by

Duta Kesenian Jembrana Tampilkan Fragmentari Prabawa Natha di Balaikota Surakarta

KOPI, Jembrana – Duta Kesenian Kabupaten Jembrana Bali yang difasilitasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, dalam gebyar kesenian tersebut menghadirkan Fragmentari Bleganjur Prabawa Nata, kesenian yang merupakan persembahan dari Sanggar Sanggita Mredangga tersebut juga tampil saat Pentas Seni, bertempat di Plaza Balaikota Surakarta, Jawa Tengah, pada Sabtu malam (19/3/2023). Pentas seni tersebut menampilkan sebanyak 45 penari dan penabuh tampil memukau dan mendapatkan applause meriah dari masyarakat Surakarta termasuk Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

Kota Surakarta menyambut Hari Raya Nyepi dengan menggelar kirab dan pentas kesenian yang dipusatkan di Kantor Balaikota Surakarta, Jawa Tengah, pada Sabtu (18/3/2023), acara tersebut merupakan yang pertama kali diadakan dan diikuti oleh warga dari berbagai daerah seperti Solo, Klaten, Jogjakarta, hingga Gunung Kidul. Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, dan putranya Jan Enthes Srinarendra turut serta dalam kirab Umat Hindu di Solo Raya terlihat senang berjalan berkeliling mengenakan pakaian adat madya Bali dengan memakai udeng, kemeja putih, dan kamben.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyampaikan bahwa kirab ogoh-ogoh dan kesenian Bali dan Jawa tersebut pertama kali digelar di Kota Solo dan melibatkan seniman serta komunitas Umat Hindu di Solo Raya. Gibran Rakabuming Raka membuka ruang terbuka di Balaikota Surakarta untuk rangkaian perayaan Nyepi Umat Hindu di Solo.

Meskipun minoritas, Gibran berharap agar semua hari raya bisa dirayakan bersama agar lebih meriah, oleh karena itu, selain memfasilitasi ruang Balaikota dengan ornamen Hindu, Gibran juga turut terlibat dalam kirab ogoh-ogoh tersebut. “Tahun depan kita ramaikan lagi, kita sediakan Balaikota ini untuk seluruh umat memanfaatkan perayaan hari raya,” ujar Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka,

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, Anak Agung Sapta Negara mengatakan bahwa Duta Kesenian tersebut dihadirkan sebagai bentuk partisipasi perayaan Hari Raya Nyepi di Solo. “Atas undangan dari PHDI Surakarta dan mendapat sambutan positif dari Bupati Jembrana, kami hadir di sini menampilkan kesenian,” ucap Kadis Parbup Anak Agung Sapta Negara.

Di akhir kirab Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana juga menyerahkan miniatur ogoh-ogoh untuk Walikota Surakarta. Sebelumnya, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan terima kasih kepada Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka karena menjunjung tinggi toleransi di Kota Solo, untuk itu Kabupaten Jembrana berkerjasama menampilkan atraksi budaya untuk mensupport kirab Nyepi tersebut, saat bertemu Gibran, Bupati Tamba berharap agar kerjasama budaya tersebut berkelanjutan dan agar Kota Solo nanti juga tampil saat perayaan HUT Kota Negara. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA