by

Peringatan Pendaratan Pasukan I Gusti Ngurah Rai, Wabup Jembrana: Saya Menyambut Baik Acara Ini

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana bertindak sebagai Inspektur pada Upacara Peringatan Pandaratan Pasukan I Gusti Ngurah Rai dari Pulau Jawa berlabuh di Pantai Air Kuning. Acara tersebut dilaksanakan di Tugu Perjuangan Air Kuning, Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu (8/4/2023).

Dalam sambutannya, Wabup Patriana Krisna menjelaskan bahwa Tugu Perjuangan Air Kuning merupakan salah satu monumen bersejarah yang ada di Kabupaten Jembrana, adanya Monumen tersebut untuk mengenang peristiwa bersejarah I Gusti Ngurah Rai dengan pasukan Resimen Sunda Kecil dari Pulau Jawa yang mendarat di Desa Air Kuning pada 5 April 1946 silam. “Saya menyambut baik upacara peringatan yang bersejarah ini, oleh karena itu, upacara di Tugu Perjuangan Air Kuning ini untuk mengenang sejarah perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, serta pendaratan beliau bersama pasukannya di Pantai Air Kuning,” jelas Wabup Patriana Krisna.

Wabup Patriana Krisna berharap masyarakat dapat meneladani jiwa patriotisme dari para Pahlawan Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia. “Hari ini Kita bersama-sama telah mendengarkan sejarah singkat perjuangan I Gusti Ngurah Rai langsung dari Veteran, saya harap hal itu dapat diteladani oleh jiwa patriotisme yaitu para pahlawan dalam mempertahakan Kemerdekaan Republik Indonesia,” harap Wabup Patriana Krisna.

Sementara, Ketua DPD LVRI Bali I.G. Bagus Saputra, S.H, menerangkan bahwa pada 4-5 April 1946 telah terjadi peristiwa bersejarah. Pada saat itu I Gusti Ngurah Rai bersama pasukannya melalui berbagai rintangan menyebrang dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali, akhirnya mendarat di Pantai Air Kuning.

“Tujuan I Gusti Ngurah Rai ke Pulau Jawa untuk memohon bantuan dan menyampaikan kondisi di Bali, dan beliau dilantik sebagai pemimpin Resimen Sunda Kecil kemudian kembali ke Bali melanjutkan perjuangan, dan beliau dapat mendarat kembali ke Bali dengan bantuan masyarakat dan para nelayan,” terang Ketua DPD LVRI Bali, I. G. Bagus Saputra, S.H.

I. G. Bagus Saputra juga mengucapkan terima kasih kepada:

  1. LVRI Jembrana.
  2. Yayasan Kebangkitan Proklamasi (YKP).
  3. Pemuda Panca Marga (PPM) Jembrana.
  4. Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Karena Pemkab Jembrana telah menyelenggarakan upacara peringatan Pendaratan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai. “Terima kasih atas terlaksananya upacara peringatan ini, hal ini merupakan bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Jembrana begitu menghargai perjuangan para pahlawan kita,” ucap I.G. Bagus Saputra.

Turut hadir di acara tersebut, Waka Polres Jembrana, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Jembrana, para Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana, Wakil Ketua YKP Provinsi Bali, Ketua DPC LVRI Kabupaten Jembrana, Anggota KNPI Kabupaten Jembrana dan Pemuda Panca Marga Kabupaten Jembrana. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA