by

Aliansi Mahoni Gelar Unjuk Rasa di Kantor Bupati Nias Utara

KOPI, Nias Utara – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Ono Niha disingkat Mahoni menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor Bupati Nias Utara dan Gedung DPRD, Kamis (13/04/23). Unjuk rasa tersebut digelar karena adanya berbagai isu strategis mengenai manajemen Pemerintah Kabupaten Nias Utara serta kualitas pelayanan publik.

Aliansi Mahoni menilai bahwa pencitraan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu yang berlebihan di sosial media memicu mahasiswa untuk membuat analisa sosial ihwal dampak kebijakan pemerintah dalam kurun 2 tahun terakhir. Massa aksi diterima langsung oleh Amizaro Waruwu, S.Pd., di halaman Kantor Bupati didampingi beberapa Kepala OPD lingkup Pemkab Nias Utara.

Para pengunjuk rasa melakukan tanya jawab dengan Bupati Nias Utara, serta pimpinan aksi saling bergantian berorasi meminta penjelasan bupati dengan singkat. Aksi unjuk rasa tersebut nyaris ricuh saling dorong mendorong sempat mewarnai aksi keributan, akan tetapi dapat berjalan kondusif dengan pengawalan Personil Polres Nias yang dibantu Satpol-PP Nias Utara.

Ketika para pengunjuk rasa saling mendorong, Wakapolres Nias dengan sigap menaiki mobil demontrasi dan memberikan pemahaman kepada pendemo untuk mendengarkan penjelasan setelah memberikan pertanyaan.

Selanjutnya, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu menyampaikan untuk tetap tertib dan teratur untuk memberi pertanyaan, iapun bersedia mendengarkan dan memberi penjelasan. “Kita sangat menghargai dan apresiasi kedatangan adik-adik Aliansi Mahasiswa Ono Niha (Mahoni) ke tempat kita. Kita akan melanjutkan diskusi ini, namun sampaikan secara teratur, kami bersedia mendengarkan dan akan memberi penjelasan, sampai sore atau sampai malam saya tetap siap untuk bersama sama,” ucap Bupati Nias Utara.

Berikut pernyataan sikap Aliansi Mahoni:

Menyikapi berbagai perkembangan yang terjadi dan isu yang sedang hangat-hangat nya di tatanan masyarakat Nias Utara yang cukup membuat rakyat menjerit. Unjuk rasa ini sebagai sikap atas dinamika yang sedang terjadi, agar jeritan dan aspirasi masyarakat Nias Utara tersalurkan dan direspon serta ditindaklanjuti oleh Bupati Nias Utara beserta komponennya, maka dari itu, kami seluruh mahasiswa yang tergabung dan terkonsolidasi dalam aliansi Mahoni menyatakan sebagai berikut:

  1. Kami Aliansi Mahasiswa Ono Niha sepakat mendesak Bupati Nias Utara untuk mengindahkan dan menindaklanjuti surat rekomendasi hasil klarifikasi atas pelanggaran sistem merit di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara dari KASN (Nomor:B/2141/JP.01/06/2022) dalam tempo waktu yang sesingkat singkatnya.
  2. Kami Aliansi Mahasiswa Ono Niha mendesak Bupati Nias Utara untuk segera menanggapi isu penundaan Pilkades dan segera melaksanakan Pilkades sistem pelayanan yang baik dan program pedesaan juga terlaksana secara efektif.
  3. Kami Aliansi Mahasiswa Ono Niha mendesak Bupati Nias Utara segera menangapi isu pemotongan tunjangan tambahan penghasilan (TPP) bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Nias Utara agar tidak membebankan pegawai dalam berkerja.
  4. Kami Aliansi Mahasiswa Ono Niha mendesak Bupati Nias Utara segera mengevaluasi Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara karena tidak becus dalam manajemen pengelolaan serta sinkronisasi data keluarga penerima manfaat seperti PKH, agar hak-hak masyarakat tidak di kesampingkan dan segera dicairkan.
  5. Kami Aliansi Mahasiswa Ono Niha mendesak Bupati Nias Utara segera menanggapi persoalan proyek-proyek mangkrak dan asal-asalan atau asal jadi di Nias Utara (seperti di Lahewa dan Alasa) agar segera ada evaluasi serta pertanggungjawaban atas kerugian negara yang berjumlah puluhan miliar.
  6. Dengan tegas dan sepakat akan mengelar aksi berjilid-jilid dan menempuh jalur perjuangan lain jikalau tuntutan dan pernyataan sikap ini tidak ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara, dalam hal ini Bupati Nias Utara dalam tempo 3 kali 24 jam setelah aksi ini.

Demikian surat pernyataan sikap ini dibuat dengan penuh kesadaran dan penuh tanggung jawab sebagai wujud komitmen pada rakyat dan terlebih demi kemajuan Nias Utara ke arah yang lebih baik dan berkeadilan.

Hormat kami,
Pias, Pandu Elisaro Zebua
Korlap, Herman Syukur Zai dan Trio Yuvenus zega

Penulis: Afdika permata lase

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA