by

Buka FIMS ke-25, Bupati Jembrana: Saya Berharap Kegiatan Ini Memiliki Nilai Tambah

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna membuka secara langsung Festival Irama Musik Sahur (FIMS) ke-25 yang ditandai dengan pemukulan kentongan dan pelepasan peserta, bertempat di Perempatan Setra Lelateng, Jalan Durian No.8 Lingkungan Pertukangan, Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Jembrana Bali, Sabtu Malam (15/4/2023). Festival tahun ini mengangkat tema: ‘Mahakarya Usia Perak Menyongsong Jembrana Emas 2026’.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Remaja Kelurahan Loloan Barat dan Lelateng tersebut sukses menarik perhatian ribuan masyarakat yang tumpah ruah untuk menyaksikan jalannya festival tahunan yang diikuti oleh puluhan grup peserta. Kemudian untuk rute pawai festival tersebut, yaitu start dimulai dari Perempatan Setre Lelateng menuju arah selatan Jalan Semangka, Loloan Barat selanjutnya menuju Jalan Gunung Agung melewati Pasar Ijo Gading dan menuju finish berakhir di Jalan Gatot Subroto.

Usai membuka acara tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Panitia, yang telah menyelenggarakan acara tersebut. Menurut bupati FIMS sudah menjadi tradisi melekat dengan budaya Loloan yang memiliki ciri tersendiri.

“Saya harapkan agar kegiatan Festival Irama Musik Sahur (FIMS) ke-25 ini tidak hanya dijadikan ajang untuk meraih juara saja, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana sikap prilaku para peserta FIMS ini bisa memiliki nilai tambah dan dapat menjadi suri tauladan bagi umat lainnya,” ucap Bupati Tamba.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tamba juga mengingatkan bahwa pentingnya menjaga sikap toleransi terlebih beberapa hari lagi merupakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. “Momen tersebut agar dapat dijadikan saling menjaga sikap toleransi dengan konsep menyama braya (bersaudara) yang sudah terbina selama ini, agar bisa terus ditingkatkan,” ujar Bupati Tamba.

Selaku pimpinan daerah, Bupati Tamba juga mengajak seluruh masyarakat Jembrana untuk ikut berperan aktif menyukseskan pembangunan di Kabupaten Jembrana. “Mari kita bersama- sama ikut berperan aktif untuk menyukseskan pelaksanaan program pembangunan sesuai visi misi Kabupaten Jembrana, semoga apa yang menjadi cita-cita kita bersama untuk mewujudkan Jembrana Bahagia dan menuju Jembrana Emas 2026 dapat tercapai,” ajak Bupati Tamba.

Sementara Ketua Panitia Agus Ahyan menjelaskan bahwa Festival Irama Musik Sahur (FIMS) ke-25 kali ini diikuti sebanyak 61grup dari seluruh desa se-Kabupaten Jembrana. “Yang terdiri dari 20 grup kategori anak-anak dan 41 grup kategori dewasa, dan ini merupakan agenda rutin tahunan pada setiap Bulan Ramadhan, dalam atraksi tersebut para peserta secara bergantian menampilkan atraksi berupa alunan musik, tarian khas muslim di sepanjang rute pementasan,” jelas Ketua Panitia Agus Ahyan. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA