by

Resmikan Sopo Parsantian Raja Silahisabungan, Yuk Rame-rame ke Samosir

KOPI, Jakarta – Raja Silahisabungan merupakan anak ketiga dari Tuan Sorbanibanua dari isteri pertama (Nai Antingmalela Boru Pasaribu). Keturunan dari Silahisabungan ada 9 orang dari 3 isteri (Pinta Haomasan Boru ni Raja Nabolon Gelar Sibaso Nabolon (Boru Ni Raja Nai Ambaton), Boru Batanghari/Matanari, dan Boru Similing Iling (Boru ni Raja Mangarerak).

Raja Silahisabungan diyakini meninggal dan dikuburkan di Dolok Paromason yang juga dikenal “Sebagai Tempat Makan Para Raja Sitolu Hae Horbo (Bius Pangururan)“ di Samosir. Sitolu Hae Horbo artinya tiga hae/bius. Hae pertama dipimpin oleh Sitanggang dengan anggota Malau, Sinurat dan Sigalingging. Hae kedua dipimpin Naibaho Siahaan, dengan anggota Naibaho Sitangkaraen, Naibaho Hutaparik, Naibaho Sidauruk dan Naibaho Siagian. Hae ketiga dipimpin Simbolon dengan anggota Tamba, Silalahi dan Nadeak.

Sebagai wujud kecintaan akan leluhur, keturunan Silahisabungan mendirikan “Menara 5 tingkat atau Sopo Partukoan” di Dolok Paromasan Samosir. Pendirian Menara ini digagas oleh Wesly Silalahi, Muller Silalahi, Sabam Robertus Silalahi, dan yang lainnya. Mereka semua berharap agar para pomparan Silahisabungan Jabodetabek turut serta dalam pesta rakyat dalam rangka peresmian Menara Sopo Partukoan.

Hal itu penting sebagai upaya menghormati leluhur sekaligus pulang ke Bonapasogit. Menara Raja Silahisabungan ini diharapkan menjadi destinasi wisata baru di Samosir dan sebagai bagian upaya pemerintah mendukung Samosir sebagai Bali Baru.

Adapun serangkaian kegiatan pesta rakyat bolon ini meliputi:

  • Tanggal 22 April 2023 ada atraksi paralayang, Lari/Marathon 5 KM dan stand UMKM untuk promosi produk-produk masyarakat Samosir dan Kabupaten lainnya.
  • Tanggal 23 April 2023 Perayaan Paskah sekaligus Peresmian Menara dan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Samosir dilanjutkan dengan makan Bersama (sulang bao).
  • Tanggal 24 April 2023 Mangalahat  Horbo dohot mangkuling ogung sabangunan.
  • Tanggal 25 April 2023 Rapot Bolon dohot Mangalang Natabo (sipitu dai).

Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana Bonapasogit, Wadiman Silalahi, berharap agar warga perantau dimanapun berada bisa pulang ke kampung halaman sekaligus wisata sejarah leluhur dan melihat keindahan alam di Samosir. “Mari kita dukung Pak Jokowi dengan program Samosir sebagai Bali Baru” ujar Wadiman Silalahi.

Suku atau marga yang besar adalah marga yang mengetahui sejarah dan menghormati tanah leluhur atau berkunjung ke bonapasogit. Menurut Parulian Silalahi ketua Panitia Peresmian Sopo Parsantian Raja Silahisabungan Sejabodetabek akan mengorganisir perantau Pomparan Silahisabungan Jabodetabek meramaikan acara pesta bolon ini. Kalau bukan kita siapa lagi? Generasi hebat adalah generasi yang menghargai sejarah, bonapasogit dan leluhurnya.

Ayo rame-rame ke Samosir !!!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA