by

Resmikan TRA Jembrana, Bupati Tamba: Ini Tempat Anak Bermain Bahagia dan Gembira

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba meresmikan Taman Ramah Anak (TRA) Jembrana untuk pemanfaatannya, yang berada di belakang areal Gedung Kesenian Dr.Ir. Soekarno, Jembrana Bali, Sabtu (25/2/23). Taman Ramah Anak tersebut bernama Ruang Bermain Ramah Anak Bahagia.

Revitalisasi Taman bermain anak yang berada di belakang areal Gedung Kesenian tersebut telah rampung pengerjaannya, kini keberadaan Taman Ramah Anak lebih tertata, cantik serta memiliki fasilitas permainan anak yang lebih lengkap. Revitalisasi tersebut menyediakan sejumlah fasilitas tambahan seperti:

  1. Dilengkapi dengan pagar pembatas.
  2. Rumput sintetis.
  3. Arena bermain anak.
  4. Papan imbauan di peruntukan bagi TRA.

Keberadaan TRA diharapkan sebagai pilihan masyarakat Jembrana untuk tempat berekreasi dengan keluarga sekaligus pemenuhan akan hak bermain anak beserta perlindungannya.

Bupati Tamba menyampaikan bahwa peresmian TRA tersebut sekaligus menyemarakan peringatan dua tahun kepemimpinan dan pengabdiannya membangun Jembrana bersama Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna. “Keberadaan TRA ini penting sebagai wahana publik sarana rekreasi sekaligus di ruang bermain ini anak-anak harus bermain dengan bahagia dan gembira,” ujar Bupati Tamba.

Tak lupa Bupati Tamba mengajak masyarakat untuk menjaga fasilitas dengan tanggungjawab, dengan demikian keberadaan TRA tersebut lebih optimal dirasakan pemanfaatannya. “Menjadi tanggungjawab bersama untuk menjaga fasilitas yang sudah ada,“ tandas Bupati Tamba.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jembrana Dewa Gede Ary Candra Wisnawa menjelaskan bahwa pelaksanaan revitalisasi tempat Ruang Bermain Anak (RBA), diperuntukkan bagi anak. Hal tersebut melengkapi fasilitas yang telah rusak sebelumnya kini ditambah dengan pagar pembatas sebagai areal steril dikhususkan bagi anak-anak, sehingga orang dewasa diharapkan tidak ikut serta menggunakan wahana permainan tersebut.

Selain itu beberapa fasilitas di tempat area kini ditambah seperti:

  1. Lampu penerangan.
  2. Papan informasi.
  3. Nama permainan dan peruntukan.
  4. Papan nama TRA.
  5. Tanaman sebagai alat edukasi.
  6. Rumput sintetis untuk kenyamanan anak- anak bermain.

“TRA ini sekaligus salah satu project percontohan untuk pembangunan TRA di tempat lain, ke depan kita akan jadikan standar pembangunan ke tempat lainnya, “jelas Kadis LH Dewa Gede Ary Candra Wisnawa.

Dewa Gede Ary Candra Wisnawa menambahkan bahwa dalam perencanaan tahun 2023, beberapa fasilitas bermain anak di tempat lain juga direvitalisasi. “Beberapa titik juga sudah mulai rusak, karena itu kita targetkan revitalisasi juga mengacu standar yang sudah dibangun di Gedung Kesenian,” imbuhnya.

Dengan rampungnya revitalisasi taman bermain anak di Gedung Kesenian beberapa pengunjung mengaku senang, salah satunya warga Jembrana yang bernama Ni Putu Susanti yang rutin mengajak anaknya bermain di TRA Gedung Kesenian. Fasilitas tersebut dinilai bermanfaat karena tempat rekreasi yang edukatif sekaligus bisa diakses masyarakat secara gratis.

“Wahana permainan lebih lengkap, ini salah satu pilihan untuk rekreasi bersama keluarga, semoga fasilitas seperti ini diperbanyak lagi ke depan,” ujar warga Jembrana Ni Putu Susanti. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA