by

Inilah Cara untuk Membackup Chat pada Aplikasi WhatsApp

-Bisnis, Tips-475 views

KOPI, Subang – WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan fitur-fitur yang lengkap, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah melalui pesan teks, panggilan suara, panggilan video, berbagi file, membuat status. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui cara agar status wa tidak pecah disini. Namun, seperti aplikasi lainnya, data di WhatsApp juga dapat hilang atau terhapus secara tidak sengaja.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan backup data WhatsApp secara teratur. Berikut adalah cara untuk melakukan backup chat WhatsApp.

Mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus

Jika data chat WhatsApp Anda terhapus, Anda dapat mengembalikannya dengan menggunakan backup yang sudah disimpan. Menurut  teknojuang.com caranya adalah dengan menginstal ulang aplikasi WhatsApp, masuk dengan nomor telepon yang sama seperti sebelumnya, dan memilih untuk mengembalikan data dari backup yang sudah disimpan. Data chat, foto, dan video akan dipulihkan ke dalam aplikasi WhatsApp.

Backup melalui Google Drive

WhatsApp menyediakan fitur backup yang terintegrasi dengan Google Drive. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan data chat, foto, dan video di Google Drive. Backup dilakukan secara otomatis setiap hari dan tersimpan di akun Google Drive pengguna. Untuk memastikan bahwa backup dilakukan secara otomatis, pastikan bahwa Anda sudah terhubung ke Wi-Fi dan telah masuk ke akun Google Drive Anda di aplikasi WhatsApp. Jangan lupa untuk memeriksa pengaturan backup WhatsApp di menu Pengaturan > Chat > Backup.

Backup secara manual

Selain backup otomatis, pengguna juga dapat melakukan backup secara manual. Caranya adalah dengan mengklik opsi “Backup Now” di menu Pengaturan > Chat > Backup. Backup secara manual ini sangat penting dilakukan sebelum menghapus aplikasi WhatsApp dari ponsel atau melakukan factory reset pada perangkat.

Pindahkan backup ke perangkat baru

Jika Anda ingin memindahkan chat WhatsApp Anda ke perangkat baru, Anda dapat menggunakan fitur backup yang tersedia di Google Drive. Backup dapat diunduh dari Google Drive dan dipindahkan ke perangkat baru. Pastikan bahwa backup yang diunduh sesuai dengan nomor telepon yang terdaftar di aplikasi WhatsApp Anda.

Itulah beberapa cara untuk melakukan backup chat WhatsApp. Sangat penting untuk melakukan backup secara teratur agar data Anda aman dan terlindungi dari kerusakan atau hilang secara tidak sengaja.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA