by

Bupati Tamba Laksanakan Persembahyangan Bersama di Pura Niti Praja Jembrana

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta Ibu, dan seluruh Pimpinan OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jembrana melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana, Bali, Sabtu (29/4/2023). Persembahyangan tersebut dipuput oleh Ida Ratu Gede Putra Kemenuh dari Griya Suka Taman Ketugtug.

Hari Tumpek Wayang diperingati secara Sekala dan Niskala oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana. Kemarin secara Sekala telah dilaksanakan dengan kegiatan bersih-bersih di kawasan Pura Kembar Desa Budeng, dan hari ini dilanjutkan dengan perayaan secara Niskala dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Niti Praja Pemerintah Kabupaten Jembrana

Tumpek Wayang diperingati setiap Saniscara Kliwon wuku Wayang, menurut kepercayaan, wuku Wayang dikenal sebagai hari yang mistis/keramat. Pemujaan saat Tumpek Wayang ditujukan kepada Sang Hyang Iswara melalui upakara terhadap pratima-pratima dan wayang, tetabuhan seperti gong, angklung, dan lainnya, oleh karena itu, Tumpek Wayang juga dimaknai sebagai penghormatan terhadap seni.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengungkapkan bahwa melalui peringatan secara Sekala dan Niskala dimaksudkan untuk menjaga keharmonisan dan keseimbangan dalam menjalani kehidupan beragama dan bermasyarakat. “Peringatan Tumpek Wayang dimaknai dengan betul-betul mendalam, melalui upacara ini diharapakan keharmonisan dan keseimbangan dapat terjaga dengan baik bagi seluruh masyarakat,” ucap Bupati Tamba.

Sementara, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Jembrana, I Made Tarma menjelaskan bahwa peringatan Tumpek Wayang kali ini dibagi menjadi dua yaitu secara Sekala dan Niskala, diimana secara Sekala sudah dilaksanakan kemarin. “Kemarin sudah dilaksanakan secara Sekala, yaitu membersihkan sampah di Pura Kembar,” ucap Kabag Kesra Setda I Made Tarma.

I Made Tarma menambahkan bahwa peringatan hari Tumpek Wayang secara Niskala dipusatkan di Pura Niti Praja Pemerintah Kabupaten Jembrana yang diikuti oleh Bupati Jembrana serta seluruh Pimpinan OPD di Lingkup Pemkab Jembrana. “Sekarang secara Niskala dilaksanakan persembahyangan bersama di Pura Niti Praja yang sudah berjalan baik,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA