by

Lakukan Kerja Keras Perkuat Ekosistem, Bupati Jembrana: Kami Mohon Beri Waktu

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna sedang melakukan kerja keras untuk memperkuat ekosistem serta daya dukung untuk menyongsong terwujudnya Jembrana emas 2026. Hal tersebut disampaikan dalam peringatan dua tahun kepemimpinannya, di Jembrana Bali, Minggu malam (26/2/23).

Masa kepemimpinan dan pengabdian Bupati Jembrana bersama Wakilnya. Berbagai kebijakan strategis sudah dikeluarkan dalam upaya membangun Kabupaten Jembrana yang lebih maju dan bahagia, melalui pengimplementasian visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

Sementara untuk program kegiatan bertumpu pada 13 program prioritas yaitu di sektor:

  1. Kesehatan.
  2. Pendidikan.
  3. Jaminan hasil pertanian.
  4. Pembukaan investasi dan lapangan kerja.
  5. Di bidang sosial dan penanganan warga kurang mampu.

Bupati Tamba mengatakan bahwa
pembangunan Jalan Tol yang ditarget pemerintah pusat rampung pada 2025 adalah sebagai pintu masuk tumbuhnya ekonomi Jembrana, baik iklim pariwisata beserta investasi dan lapangan kerja lainnya. Untuk itu, berbagai kesiapan digenjot sebagai embrio tumbuhnya ekonomi Jembrana.

“Jalan Tol sebagai indikator terwujudnya Jembrana emas 2026, disamping itu kita siapkan ekosistem pariwisata, kita bentuk embrionya terlebih dahulu, sehingga SDM serta prasarana lainnya kita siapkan,” ucap Bupati Tamba.

Dalam dua tahun masa kepemimpinannya tersebut Bupati Tamba bersama Wabup Patriana Krisna menganggap bahwa beberapa program sudah berjalan. Pihaknya punya konsep yang jelas, struktur yang bisa diwujudkan untuk membangun Jembrana ke depan, tetapi sebagai manusia biasa ia mengakui tidak lepas dari kekurangan.

“Tentu tidak bisa memenuhi keinginan serta kepuasan semuanya, tetapi secara umum penjabaran visi misi dari berbagai program sudah kami laksanakan, saya selalu optimis dan juga tidak pernah lelah membangun Jembrana dan akan membahagiakan masyarakat Jembrana, akan tetapi tentunya tidak semua bisa di sama ratakan,” tandas Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga menyampaikan mohon doa restu bersama Wabup Patriana Krisna segala kekurangan dan segala yang belum dicapai,” Mohon beri kami waktu, kami akan kejar terus target ini, sehingga kami berdua apa yang dicanangkan menjadi visi misi kami menuju Jembrana Bahagia sesuai dengan Tri Hita Karana dan mudah-mudahan bisa kami capai bersama,” harap Bupati Tamba.

Masa dua tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana tahun 2023 berbagai capaian telah diraih, diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk tingkat partisipasi angkatan kerja. Untuk di Kabupaten Jembrana tahun 2021 yaitu sebesar 81,26 persen dan tahun 2022 sebesar 80,60 persen. Torehan tersebut lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tingkat partisipasi angkatan kerja Provinsi Bali tahun 2021 yaitu sebesar 73,54 persen dan tahun 2022 sebesar 76,86 persen.
  2. Umur harapan hidup saat lahir. Untuk di Kabupaten Jembrana pada tahun 2021 mencapai 72,46 persen dan tahun 2022 sebesar 72,82 persen hal tersebut melampaui capaian umur harapan hidup saat lahir di Provinsi Bali yaitu sebesar 72,24 persen pada tahun 2021 dan sebesar 72,60 persen pada tahun 2022.
  3. Indeks pembangunan manusia (IPM). Capaian IPM Kabupaten Jembrana terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan capaian IPM pada tahun 2020 sebesar 72,36 persen kemudian meningkat menjadi 72,75 persen pada tahun 2021 dan terakhir pada tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 73,58 persen.
  4. Indeks kebahagiaan. Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, bahwa indeks kebahagiaan Kabupaten Jembrana mencapai 72,30 persen, dan capaian Indeks kebahagiaan tersebut lebih tinggi 0,86 point dibandingkan capaian indeks kebahagiaan Provinsi Bali tahun 2021 sebesar 71,44 persen dan bahkan indeks kebahagiaan Kabupaten Jembrana tersebut melebihi indeks kebahagiaan nasional yaitu sebesar 71,49 persen pada tahun 2021.
  5. Pendapatan Sektor Pariwisata. Pendapatan daerah Kabupaten Jembrana dari sektor pariwisata tahun 2022 mencapai 4,84 milyar lebih, hal tersebut terjadi peningkatan sebesar 51,56 persen dibandingkan kontribusi sektor pariwisata Jembrana tahun 2021 yaitu sebesar 2,35 milyar lebih.
  6. Infrastruktur Jalan. Total panjang ruas jalan di Kabupaten Jembrana adalah 1.075 km, dengan kondisi jalan rusak ringan tahun 2022 sepanjang 141.4 km atau 13,15 persen, sedangkan jalan yang rusak berat sepanjang 102,8 km atau 9,5 persen.

Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Jembrana di bawah kepemimpinan Bupati Tamba dan Wabup Patriana Krisna berkomitmen dalam perbaikan jalan yang rusak tersebut akan tuntas pada tahun 2024. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA