by

Bupati Jembrana Terima Penghargaan UHC Award 2023 dari Mendagri RI

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten Jembrana di bawah kepemimpinan Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards 2023 atas capaian kepesertaan jaminan kesehatan seluruh masyarakat Kabupaten Jembrana yang telah mencapai 99,8 persen. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian kepada Bupati Jembrana I Nengah Tamba di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/23).

Komitmen Bupati Jembrana pada sektor kesehatan jelas tidaklah main-main, bahkan untuk jaminan kesehatan bagi masyarakat Jembrana dituangkan dalam salah satu dari tiga belas program unggulannya, yaitu sebagai berikut:

  1. Jaminan Kesehatan Jembrana (JKJ) Plus.
  2. Pelayanan kesehatan gratis di seluruh dokter praktek swasta.
  3. Home care.
  4. Emergency medical service.

Terhitung sejak 1 Maret 2023, sebanyak 324,953 jiwa penduduk Kabupaten Jembrana telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau sebesar 99,8 persen dari total jumlah penduduk. Terkai hal tersebut sekitar 44 persen atau 143.544 jiwa diantaranya tercover melalui segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) Daerah yang dibayarkan oleh Pemkab Jembrana dan sisanya melalui PBI Pusat, dan segmen lain yang iurannya dibayarkan oleh pemberi kerja maupun dibayarkan secara mandiri oleh masyarakat, sehingga, hampir semua masyarakat di Kabupaten Jembrana telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan kesehatan.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di Kabupaten Jembrana. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Singaraja melalui kantor layanan Kabupaten Jembrana yang telah bekerja keras agar masyarakat bisa terjamin ke dalam program JKN.

Dengan tercapainya UHC, terkait hal itu Bupati Tamba juga berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan agar dapat melayani masyarakat secara maksimal. “Dengan telah tercapainya UHC ini maka fasilitas kesehatan juga harus optimal dalam pelayanan, kedepannya akan terus memastikan seluruh masyarakat Jembrana tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui program JKN-KIS,” ungkap Bupati Tamba. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA