rutan Kelas I Jakarta Pusat tidak kehilangan haknya dalam melakukan perawatan dan pengobatan,” tegas Fauzi Harahap. (EW)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA