by

Kunker ke Kota Solo, Bupati Jembrana: Kerjasama Ini Penting untuk Optimalkan Potensi Daerah

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bertemu empat mata dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, dalam rangka kunjungan kerja ke Kota Solo, bertempat di Royal Surakarta Heritage Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/3/2023). Pertemuan tersebut selama setengah jam lebih berlangsung dengan suasana hangat dan penuh keakraban, kedua pemimpin daerah itu sepakat membahas kerjasama daerah khususnya dari segi budaya serta pengembangan UMKM.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa, baik Kota Solo maupun Kabupaten Jembrana, keduanya tengah fokus dalam pengembangan sektor UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. “Saya hari ini sangat bahagia sekali bisa berdiskusi banyak, bersama Mas Wali Gibran, kerjasama ini penting karena setiap daerah pasti memiliki keunggulannya masing-masing, kita di daerah dituntut lebih proaktif dan inovatif dalam mengembangkan, serta mengoptimalkan semua potensi yang ada di daerah,” ujar Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Secara khusus Bupati Tamba melayangkan pujian dan apresiasinya kepada Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, ia melihat Gibran sebagai sosok sederhana sekaligus pekerja keras. “Mas Wali bekerja keras dan tulus kepada rakyat khususnya dalam menciptakan ruang kota yang menjunjung tinggi toleransi, beliau pekerja keras terlihat dari gesturenya, juga pluraris dan santun, semoga Mas Wali amanah sehat selalu dalam menjalankan tugas,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Jembrana ini juga mengapresiasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam memberikan ruang pluralisme sekaligus merangkul semeton (saudara-red) Hindu di Solo yang telah diberikan ruang yang sangat luas. “Ini tentunya menjadi kado Hari Raya Nyepi buat semeton Hindu Sedharma di Nusantara, khususnya di Kota Solo ini,” ucap Bupati Tamba.

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan terima kasih kepada Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang telah mensuport acara, yang nantinya diselenggarakan oleh komunitas Hindu dalam rangka peringatan Hari Raya Nyepi di Solo. “Terima kasih kepada Bapak Bupati Jembrana yang telah ikut andil dalam Gebyar Seni Tahun Caka 1945 di Kota Solo,” ungkap Walikota Solo Rakabuming Raka.

Rakabuming Raka mengatakan bahwa untuk pertama kalinya Kota Solo akan menggelar Gebyar Seni Tahun Baru Saka 1945 di tahun 2023 dengan menampilkan Kirab Seni Budaya dan Ogoh-Ogoh. Melalui kirab budaya tersebut tak hanya menjadi festival yang semarak dan menjadi daya tarik saja, bagi wisatawan untuk datang ke Solo, tetapi juga sebagai upaya untuk menjunjung tinggi toleransi dan merawat kebersamaan.

‘Kirab budaya juga memiliki pesan yang kuat, bagaimana Kota Solo sebagai rumah yang nyaman bagi para warga tanpa terkecuali, sekaligus rumah bagi kenangan, baik yang akan terus tumbuh dari generasi ke generasi,” ucap Gibran Rakabuming Raka.

Sedangkan misi kesenian Kabupaten Jembrana berpartisipasi ikut tampil dalam Kirab Pawai Budaya Nyepi, yang menampilkan Fragmentari Bleganjur PRABAWA NATA. Fragmentari ini didukung sebanyak 45 orang seniman, termasuk penari dan penabuh dari Sanggar Sanggita mredangga Kabupaten Jembrana.

Kirab budaya tersebut akan ditampilkan di sepanjang jalan depan Plaza Balai Kota Solo pada sabtu (18/3/23), sehingga bisa disaksikan masyarakat umum. Adapun pementasan kirab budaya tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Pementasan tari tarian.
  2. Pentas budaya ogoh ogoh.
  3. Bleganjur cakilan.
  4. Kjekidungan jawa.

Serta penampilan khusus dari kesenian Kabupaten Jembrana, seluruh rangkaian acara untuk menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA