by

Ikut Panen Padi Nusantara, Bupati Jembrana: Ini Sangat Luar Biasa

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengikuti pemotongan/panen padi nusantara secara simbolis, menaiki mesin combine harvester bersama masyarakat khususnya petani di Subak Susunsari, Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana Bali, Kamis (9/3/23). Dalam panen padi nusantara tersebut, saat ini dilakukan pada lahan seluas 15 hektare sawah dan  menghasilkan 6,4 ton padi per hektare.

Usai mengikuti panen bersama, Bupati Tamba menyampaikan bahwa cuaca hujan sangat mempengaruhi harga gabah, akan tetapi harganya diatas rata-rata dan masih standar harga di pasar. Menurutnya panen Nusantara ini memberikan semangat kepada para petani khsususnya petani padi.

“Ini sangat luar biasa, beberapa hari ini harga gabah sudah sangat stabil sekali diangka Rp 5 ribu bahkan sempat mencapai Rp6 ribu. Hari ini kita juga melaksanakan panen nusantara seluruh Indonesia dan Jembrana bagian daripada mengikuti arahan dari Bapak Presiden untuk panen Nusantara,” ucap Bupati Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba menjelaskan bahwa terkait dana talangan KUD pihaknya pastikan tetap berjalan dan akan mengevaluasinya. “Akan kita coba evaluasi, karena jangan sampai KUD itu saja yang dapat. Tetap akan kita atur berikutnya.  Kita sangat serius membantu usaha petani kita untuk tingkat kesejahteraan,” jelas Bupati Tamba.

Sementara, Kelian Subak Susunsari l Putu Witastra mengucapkan terimakasih khususnya kepada Presiden RI Jokowi Dodo dan Bupati Tamba atas kepedulian dan perhatian kepada para petani Jembrana. Ia merasa senang atas hasil yang ia peroleh saat ini.

“Hari ini kami mengadakan panen bersama, dan begitu memuaskan dengan hasil 6,4 ton per hektare.  Selain itu harga gabah juga di petani sekarang mencapai Rp 5 ribu. Sekali lagi terimakasih, kami selaku Subak Susunsari sangat bangga kepada Bapak Presiden dan Bupati Jembrana,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA