by

Lepas 143 CPMI dan Pemagangan, Bupati Tamba: Demi Tercapainya Kesejahteraan Masyarakat Jembrana

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba melepas sebanyak 143 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dan Pemagangan, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali, (26/2/23). Pelepasan tersebut ditandai dengan penyematan pin.

Upaya Pemerintah Jembrana dalam mensejahterahkan masyarakatnya dalam dunia kerja ke luar negeri terealisasi kembali. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan MoU dengan P3MI dan LPK terakreditasi sebagai bentuk jaminan keamanan dan kerjasama dalam proses rekrutmen maupun pelatihan bagi CPMI.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam kesempatan tersebut ingin membuktikan bahwa anak-anak muda Jembrana berpeluang besar dan terjamin keamanannya bekerja sebagai CPMI. “Itu kita kolaborasikan dengan BP3MI yang saling membantu mulai sebelum dia bekerja saat bekerja dan setelah bekerja, kolaborasi dengan BP3MI ini menjadi yang pertama di Bali dalam memberangkatkan CPMI,” ujar Bupati Tamba.

Melalui pelepasan CPMI dan pemagangan tersebut Bupati Tamba mengatakan bahwa mereka akan menghasilkan banyak devisa bagi Kabupaten Jembrana sehingga terjadi perputaran ekonomi yang signifikan. “Sebagai contoh setidaknya ada 3.000 hingga 4.000 PMI yang bekerja ke luar negeri, bayangkan berapa banyak devisa yang dihasilkan oleh mereka, ini yang akan terus kita dorong, ke depannya demi kesejahteraan masyarakat Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Sementara Kepala Dinas PMPTSPTK Jembrana Made Gede Budhiarta mengatakan bahwa di tengah maraknya berbagai persoalan berkaitan dengan pengiriman tenaga kerja keluar negeri, baik itu CPMI maupun pemagangan diperlukan andil pemerintah, dalam hal ini banyak sekali persoalan tersebut, yaitu:

  1. Mulai dari pemberian informasi.
  2. Proses rekrutmen.
  3. Pelatihan.
  4. Penempatan.
  5. Monitoring.
  6. Evaluasi dan sustainable.

Dari program tersebut. “Kalau pemerintah sendiri melaksanakan itu semua sudah pasti tidak bisa, tetapi dalam hal ini pemerintah harus hadir untuk memberikan solusi pada titik rawan dalam proses pemberangkatan CPMI,” ucap Kadis PMPTSPTK Jembrana Made Gede Budiartha.

Made Gede Budiartha menjelaskan bahwa di tahun ini Bupati Jembrana menargetkan ada 20 PMI di masing-masing desa/kelurahan, sehingga tahun ini target setidaknya ada 1000 PMI. “Terkait hal itu hari ini kita juga MoU dengan enam P3MI dan tiga belas LPK yang sudah terakreditasi, hal ini juga terkait dengan pengembangan BLK, yang saat ini sangat terbatas dari sisi SDM, sarana prasarana dengan beban 20 PMI per desa, tentunya kita harus bersinergi dengan LPK maupun P3MI,” jelas Made Gede Budiartha.

Terkait keberangkatan Made Gede Budhiarta menerangkan total ada 143 orang yang dilepas, dari 143 orang tersebut 113 pemagangan dan 30 CPMI. “Adapun beberapa negara tujuan diantaranya sebagai berikut:

  1. Polandia sebanyak 23 orang.
  2. Turki sebanyak 7 orang.
  3. Taiwan sebanyak 33 orang.
  4. Jepang sebanyak 80 orang.

Demikian beberapa negara tujuan,” terang Made Gede Budiartha.

Kepala BP3MI Provinsi Bali A A Gede Indra Hariawan mengapresiasi pemerintah Kabupaten Jembrana dalam memberangkatkan PMI melalui kolaborasi berbagai pihak. “Kepada peserta CPMI saya minta untuk menjaga nama baik daerah dan nama baik bangsa, pergunakanlah momen tersebut untuk belajar dan meniti ilmu di luar negeri agar nantinya sekembalinya ke daerah asal dapat berwirausaha untuk mendukung Jembrana emas,” tandas Kepala BP3MI Provinsi Bali A.A.Gede Indra Hariawan. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA